Edited by Chela. Diberdayakan oleh Blogger.

Membaca itu asyik ^^

Assalamualaikum epribadih...
postingan di awal pekan nih, mumpung masih dalam rangka liburan kuliah.
----- yuk kita berbagi info lagi -----

Pernah gag sih kita itu diomelin ma ortu atau mungkin kakak kita " Kamu ini disuruh membaca susahnya minta ampun" *mlotot mode on* . Semacam itu lah pokoknya, secara kita juga tahu kan kalo membaca itu merupakan jalan menuju puncak prestasi, dan ada juga pepatah yang mengatakan kalo dengan membaca kita akan membuka jedela dunia.

Tapi bagi sebagian orang khususnya anak-anak itu memang susah untuk diajak membaca, dengan alasan membaca itu bikin ngantuk, membaca itu membosankan, membaca itu blablabla, dan masih banyak alasan ngalor ngidul gag jelas. Dan hal itu bisa bikin ortu kita pusing kelabakan dan tentunya ngomel yah.

Nah, maka dari itu bagi para kaum orang tua atau kakak yang masih punya adik, gag usah kawatir. Saya akan berbagi info bagaimana anak atau adik kita atau bahkan kita gemar membaca, simak baik-baik yah^^
  1. Sediakan bacaan baru bagi anak atau adik-adik kita. Tentunya sesuaikan dengan umur mereka yah biar gag kesulitan memahaminya. Pilih buku yang menarik yang disertai dengan gambar dan permainan warna karena bisa menarik minat anak atau adik kita.
  2. Saat adik kita atau anak membaca jangan dibiarkan sendirian, tapi dampingi mereka agar ia paham pesan dari buku tersebut. Jangan terlalu lama, cuku 25menit saja, selanjutnya biarkan mereka mengeksplorasi diri.
  3. Berikan pengarahan kepada anak atau adik kita agar tidak mengalami kesulitan. Bila sulit memahami, Anda bisa menjelaskannya. Katakanlah anak atau adik kita sukar mengeja huruf, beri mereka waktu untuk mencoba. Tapi biasanya kalau berkali-kali anak tetep gag bisa, hibur dia dan ajak membaca bersama-sama.
  4. Dan ini yang paling terpenting, jangan pakai kekerasan. Misalnya kita memarahi mereka ketika tidak suka membaca. Justru anak akan merasa tertekan. Dan juga akan membuat anak menjadi alergi dengan buku bacaan. Coba tukar dengan aktifitas lain, nah Anda bisa memvariasikan aktifitas berikutnya dengan membaca buku hingga akhirnya anak atau adik kita menyukai.

Tidak ada salahnya kan kita mencoba menerapkan buat diri kita dulu baru setelah itu kita tularkan kepada adik atau anak kita. Asyik kok kalo kita gemar membaca buku, serasa kita jalan-jalan keliling dunia loh^^. Semoga bermanfaat yah.

5 komentar

  1. Ihiy. ini hobi saya mulai kecil lho mbak. kalo ga salah sebelum masuk TK udah suka ngebaca. awal2nya sih dibeliin majalah Bobo. liat2 gambarnya, trus diajarin membaca sama mama. tapi adek saya kebalikannya. komik aja ogah ngebaca :((

    BalasHapus
  2. bagus tuh yun hoby baca..yah ajarin dund adeknya biar mau baca...biar lebih pinter..yang ringan-ringan dulu...apa gitu..

    BalasHapus
  3. Tulisannya mantep mbem... Tapi praktek di lapangannya yang susah. Ntar kalau udah jadi guru, pasti bakalan sering marah-marah hehe...

    BalasHapus
  4. @ mas uya : iyah deh dicoba nanti di lapangan

    @ arif : bagus dunk, eru baca yah

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan jejak di blog guru kecil ya. Mohon untuk tidak memberikan LINK HIDUP dalam kolom komentar. Jika memang ada,komen akan di hapus. Terimakasih;)