Edited by Chela. Diberdayakan oleh Blogger.

Ibuku dan Teman dari Holand

Liburan udah mau habis, bentar lagi tahun baru, bentar lagi 2012. Kok cepet banget yah? Ngrasa gitu juga ndak sih? Semoga bukan cuma aku ajah yang ngrasa gitu *ngarep :D
Liburan ini cukup berkesan dihati. untuk kesekian kalinya aku melancong ke Kota budaya a.k.a Jogjakarta dan ini sama ibu tapi gak sama ibu ajah, sama rombongan arisan yang ibu ikutin. Gile bener dah pergi sama ibu-ibu yang super remponk. Apa? REMPONK.. catet yah R.E.M.P.O.N.K *fyuh

Lagi-lagi ibuku heboh deh. Kali ini giliran aku yang bisa dibilang ngemong ibu. Dulu sih jaman aku ingusan selalu ibu yang ngemong kalo pergi. Entah itu bawain jajanan kek, susu dalam dot kek, ato apalah itu. Oke tak aku permasalahkan hal itu semua karena kebahagiaan ibu. Aku pengen nyenengin ibu juga sih walopun cuma bisa nemenin jalan-jalan. Kehebohan itu bermula saat di candi Prambanan. Ibuku sedang asik melihat-lihat dan tau-tau dia deketin dua orang bule. Dan berkatalah ibu sama aku "dik, fotoin ma bule donk.." Badalah mak, narsis juga???? *krik..krik

Tanpa pikir panjang demi melihat senyum merekah seorang ibu, aku beranikan diri buat berkenalan dan meminta dua bule asal Holand itu buat foto sama ibu. Modal gramar yang pas-pasan, nyali yang pas-pasan tapi mukaku ndak pas-pasan akhirnya aku berhasil membujuk kedua bule itu.Alhamdulillah yah, sesuatuk banget deh ibu melihatku ber cas cis cus sama bule.Dan aku berhasil membuat dua jepretan di kamera hapeku. 

Sedikit pamer ini aku lihatkan foto ibuku dan kedua bule itu. Kebetulan itu adalah seorang ibu dengan anak laki-lakinya. Ganteng loh, aku ajah naksir :D

Gimana ganteng tak? Justin Bieber ajah kalah, hihihi. Oke itu sedikit soal liburanku dan ibuku. Gak nyangka yah 2011 udah mau habis. Tinggal hitung jam ajah udah mau 2012. Katanya kiamat yah? 
Resolusinya di tahun 2012 apa nih? Yang jelas jalani semua ini dengan iklhas, tawakal,usaha, dan bersyukur. 2011 akan segera jadi kenangan. Selamat datang 2012. Tahun baru donk? *terompet...mana terompet!!!!!!!!!!
hahahahaha... Dari hati kuucapkan HAPPY NEW YEARS ALL :)



Wanita itu...

Wanita ini tidak setenar Anjelina Jollie. Dia tak secantik Tamara Blezinsky, tetapi buatku dan bapakku wanita ini bidadari cantik yang Tuhan anugrahkan ditengah keluarga kami. Dia wonder woman buatku, kalaupun tidak ada Dia, akupun juga gak bakal ada di dunia ini. Yes.. aku memanggilnya ibu. Entah umur berapa aku bisa mengucap sebuah kata "ibu" dihadapan dia yang terpenting sampai detik ini dia masih menemaniku. *sweet :)

Ngebahas soal apa yang sudah ibu beri buatku rasanya gak akan cukup kalau hanya postingan. Seperti lagu Kasih Ibu yang syairnya berbunyi " Kasih ibu kepada beta tak terhingga sepanjang masa.....hanya memberi tak harap kembali bagai sang surya menyinari dunia". TOP banget deh ibuku ini. gak pernah capek dan gak pernah mengeluh sekalipun aku dulu dilahirkan sebagai seorang bayi bontot yang menghabiskan berkaleng-kaleng susu formula. Sampai segedhe inipun aku masih melihat sayu matanya melihat kenakalanku. Rasanya gak adil yah.. ibu menyayangiku tanpa pamrih, tapi terkadang gejolak anak naik turun. Terkadang menjadi makhluk paling nakal sampai-sampai paha biru karena cubitan ibu. Ya...cubitan tanda sayang ibu karena udah jadi anak yang gak bisa dibilangi baik-baik. Bahkan nih ya..senyuman, tawa haru dan linangan air mata bahagia terlihat ketika saya menjelma menjadi malaikat kecil bersayap putih bagi mereka. *so sweet :D

Masih terekam jelas diotakku dulu jaman aku masih ingusan, aku secara sadis memukul-mukul anak ayam pake botol dot. Dan hasilnya anak ayam itu tewas dengan naas ditanganku. Ibu yang mengetahui kenakalanku itu cukup jengkel sambil berkata " kalau anak ayam itu adek, emang adek mau disiksa kayak gitu?"
Wow..meskipun jengkel tapi aku melihat kesabaran beliau dari cara menasehatiku. Banyak hal yang aku pelajari dari sosok ibu. belajar berbenah diri, belajar berbenah rumah, belajar sabar, belajar menjadi kodratnya seorang wanita, bahkan belajar menjadi seorang ibu. 

Rangkaian bunga mawar tak mampu menggantikan jasa ibuku..wonder womanku. Jam tangan cantik merk alba juga gak ada apa-apanya dibanding perjuangan dia dari membuatku sampai mengandung diriku selama 9bulan 10 hari. Entah apalah itu jasa dia mengasihiku dari bayi sampai sebesar ini gak ada yang bisa gantiin sekalipun ada lelaki seganteng Kyuhyun didepanku. Tetep ibuku yang nomer wahid. Dan hanya satu lantunan Al-Fatehah untuk kesehatan ibu dan doa selalu aku panjatkan setiap habis solat.

Wanita itu sekarang wajahnya dihiasi keriput-keriput kecil, melawan sakitnya dan masih setia menjalani tugasnya sebagai ibu rumah tangga. Setiap pagi selalu ada sarapan terenak didunia, yaa...cuma masakan sederhana sambel terasi dan tempe goreng. Segelas teh hangat buat bapak dan susu coklat buatan ibu dan tambahan citarasa penuh kasih menjadikan hal itu semakin nikmat dan tak tergantikan. Wanita itu kini sudah mulai tua, merestui setiap langkahku dan bapakku mengawali kesibukan setiap hari. Dan wanita itu sekarang menikmati keceriaan dengan cucu-cucunya. 
 

Wanita itu cuma IBU...
IBU nomer satu didunia!!!
Terimakasih bu, untuk semua jasamu :)
I LOVE U 
SELAMAT HARI IBU ya!!!!!!




Indahnya Silaturahmi

Foto ini menggambarkan dimana kebersamaan antara saya, koko daniel, dan Nok Eva. Ini momment pertama selama saya mengenal keluarga mereka. Bisa foto bersama meskipun dengan status yang sudah berubah menjadi mantan pacar.

8 September 2011 saya menyempatkan diri mampir kerumah koko untuk melepas kangen dengan si adik :) sekalian saya mempererat silaturahmi mumpung masih dalam suasana lebaran. Dalam hal ini keluarga mereka tidak merayakan idul fitri. Meskipun hanya sebentar tapi saya sangat bahagia. Bisa merasakan kebersamaan keluarga Koko [lagi].

Karena saya harus meluncur ke temanggung bersama Koko buat menghadiri nikahan teman BONCEL saya, Ibu Noni Dyah. A , S.Pd, saya memutuskan untuk berpamitan meskipun berat hati tetapi keadaan memaksa saya untuk segera pergi. Kami menyempatkan untuk berfoto. Dan jadilah foto itu. Sudah pantes jadi mama papa yah.he...he..he...

Saya melihat ekspresi dik Eva ketika saya menggendongnya dan kemudian menciumnya. Insting saya, dia enggan untuk saya tinggal.Terlihat dari respon dia menanggapi lambaian tangan saya sebelum saya meninggalkan rumah. Dia yang ceria tiba-tiba ekspresinya berubah menjadi murung. Tentu itu bukan kunjungan terakhir saya, kalau ada kesempatan saya berjanji untuk mengunjungi mereka lagi. Biar silaturahmi tidak terputus.

*****
Eniwei, itulah pengalaman saya merasakan indahnya ber-silaturahmi. Meskipun berbeda status(dulu pacar sekarang mantan pacar) dan berbeda agama tetapi persatuan harus tetep terjalin bukan?

Oke..Mumpung masih dalam suasana Lebaran, Saya mengucakan 
Selamat Idul Fitri 1432H mohon maaf lahir dan batin :)

Buka Bersama "PASTI"

Temu Kangen tahun ini sungguh beda. Masih dalam rangka moment puasa, saya dan teman-teman yang tergabung dalam PASTI kali ini mengadakan temu kangen plus buka bersama di RM Noroyono Pak Djamin. Meskipun dengan keadaan tempat yang kurang memuaskan, itupun tidak menyurutkan rasa kebersamaan dengan teman-teman lama.

Start dari jam 5 sore, sembari menunggu beduk berbuka seperti kebiasaan lama. Guyon dan saling ejek khas anak-anak SMA (4 tahun lalu). Semuanya terasa indah. Banyak teman-teman saya yang sudah berubah. Semakin cantik, ganteng, sukses, masih ada yang kuliah juga. Semua berkumpul dan melepas rasa rindu. Moment lebaran sudah 2 tahun ini saya dan teman-teman menyempatkan waktu 1 hari untuk menghabiskan waktu bersama teman SMA.

Disini saya mengucapkan terimaksih banyak kepada panitia dadakan yang sudah bersedia mengkoordinir teman-teman. Meskipun sebentar, yang penting silaturahmi tetap terjaga :D. Right??

*sedikit pamer sih.. ini foto saya dengan teman-teman seperjuangan dulu :D


maaf agak blur..yang jepret belum profesional :D

*******
Ini ceritaku bersama teman-teman SMA ku :)

Selamat Idul Fitri bagi teman-teman yang sudah merayakan.
Bagi yang belum sabar ya..tinggal beberapa jam lagi kita menjemput kemenangan. :)

HAPPY IDUL FITRI 1432 H
:d


Pesantren [yang] Kilat

Serba-serbi ramadhan itu adaaaaaaaaaa ajah. Kalau jaman saya sekolah dulu pasti deh disuruh ngisi buku Kegiatan bulan ramadhan. Beberapa diantara teman-teman blogger pasti pernah mengisinya juga kan. Kalau puasa di beri tanda centang (v) kalo gak puasa di beri tanda silang (x) plus alasannya. Hihihihi... kalau inget dulu puasa saya masih banyak yang bolong :D.

Lalu kalau di sekolah pasti ada kegiatan yang tenar dengan sebutan Pesantren Kilat. Biasanya kegiatan peskil a.k.a Pesantren kilat itu yag semacam pengajian gitu tetapi lebih ringan dimana materi-materi seperti kisah nabi, tajwid, fiqh, aqidah anak sholeh sering dibawakan oleh bapak ibu guru pengisi kegiatan peskil.

*Kondisi ruang yang seadanya tidak menyurutkan semangat mereka ikut pesantren kilat

Ini adalah anak-anak kelas 4-6 yang mengikuti kegiatan peskil kemarin. Hanya 2 hari yaitu senin dan selasa. Kebetulan saya mendapat jatah mengisi di hari selasa dengan materi kiah nabi.
aw man! that my first time !! Mengisi kegiatan peskil menurut saya lebih berat daripada mengajar di kelas. Karena apa? yah, pengetahuan saya tentang ilmu agama masih kurang memadai. Eh tapi tetep.....saya cinta Islam. hahahahaha

Eniwei, entah darimana dulu namanya kegiatan ini bisa dinamakan Pesantren [yang]Kilat. Tapi setidaknya, tambahan ilmu akhlak dan keagamaan bisa didapat siswa saat mengikuti kegiatan ini. Dan tentunya sembari mengisi buku kegiatan bulan ramadhan ya =D.

Oukeyh.. Tinggal sebentar lagi Idul Fitri di depan mata. Semoga puasa tidak semakin berat. Dan Pesantren Kilat bisa bermanfaat. Amien.. Alhamdulillah yah *syahrini style..hahahahaha

Mana Jamaahnya?


Gambar diatas tentu tak asing lagi dimata kita. Yup solat.. tentunya itu saya candid saat solat tarawih di mushola dekat rumah. *kurang sopan tapi menggelitik nurani saya

Semakin hari kok jamaah tarawihnya semakin berkurang saja yah? Hal ini tentu beda dengan pembukaan puasa. Mushola dibanjiri oleh jamaah. Dan selama itu pula sedikit demi sediki jamaah mulai berkurang. Dengan bermacam-macam alasan, dan yang paling sering saya dengar dari beberapa teman saya alasan mereka adalah "pembukaan dan penutupan itu wajib, kalao sudah tengah-tengah yah males"

Astaqfirullahal'adzim....... Jangan sampai kita seperti itu yah.

Mari kita mencari berkah yang melimpah di bulan suci ini.
Selamat berpuasa :)

Foto Nyolong

Senin yang lenggang dan lemas. Begitu komentar teman-teman di kantor saya. Apa ini efek dari yang namanya puasa? Entahlah yang jelas hari ini saya bebas jam ngajar jadi saya hanya duduk dikantor. Sesekali saya mencoretkan ujung pensil di selembar kertas dan jadilah beberapa gambar yang bisa saya gunakan untuk mengajar SBK.

Coba deh lihat foto diatas, itulah kedekatan seorang ibu dan anak yang sengaja saya candid dari ponsel saya. Entah apa yang mereka bicarakan, sesekali tawa canda terdengar dari mereka. So sweet saya bilang. Dek Nabilla dan Ibu Martini. Keluarga di SD Ngembak 3 tempat saya wiyaa bakti. Lucu juga melihat mereka. Mungkin saya terkesan iseng tapi momment seperti itu jarang terjadi di kantor.

Dan untuk yang ini, gak sengaja saya capture waktu dek Nabilla ngambek sama ibunya. Hasilnya seperti itu deh. hihihihihi..

Yang saya dapat adalah :
Mereka lucu dengan cara komunikasi yang unik dan hanya mereka yang tau :) begitu juga saya dengan ibu yang memiliki cara tersendiri ketika ingin menyatakan sesuatu. Dan saat ini saya sedang menikmati kedekatan saya dengan ibu. Ibu dan anak memang memiliki Chemistry yang kuat yah :)

Ini ceritaku...apa ceritamu????


*guru kecil sekarang nyambi jadi tukang foto hihihihihihi

Penyebrangan Tradisional


Apa yang ada dibenak sodara-sodara kalaula melihat foto diatas? Orang naik perahu kah? di sungai? ada tali? wateva lah apa yang ada dibenak sodara-sodara, yang jelas foto itu Tjap Aseli. Ngemeng-ngemeng soal menyeberang, biasanya kan ada sebuah Jembatan yang menghubungkan satu daerah ke daerah lain. Dari sebrang sungai yang satu ke sebrang lainnya. Bahkan ada kapal feri. Sampai yang lebih tersohor adalah adanya jembatan yang menghubungkan antar pulau dengan membelah selat. Siapa yang tahu? Jembatan Suramadu pastinya. Membalah selat Madura dengan menghubungkan provinsi Jatim dengan Madura.

Tapi, yang ada difoto diatas sangatlah berbeda. Itu foto saya ambil 2 hari yang lalu saat saya bersama ibu menuju ke desa Sambukan Klambu daerah Brati. Menyebrang kali Lusi yang cukup lebar dan untuk kedua kalinya saya menggunakan jasa penyebrangan tadisional ini. Cukup murah dengan membayar Rp. 2000, 00 dan dengan keikhlasan hati bapak yang sangat berjasa itu mengerahkan tenaga tanpa peduli [mungkin] tangan penuh dengan kapal a.k.a kapalen.



Dan gambar diatas terlihat sebuah motor nangkring diatas perahu kayu yang ditarik dengan tangan yang mengandalkan seutas tali. Penasaran ingin mencoba transportasi penyebrangan yang tradisional? datang saja ke Purwodadi. Ini ceritaku...apa ceritamu :D

S.Pd


Juli ceria buat saya. Moment pertama saya menghadapi dunia yang sebenarnya. Ya, 16 Juli 2011 kmaren nama saya bertambah dengan embel-embel S.Pd (Sarjana Pendidikan). Biar kata saya pamer tapi itulah adanya. Bangga, senang, haru, sedih campur aduk saat mengikuti prosesi wisuda. Karena bagi saya 4 tahun mencari ilmu di kampus UKSW berbuah dengan manis. Akhirnya saya memakai toga dan topinya, dengan senyuman manis dari pak rektor saat memindah "kuncir" dari sisi kiri ke kanan. Resmi deh nama saya sekarang Chela Ribut Firmawati, S.Pd. Sebenarnya saya masih belum PD dengan gelar itu. Rasa-rasanya masih belum pantes. Hehehehehehe.


***************


Bukan hanya moment wisuda saja, alhamdulillah Ramadhan sudah tiba. Teman-teman mari kita perbanyak ibadah di bulan berkah ini. Semoga berkah selalu melimahi saya dan teman-teman. Oke selamat berpuasa semuanya

Lulus Kuliah

Weekend lagi… memang sekarang ini waktu berjalan begitu cepat. Kemarin masih ngrasa hari senin eh gak taunya sekarng hari sabtu. 1 minggu LAGI waktu yang selama ini saya nantikan. Tentunya ini juga dinantikan oleh teman-teman seangkatan saya di PGSD UKSW. Yes.. sabtu depan tepat tanggal 16 Juli 2011 saya akan mengenakan toga beserta topinya. Yuhui… perjuangan panjang selama 4tahun menuntut ilmu, jauh dari orang tua, hidup sebagai anak kos dengan segala sesuatu yang “pas”, dan menjadi mahasiswa yang telah melalui semester demi semester. Finally… Graduation di depan mata.

Masih ingat manakala saya datang ke kampus dengan begitu lugunya. Mengikuti pendaftaran camaru, seleksi tertulis dan wawancara, menanti pengumuman hasil seleksi, dan berita bahagia saat itu saya diterima sebagai mahasiswa D2 PGSD UKSW. Rentetan kegiatan kampus juga sudah banyak saya lahap. Baik PPMB, makrab atau yang biasa dikenal dengan ospek (untungnya fakultas saya bebas dari kekerasan), kegiatan perkuliahan, pramuka, KBM tari, karawitan, microteaching, dan PPL> Puncaknya adalah saat harus membuat skripsi di semester 8 kemarin. Bagi adik-adik tingkat Skripsi itu adalah hal yang paling ditakutin, tapi kalau saya berkomentar ITULAH TANTANGANNYA.

Skripsi selesai saya dan teman-teman seperjuangan harus mempertaruhkan di hadapan para dosen penguji. Pendadaran atau mungkin buat anak SMA dibilang Ujian Nasional. Pendadaran dijadwalkan dari tanggal 12-14 Mei 2011. Dan keberuntungan saya adalah mendapatkan jadwal pada tanggal 12 Mei 2011 pukul 11.00. Gugup, takut, stress, sedikit PD dan keringat dingin saat mempresentasikan hasil skripsi mulai dari bab 1-5. Belum lagi menghadapi kritik dan pertanyaan dari penguji, dan tentu saran yang sangat membangun untuk modal revisi skripsi saya. Alhasil… skripsinya finish deh. Untungnya juga saya ditemani teman-teman dan mantan kekasih saya Daniel J heheheh… Alhamdulillah…

Yudisium, saya harus menunggu 1 bulan karena ada sedikit pembenahan dari coordinator mahasiswa (Pak Adi Winanto yang ganteng :D ). Yudisium dilaksanakan tanggal 11 Juni 2011. Oh ya… Setelah ujian skripsi selang 3 hari pengumuman hasil ujian ditempel di deket ICT gedung E. Saya mencari nama Chela Ribut Firmawati, setelah sekian lama mencari karena waktu itu ada sekitar 130 mahasiswa yang skripsi dan ketemu deh nama saya dengan keterangan LULUS. Alhamdulillah lagi… Dan saat yudisium pun diumumkan. Sesuai dengan urutan NIM, tiba giliran saya dengan disaksikan 130 teman-teman. Saat itu Pak Ridho yang mengumumkan, masih ingat betul apa yang beliau katakan:

NIM 292008625, Chela Ribut Firmawati, Nilai skripsi: AB, Indeks Prestasi Komulatif: 3,54, Keterangan: Lulus kategori Terpuji/Cumlaude. Alhamdulillah ya allah… Langsung deh cubitan gemes dan ucapan selamat datang dari teman-teman. Saya tetap bersyukur meski saya belum bisa mencapai IPK tertinggi. Langsung deh kabar gembira itu saya beritakan ke orang tua saya dan teman-teman saya. Plong rasanya… semua perjuangan menerjang hujan, panas, melewati ratusan kilometer perjalanan dengan medan yang jueleknya minta ampyun. Semua terbayarkan dengan kelulusan yang pas 4 tahun. Sesuai target juga deh. Dan hadiah Samsung Galaxy Mini datang dari bapak. Alhamdulillah…

Sujud syukur saya ucapkan kepada Allah, terimakasih tak terkira untuk restu bapak dan ibu serta doa yang tak pernah luput di sepertiga malam, dukungan mbak dan mas tersayang dan penghibur cilik saya si ganteng daffa dan si cantik fida, teman-teman seangkatan, teman-teman kelas A-term, BONCEL, Daniel, dan tentu teman-teman blogger. Sembari menanti tanggal 16 juli 2011 pelaksanaan upacara wisuda. Meski baru menempuh jenjang S1 saya tetap senang. Terimakasih untu dukungan teman-teman selama ini. Dan saya dedikasikan kelulusan ini untuk orang tua dan mbak saya. Dan tentu ilmu yang sudah saya dapatkan saya dedikasikan untuk anak bangsa.

Salam…..

Orang Tua

Berbicara mengenai orangtua, mereka adalah sosok yang menurut saya superhero. Kenapa saya beranggapan seperti itu? Karena begini, kita mulai dari sosok Ibu. Ibu yang rela 9 bulan 10 hari menahan sakit demi janin yang dikandungnya. Dan pada saatnya kita lahir kedunia. Masih ingat kan bagaimana ibu bercerita saat detik-detik kita dilahirkan. Nyawa ibu taruhkan demi kita yang akan menghirup indahnya udara dunia. Tentu ayah saat itu berada disamping ibu. Ibu juga yang rela begadang kalau kita terbangun di tengah malam. Menyusui, mengganti popok, dan nina boboin. Besar banget ya perjuangan ibu. Masih banyak lagi pengorbanan seorang ibu yang gak bias disebutin semua.

Ayah, dialah tulang punggung keluarga. Dia yang mencari nafkah demi istri dan anak. Keringat yang menjadi teman. Teriknya panas matahari dan gerimispun diterjang manakala sedang mencari nafkah. Bersama dengan ibu , ayah juga membesarkan anak dengan penuh kasih saying dan cinta. Kalau ada yang bertanya, “Sebenarnya ayah bekerja itu untuk siapa sih?” Apa jawaban yang ada di benak teman-teman? Kalau menurut saya, ayah bekerja juga untuk anak, Membiayai sekolah dari TK sampai kuliah, uang jajan, dan masih banyak lagi. Itulah sosok ayah.

Nah, sejauh mana sih rasa sayang kita kepada orangtua? Saya tidak bermaksud apa-apa, sekedar mengajak teman-teman untuk merefleksi diri, apa sejauh ini kita sudah begitu menyayangi orang tua kita. Contoh kecil: berapa kali kalian sms ayah atau ibu hanya sekedar mengirimkan kalimat “selamat pagi ayah”? dan bandingkan ketika inbox kita penuh dengan sms dari pujaan hati mulai dari bangun tidur sampai mau tidur lagi. Sekecil apapun perhatian kita terhadap orang tua mereka akan tetep merasa senang. Kasih sayang anak kepada orang tua menurut saya kalau dilambangkan dengan barang tentu tidak akan sebanding dengan yang orang tua kita berikan sejak kita masih dalam rahim ibu. Tidak perlu berlebihan kita memberikan bunga setiap pagi kepada ibu atau ayah. Cukup dengan prestasi yang bagus di kelas, mau mendengarkan nasehat orang tua, dan sekali-kali peluklah mereka dan katakan “Terima kasih ya ibu/ayah udah membesarkanku sampai saat ini”.

Mari, sayangi orang tua kita. Cintai dengan sepenuh hati dan jangan jadi anak nakal ya….. Tanpa orang tua kita juga gak bakal ada di dunia ini kan?? He…he…he…

Lagu Anak Indonesia

“Aku adalah anak gembala Selalu riang serta gembira

Karena aku senang bekerja tak pernah malas ataupun lengah

Tralala…lalalalala…tralala….lalalalalala..tralala..lalalalala

Setiap hari kubawa ternak kepadang rumput dikaki bukit

Rumputnya hijau subur dan banyak ternakku makan tak pernah sedikit

Tralala…lalalalala…tralala….lalalalalala..tralala..lalalalala”

Sepertinya syair lagu diatas tidak asing lagi di telinga kita. Yups benar sekali, itu adalah lagunya si imut Tasya. Lagu itu booming waktu saya kelas 6 SD. Hitung coba berapa tahun sudah lagu itu tenar, namun sampai sekarang masih enyak untuk didengarkan. Yeah, jaman saya SD di televisi banyak sekali hiburan anak-anak. Seperti acaranya Agnes Monica sama Indra bekti di RCTI, saya masih ingat acara itu tayang pukul 14.00 dengan sapaan khas Tralala-Trilili. Selain itu acara yabg dibawakan oleh si centil Meisy. Masih ada lagi penyanyi Joshua dengan lagunya diobok-obok, Tinatoon dengan lagunya bolo-bolo, Saskia dan Geofani dengan lagunya Ayo Menabung. Ada lagi si Chiquita Meidy, Bondan, Eno Lerian pokoknya buanyak deh..

Pada jaman tahun 1998an gak kehitung berapa penyanyi cilik yang terkenal dengan lagu-lagunya. Bisa saya katakana bahwa pada jaman itu sedang tenar-tenarnya penyanyi cilik. Sampai-sampai dulu kalau guru saya menyuruh menyanyikan lagu selain lagu wajib saya sering menyanyikan lagunya meisy yang syairnya itu “Jumpa lagi…dengan meisy disini…..” tentunya dengan gaya centil ala Meisy. Haa..ha…ha..

Fenomena tersebut sangat kontras dengan apa yang terjadi sekarang ini. Memang banyak sekali lagu yang diciptakan oleh anak negeri, tetapi bukan lagu anak-anak melainkan lagu anak Band. Coba deh, keponakan saya malah Lancar menyanyikan lagunya Band Viera ketimbang menyanyikan lagu Garuda Pancasila. Ckckckckck…. Sangat disayangkan memang, kenapa “kejayaan” lagu anak-anak sekarang sangat langka. Anak-anak sekarang jauh lebih suka menjadi artis sinetron kali ya..he..he…

So, bagaimana dengan tanggapan kita terhadap lagu anak? Masihkah kita mengingat lagu anak saat kita masih kecil dulu? Yuk kita lestarikan lagu anak, sadar atau tidak lagu anak yang selama ini sudah diciptakan mengandung pesan/nasihat yang dikemas dengan baik oleh si penciptanya. Jadi, bisa juga dengan lagu kita memberi nasihat kepada anak. Berbicara dengan lagu jusru lebih asik loh, Cobain deh ^^.

Kangen Blog

Halo teman-teman blogger, sepertinya sudah lama juga ini blog "sedikit" saya lupakan. Entah karena alasan apa sehingga saya merasa rindu dengan postingan-postingan jelek saya. Tapi watevah lah, yang terpenting saya kembali lagi dengan si imut guru kecil ini. Dan pantasnya saya ini dijuluki sebagai blogger malas. Sangat disayangkan banget sih ketika ada ide sedikit nyentrik di otak saya, tetapi hilang begitu saja tanpa bekas. Kehilangan ide dan kata-kata. ha....ha....ha...

Kesibukan dunia baru membuat energi saya sedikit terkuras lebih. Tapi tanggung jawab baru itu membuat saya mengerti betapa susahnya mencari uang. Okeh,,, bisa dikata "kalau boleh memilih, saya akan memilih tetap menjadi anak sekolah.." tetapi kapan mandirinya?????

Mumpung sebentar lagi murid-murid saya erima rapor...saatnya juga saya kembali di dunia blogger :)

UJIAN NASIONAL SD


Ujian Nasional untuk SD dimulai hari ini tanggal 10 -12 Mei 2011. Seluruh siswa kelas 6 sekolah dasar se indonesia pasti merasakan dag..dig..dug nya masa-masa ujian nasional ini. Sayapun sebagai seorang guru wiyata bakti turut merasakan kegelisahan dan gugup, saya berfikir bagaimana anak-anakku yang sedang berjuang menghadapi UN ini.

Ini adalah pertama kalinya saya ikut menyiapkan ujian nasional di tempat saya bekerja. Saya jadi ingat dimana dulu waktu SD saya sangat gugup menghadapi ujian nasional. Berjuang dihari penentuan selama 6 tahun di SD. Dulu namanya bukan UN tapi EBTANAS. meliputi lima mata pelajaran PPKn, Bahasa Indonesia, IPA, IPS, dan Matematika.

Kalau melihat anak-anak jaman sekarang saya dapat berkomentar "kurang prihatin". Rasa-rasanya mereka tenang banget menghadapi ujian nasional. Greget untuk mau belajar giat rasanya tidak ada. Mereka lebih terlihat santai, lebih banyak bermain ketimbang membaca buku. Berbeda sekali ketika jaman saya dulu. Jam 4 pagi saya sudah dibangunkan untuk belajar sampai jam 6. kemudian sebelum masuk kelas pun saya masih sibuk membaca latihan soal. *ini saking sregenya atau memang saya oon??? he...he...he..

Tapi biarlah, mereka mempunyai cara sendiri dalam belajar. Yang penting adalah kita memberikan support yang positif bagi mereka agar tidak grogi dalam mengerjakan UN. Selamat berjuang anak-anakku...Semoga kalian semua Lulus. Dan untuk anak-anak Indonesia... SELAMAT BERJUANG YA!!!!!!!!!!!!!!!!


The Royal Wedding

Masih sangat segar diingatan kita kalau melihat kedua foto FENOMENAL itu. Ya... Prince William and Kate yang kemarin pada tanggal 29 April 2011 melangsungkan pernikahan. Ditayangkan live di 3 stasiun televisi membuat mata saya tak mau sedikitpun melewatkan detik demi detik pernikahan yang saya bisa katakan fenomenal di abad ini.

Pernikahan kedua insan manusia yang saling mencinta ini sudah dinantikan oleh seluruh masyarakat Inggris bahkan masyarakat di dunia. Dengan mengenakan gaun putih gading Kate terlihat sangat anggun dengan rias wajah yang sangat simple (menurut saya) dan pangeran William dengan seragam merah terlihat sangat tampan. Ini membuat saya berandai-andai "pengen juga nanti dapet pangeran tampan kayak William" he..he.. Yang membuat saya terkagum-kagum adalah keromantisan dari pasangan tersebut. Maklum, kisah cinta sudah diukir selama 10 tahun and finally mereka resmi menjadi pasangan suami istri.

Saya melihat The Royal Wedding untuk keluarga kerajaan Inggris adalah salah satu tradisi yang sangat unik. Dari sudut pandang saya, disitulah keluarga kerajaan menunjukkan keterbukaannya terhadap masyarakat Inggris, dan jika melihat antusiasme masyarakat sangatlah besar. Dampak lain yang timbul adalah dengan meningkatnya keekonomian masyarakat dengan menjual pernak-pernik about William and Kate. Selain itu saya melihat seluruh masyarakat Inggris tumpah ruah untuk menyaksikan dan turut merasakan kebahagiaan kedua mempelai. Yang patut ditiru adalah dari ribuan bahkan jutaan orang yang tumpah ruah di jalan mereka semua bisa menjaga kerukunan dan ketertiban. Nggak ada kerusuhan dan kalau bahasa jawanya "uyuk-uyukkan".

Komentar saya The Royal Wedding sangat memukau apalagi Pangeran William dan Kate..Pasangan sangat romantis...Jadi iri saya :D. Selamat berbahagia ya.... happy Wedding Prince William and Kate.

PENDADARAN

Halo sahabat blogger...sepertinya saya cukup lama mencampakan blog manisku ini. Maklumlah, SKRIPSI membuat saya cukup gila :D.

Setelah beberapa bulan berkutat dengan statistika dan bimbingan, finally hari selasa tangga 12 April 2011 saya sudah mengikuti ujian pendadaran. Seperti telur saja yah didadar :D. Becanda loh, maksudnya tuh ujian itu dimana saya harus mempertanggungjawabkan hasil penelitian saya. Sekitar 120 mahasiswa S1 PGSD mengikuti ujian skripsi, dan masih ada beberapa teman saya yang DENGAN terpaksa mengikuti SKRIPSI LANJUT. Karena beberapa hal juga sih itu, termasuk faktor 'dipersulit' oleh pembimbing.

Jadwal ujian tertera mulai 12 - 15 april 2011. Dan saya pun mendapat giliran hari pertama. Sumpah, kali ini ujian cukup membuat saya tak bisa tidur nyenyak. Grogi tiada tara, dan keringat dingin mengucur dimana-mana. Maaf saya lebay ha....ha...ha... Selama 1 jam saya dibabat habis oleh penguji saya, namun yang cukup membuat saya agak tenang dimana penguji saya tidak mengotak-atik hasil perhitungan statistika saya. Tepatnya BAB IV hanya dibahas mengenai uraian dari hasil penelitian. Fyuhhh... Revisi cukup banyak, namun saya harus OPTIMIS saya pasti lulus. Pengumuman kelulusan direncanakan tanggal 20 April 2011. Tepatnya besok pagi, saya cukup deg deg serrrr menunggu hasilnya.

Beberapa hal yang saya dapat dari masa-masa SKRIPSI cukup banyak dan 'cukup' bermanfaat, seperti :
  1. berat badan turun drastis >>> tak usah diet :D
  2. malam menjadi siang dan siang ku gantikan jadi malam >>> lembur.....lembur.....dan lembur
  3. statistika semakin matang >>> perhitungan SPSS dan ini itu yang berbau statistika jadi semakin mudheng :D
  4. pengalaman me-loby beberapa SD untuk tempat penelitian >>> ijin melaksanakan penelitian saya rasa cukup sulit
  5. hubungan dengan dosen semakin dekat >>> maklum saya termasuk "Demen" bimbingan
  6. tongpes >>> kantong kempes karena keperluan beli kertas, tinta printer dan sebagainya sehingga cukup memaksa saya untuk mengurangi 'uang saku' bermain. *cukup merana
Yah seperti itulah INDAHNYA masa-masa mengerjakan skripsi yang kata banyak orang "menakutkan". Tapi buatku iya juga sih...hohohohoho. Tapi, itulah perjuangan. Butuh pengorbanan yang semula belum pernah kita lakuin jadi mau gak mau harus dilakuin. Maka dari itu teman-teman blogger doakan saya lulus yah. Sebentar lagi S.Pd akan ku jemput.

Salam sayang dari guru kecil :D