Edited by Chela. Diberdayakan oleh Blogger.

Potret Anak Bangsa



Keasyikan mereka saat bernyanyi bersama


Mereka, anak didik dari saya dan teman-teman yang tergabung dalam bimbingan belajar HMP PGSD UKSW. Melihat mereka rasanya sangat haru, bangga, sebel, ngangenin. Dan foto itu saya ambil waktu acara perpisahan bimbel kami. Karena masa bakti dari angkatan HMP 2009 sudah berakhir.

Tampak dari senyum mereka, jeritan mereka yang menginginkan sedikit perhatian dari tim pengajar, kenakalan mereka, keseriusan mereka menuntut ilmu. Betapa kayanya Indonesia dengan memiliki generasi penerus yang pintar, cerdas dan mereka mempunyai segenap cita-cita yang sangat indah. Mereka mempunyai mimpi. Dan saya percaya Tuhan akan memeluk mimpi-mimpi mereka.



menari tarian Jaran Kore

Negeri yang kaya akan budaya dan sumber daya alam. Negeri yang terkenal dengan penduduk yang ramah, dan dengan generasi yang mau melestarikan kebudayaan. Dengan kemajuan IPTEKdan semakin berubahnya peradaban manusia. Masih adakah diantara kita yang "MALU" untuk melestarikan budaya negeri kita? Malu kalau kita dikatain "kuno, ndeso, gak up to date". Tidak dipungkiri manusia akan mati. Kalau kita masih mengandalkan maestro-maestro budaya, siapa yang akan meneruskan? Kalau bukan kita. Potret kecil anak Indonesia, dengan sigap mereka bersedia menampilkan keahlian mereka menari tarian Jaran Kore.



Tawa khas anak bangsa


Mereka tertawa, bercanda, dan sesekali saling mengejek. Khas anak-anak dengan tangis mewarnai mereka. Tapi tak lama senyum itu berkembang lagi. Indahnya mereka. Indahnya negeri dengan senyum anak Indonesia.

Indoesia, 65tahun usiamu. Terbebas dari penjajah, dan memperoleh kemerdekaan. Namun, banyak yang mengatakan Indonesia masih terjajah. Terjajah oleh kemiskinan, terjajah oleh mahalnya pendidikan sementara masih banyak diantara anak-anak yang ingin bersekolah, terjajah oleh teroris dan koruptor. Akankah seperti itu Indonesiaku ini?

Mari kita renungkan bersama, dengan kekayaan mimpi anak bangsa, kekayaan sumber daya alamnya, keramahan rakyatnya, dan keunikan budayanya. Jangan mau Indonesia terus terpuruk. Mari kita bangkit membangun negeri ini.


Note : Sekelumit potret anak negeri, menyambut kemerdekaan RI ke 65 tahun.


7 komentar

  1. Wah-wah..sebuah profesi yg mulia dan membanggakan..hebat deh kakak..saya jg cinta budaya sendiri kak, dl waktu SMA sempet nekunin kesenian tradisional jg sih tp skrg saya sedang merantau di pulau org n kayaknya kemampuan saya gak ada apa-apanya disini yg budayanya jauh beda banget, tp saya ttp cinta smua budaya yg penting sama-sama indonesia..Bhineka Tunggal Ika deh..ya gak kak..:-D

    BalasHapus
  2. sip....bener banget..merantau keman anih? ga ada salahnya kan kalau kita belajar budaya daerah lain.....


    salam kenal yah

    BalasHapus
  3. Saya juga anak bangsa ini , boleh ikutan gabung g' ?

    BalasHapus
  4. wah bagus bgt chell kamu punya anak didik
    pertahankan ya ^____^

    BalasHapus
  5. @topi : silahkan bergabung :)

    @kak ria : iyah kak....makasih :)

    BalasHapus
  6. silaturahmi sore sobat
    selamat menyambut bulan suci Ramadhan ya sobat
    somoga amal ibadah kita diterima Allah swt
    mohon maaf lahir batin

    BalasHapus
  7. Hmm..mungkin lebih tepatnya saya bukan merantau kak, tp terdampar di pulau Jawa yg fana..hehe..disini byk yg bs dipelajari tp kyknya saya msh blm menemukan ruang yg tepat aja..halah ..hehehe

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan jejak di blog guru kecil ya. Mohon untuk tidak memberikan LINK HIDUP dalam kolom komentar. Jika memang ada,komen akan di hapus. Terimakasih;)