Edited by Chela. Diberdayakan oleh Blogger.

Lagu Anak Indonesia

“Aku adalah anak gembala Selalu riang serta gembira

Karena aku senang bekerja tak pernah malas ataupun lengah

Tralala…lalalalala…tralala….lalalalalala..tralala..lalalalala

Setiap hari kubawa ternak kepadang rumput dikaki bukit

Rumputnya hijau subur dan banyak ternakku makan tak pernah sedikit

Tralala…lalalalala…tralala….lalalalalala..tralala..lalalalala”

Sepertinya syair lagu diatas tidak asing lagi di telinga kita. Yups benar sekali, itu adalah lagunya si imut Tasya. Lagu itu booming waktu saya kelas 6 SD. Hitung coba berapa tahun sudah lagu itu tenar, namun sampai sekarang masih enyak untuk didengarkan. Yeah, jaman saya SD di televisi banyak sekali hiburan anak-anak. Seperti acaranya Agnes Monica sama Indra bekti di RCTI, saya masih ingat acara itu tayang pukul 14.00 dengan sapaan khas Tralala-Trilili. Selain itu acara yabg dibawakan oleh si centil Meisy. Masih ada lagi penyanyi Joshua dengan lagunya diobok-obok, Tinatoon dengan lagunya bolo-bolo, Saskia dan Geofani dengan lagunya Ayo Menabung. Ada lagi si Chiquita Meidy, Bondan, Eno Lerian pokoknya buanyak deh..

Pada jaman tahun 1998an gak kehitung berapa penyanyi cilik yang terkenal dengan lagu-lagunya. Bisa saya katakana bahwa pada jaman itu sedang tenar-tenarnya penyanyi cilik. Sampai-sampai dulu kalau guru saya menyuruh menyanyikan lagu selain lagu wajib saya sering menyanyikan lagunya meisy yang syairnya itu “Jumpa lagi…dengan meisy disini…..” tentunya dengan gaya centil ala Meisy. Haa..ha…ha..

Fenomena tersebut sangat kontras dengan apa yang terjadi sekarang ini. Memang banyak sekali lagu yang diciptakan oleh anak negeri, tetapi bukan lagu anak-anak melainkan lagu anak Band. Coba deh, keponakan saya malah Lancar menyanyikan lagunya Band Viera ketimbang menyanyikan lagu Garuda Pancasila. Ckckckckck…. Sangat disayangkan memang, kenapa “kejayaan” lagu anak-anak sekarang sangat langka. Anak-anak sekarang jauh lebih suka menjadi artis sinetron kali ya..he..he…

So, bagaimana dengan tanggapan kita terhadap lagu anak? Masihkah kita mengingat lagu anak saat kita masih kecil dulu? Yuk kita lestarikan lagu anak, sadar atau tidak lagu anak yang selama ini sudah diciptakan mengandung pesan/nasihat yang dikemas dengan baik oleh si penciptanya. Jadi, bisa juga dengan lagu kita memberi nasihat kepada anak. Berbicara dengan lagu jusru lebih asik loh, Cobain deh ^^.

3 komentar

  1. Saya juga resah dengan lagu lagu yg sering didendangkan oleh anak masa kini. Dan pernah bikin postingan berjudul Lagu Anak Riwayatmu Kini

    BalasHapus
  2. kalo dulu pas aku SD, ibu guru sering ngajar pake lagu juga... jadinya tanpa sadar aku dan temen2 sudah mendapat ilmu lewat lagu2 yang diberikan itu...
    mungkin bisa ditiru buguru kecil... :D

    BalasHapus
  3. iya bener. Dulu, pas adek saya 3 taon juga udah apal lagu-lagunya Wali Band. Ih gillak banget. Hehe.

    Salam kenal~

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan jejak di blog guru kecil ya. Mohon untuk tidak memberikan LINK HIDUP dalam kolom komentar. Jika memang ada,komen akan di hapus. Terimakasih;)