26 Agustus 2011

Pesantren [yang] Kilat

Serba-serbi ramadhan itu adaaaaaaaaaa ajah. Kalau jaman saya sekolah dulu pasti deh disuruh ngisi buku Kegiatan bulan ramadhan. Beberapa diantara teman-teman blogger pasti pernah mengisinya juga kan. Kalau puasa di beri tanda centang (v) kalo gak puasa di beri tanda silang (x) plus alasannya. Hihihihi... kalau inget dulu puasa saya masih banyak yang bolong :D.

Lalu kalau di sekolah pasti ada kegiatan yang tenar dengan sebutan Pesantren Kilat. Biasanya kegiatan peskil a.k.a Pesantren kilat itu yag semacam pengajian gitu tetapi lebih ringan dimana materi-materi seperti kisah nabi, tajwid, fiqh, aqidah anak sholeh sering dibawakan oleh bapak ibu guru pengisi kegiatan peskil.

*Kondisi ruang yang seadanya tidak menyurutkan semangat mereka ikut pesantren kilat

Ini adalah anak-anak kelas 4-6 yang mengikuti kegiatan peskil kemarin. Hanya 2 hari yaitu senin dan selasa. Kebetulan saya mendapat jatah mengisi di hari selasa dengan materi kiah nabi.
aw man! that my first time !! Mengisi kegiatan peskil menurut saya lebih berat daripada mengajar di kelas. Karena apa? yah, pengetahuan saya tentang ilmu agama masih kurang memadai. Eh tapi tetep.....saya cinta Islam. hahahahaha

Eniwei, entah darimana dulu namanya kegiatan ini bisa dinamakan Pesantren [yang]Kilat. Tapi setidaknya, tambahan ilmu akhlak dan keagamaan bisa didapat siswa saat mengikuti kegiatan ini. Dan tentunya sembari mengisi buku kegiatan bulan ramadhan ya =D.

Oukeyh.. Tinggal sebentar lagi Idul Fitri di depan mata. Semoga puasa tidak semakin berat. Dan Pesantren Kilat bisa bermanfaat. Amien.. Alhamdulillah yah *syahrini style..hahahahaha

7 komentar:

  1. Anak saya juga ikut semua tuh Cheil ...
    Yang Tengah dua malam - tiga hari ...
    Yang Bungsu satu malam - dua hari ...
    Yang Sulung ... bebas ... soalnya dia udah kelas 3 SMA ... (nggak ada kegiatan luar sekolah lagi)

    Dan ini sepertinya sangat menyenangkan ...

    Salam saya Cheil ...

    BalasHapus
  2. wow...sana sistem peskilnya bermalam di skul ya om??

    BalasHapus
  3. Peskil? Kalau di tempat saya dulu namanya pondok ramadhan. Sama ya?

    BalasHapus
  4. wiiih anaknya tertib. gimana cara ngaturnya ya

    BalasHapus
  5. salam kenal
    he he pesantren kilat ya

    BalasHapus
  6. salam kenal aja deh..

    selamat menyambut lebaran ya...

    BalasHapus
  7. @masbro: sama yang penting isinya mas bro :D
    @pak guru rusydi: wah....kalau masalah tertib apa tidak ya tergantung bagaimana membuat situasi peskil tidak sebosan yang dulu pernah saya ikuti waktu sekolah :D . bagi anak sesuatu bila disampaikan dengan santai maka mereka akan sangat antusias mengikutinya (ini berdasarkan yang saya amati)
    @abel: salam kenal juga
    @yadi: iya selamat menyambut lebaran juga

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan jejak di blog guru kecil ya. Mohon untuk tidak memberikan LINK HIDUP dalam kolom komentar. Jika memang ada,komen akan di hapus. Terimakasih;)