30 Oktober 2012

Ulat-Ulat Lucu

Setelah sebelumnya saya pernah mengulas tentang serba serbi pelajaran SBK, saya punya cerita lagi nih. Menggambar, mewarnai, menyanyi bahkan menari rela mereka tunggu tiap minggu. Ya, pelajaran seni budaya dan ketrampilan bisa menjadi ajang hahahihi bagi mereka *baca anak-anak. Kali ini saya mengajak anak-anak untuk membuat seekor ulat yang lucu. Biasanya kalau melihat seekor ulat akan merasa jijik, termasuk saya akan sangat histeris lihat ulat. Tapi kalau ulat ini beda loh, yuk siapin bahan-bahannya dulu. Kalau sudah siap bilang sama bu guru ya...



Bahan yang dibutuhkan sangat sederhana :
  • kertas lipat usahakan warna-warni
  • gunting
  • lem
  • spidol
Nah cara bikinnya simple sekali loh, yuk disimak :
  1. Siapkan sekitar 7 lembar kertas lipat, yang berbeda warna ya biar lebih lucu.
  2. Buat lingkaran usahakan ukuran sedang jangan terlalu kecil dan jangan kebesaran. Kalau ingin lebih bagus bisa gunakan jangka atau cetakan berbentuk lingkaran.
  3. Lingkaran sudah jadi saatnya membuat bagian kaki dan telinga ulatnya. Gunakan sisa kertas membuat pola lingkaran tadi dengan membuat bentuk elips sebanyak 8 pasang. Khusus untuk telinganya buat bentuk elips yang agak besar daripada kakinya.
  4. Setelah semua pola jadi, siapkan lem untuk menggabungkan lingkaran-lingkaran tersebut dan tempelkan menjadi deretan lingkaran yang berwarna warni.
  5. Pasangkan pola elips untuk kaki dan telinga ulat
  6. Gambar mata dan mulut si ulat dengan spidol.
  7. Ulat yang lucu sudah jadi deh
Pasti bayangin ya gimana bikin ulatnya.. Nih, ada foto dari anak-anakku yang asik membuat ulat yang lucu
Cekidot yuk :D
lagi bikin pola lingkaran ni bu guru

aku udah gunting kertasku nih bu :D
lihat bu, lingkarannya mulai aku tempel :)

ulatku hampir jadi bu guru :D

saatnya kita narsis ya bu, ulat kita bagus kan :D
Refleksi saya di pembelajaran SBK kali ini adalah mengingatkan anak dengan konsep bangun datar yang sudah mereka pelajari di kelas 2. Setidaknya dengan mempraktekan membuat pola lingkaran mereka sudah bisa. Kemudian dengan mengajarkan menyusun pola warna. Warna jauh lebih fleksibel berdasarkan pilihan anak-anak karena pada dasarnya jika anak sudah bertemu dengan sesuatu yang berwarna-warni mereka akan jauh lebih antusias. Dan yang paling penting tujuan pembelajaran saya adalah ulat lucu itu menjadi pajangan dinding dengan berhiaskan tulisan perkalian agar anak dapat terbantu menghafalkan perkalian. Selama ini hafalan perkalian bagi anak susah, jika anak sering melihat lewat tulisan di perut ulat-ulat lucu itu saya rasa akan sangat membantu.

Nah, kelihatannya mudah kan. Coba deh buat bunda-bunda disana gak ada salahnya kan ngajari si buah hati membuat ulat yang lucu ini. Buat guru muda, yuk belajar untuk lebih kratif lagi *termasuk saya pastinya :D

Sedikit dari saya semoga bermanfaat ya :)
 Salam

20 komentar:

  1. dari TK anak2 sy udah di ajarin buat ulat2 lucu ini.. Selain belajar ttg bentuk & warna, juga bs di kombinasiin sm belajar matematika atau membaca.. Misalnya ulat-ulatnya di kasih nomer atau di kasih huruf2 yg harus di rangkai jd sebua kata.. Anak2 biasanya seneng deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak......gak telat jg kan diajarin untuk kelas 3??? hihihihi

      Hapus
  2. buatin dong buguluuu ular yang besar :))

    BalasHapus
  3. iih.. lutuna... ibu gulu pintel deh, :)

    keren!

    BalasHapus
  4. Biasanya saya geli kalau liat ulat, tapi liat ulat yang ini malah pengen megang...
    kreatif mbak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe..aku juga belajar dari beberapa sumber kok mbak

      Hapus
  5. aku dulu kok g diajari kayak gituan ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga gak pernah mas....paling diajarin bikin burung2an dari origami

      Hapus
  6. waaah...., kreatif sekali. Bagus.... bagus....
    Jadi pengen nyoba buat sama Amelia di rumah....

    BalasHapus
    Balasan
    1. dicoba aja mas..ntar ditunggu hasilnya :D

      Hapus
  7. hihi.. ulatnya unyu! Valeska-ku pasti suka. Nanti ta' buat ah..
    Makasih bu guru.. :)

    BalasHapus
  8. tak kirain ulat2 beneran yang dipohon bikin geli mbak mbem, ternyata si ulat2 dari kertas toh :D

    Bu guru kreatif deh :D

    BalasHapus
  9. kalo di SBK,umumnya siswa siswinya sangat kreatif mbak, kalo membuat ulat seperti itu pasti seneng

    semoga di hari ke depan lebih banyak ide lagi mbak untuk mengajarkan jiwa kreativitas pada anak anak ^^

    salam kenal

    BalasHapus
  10. ah.. diajarin bikin ulat.. oleh guru cantik.. senengnya jadi anak-anak yang masih polos pikirannya... :|
    *mohon dengan sangat abaikan komen ini :|

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehehehe...mau jadi muridku?aku galak loh

      Hapus

Silahkan tinggalkan jejak di blog guru kecil ya. Mohon untuk tidak memberikan LINK HIDUP dalam kolom komentar. Jika memang ada,komen akan di hapus. Terimakasih;)