Edited by Chela. Diberdayakan oleh Blogger.

Militer Kecil dan Praja IPDN

Senin pagi masih seperti biasa anak-anak melaksanakan upacara bendera. Namun kali ini ada beberapa peserta upacara yang berbeda dari biasanya. Memakai seragam coklat bak seorang praja dan ikut di barisan belakang murid. Gagah dan sigap mereka mengikuti upacara bendera meskipun sepertiyang kita alami jaman dulu ketika SD, ada beberapa accident karena rasa grogi yang cetar membahana badai. Dan accident yang terjadi senin kemarin adalah pertama pasukan pengibar bendera tertinggal satu langkah karena kurang mendengarkan aba-aba, kedua dari tim paduan suara yang harusnya satu suara namun kali ini beragam suara mulai dari suara 1, 2, 3, 4, 5 bahkan  6 juga ada. Kalau dibayangkan seperti apa gitu *saya tak tega menulisnya. ha..ha..ha..


Setelah bu kepsek berpidato beliau memperkenalkan siapa sesungguhnya peserta upacara "baru" itu. Beliau menerangkan bahwa mereka berasal dari mahasiswa IPDN ( Institut Pemerintahan Dalam Negeri) yang hari ini mereka akan mengajak anak-anak untuk melakukan kegiatan bersama. Dan antusiasme anak-anak terhadap orang baru merupakan sesuatu yang luar biasa. Memang menjadi ciri khas orang Indonesia bahwa keramahan dan keakraban mewarnai perkenalan mereka bersama salah satu praja IPDN yang bernama Stenri dari Maluku. Mahasiswa IPDN tersebut sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata di desa Ngembak selama 1 bulan. Jadi semaksimal mungkin mereka mencari pengelaman di desa Ngembak. Salah satunya dengan mengadakan kegiatan bersama anak-anak dari SD tempat saya mengajar.

Agenda kegiatan hari ini adalah mereka bersama anak-anak akan mengadakan bersih desa.Tujuannya dari kegiatan ini adalah agar desa tampak bersih dan menumbuhkan semangat cinta kebersihan kepada anak-anak dengan membedakan sampah organik dan anorganik. Sebelum mereka memulai kegiatan bersih desa, Kak Stenri mengajak anak-anak untuk menirukan yel militer kecil. Dan yel nya seperti ini : 
Semangat!!!!! Lima-Lima Yes!!!
Mana matanya???? *anak-anak melototin mata
Mana Senyumnya???? *anak-anak senyum 
Mana Giginya???? *anak-anak meringis selebar mungkin
Tanpa berlama-lama, kak Stenri dan teman-teman IPDN lainnya segera melaksanakan aksi bersih desa bersama militer-militer kecil. Sambil memunguti sampah di pinggir jalan mereka menyerukan yel-yel tadi. Selain itu masih tetap guru berperan dalam mendampingi dan mengawasi murid. Lumayan capek tapi kapan lagi bisa berkeringat dan berkeliling desa sekitar. hehehe....

Lets's cekidot daripada dikata hoax....ha...ha...
kak Stenri dan yel militer kecil
kak Stevi dan Militer kecil

Kak Stenri bagi-bagi kantong plastik *bu guru dibagi duit aja ya kak :D

sampah di plastik merah *itu baru sebagian

Kak Stenri sama Bu guru :D
Itu tadi kegiatan militer kecil bersama praja IPDN yang mana dari kegiatan ini diharapkan anak-anak dapat lebih peduli lagi terhadap lingkungan dan mampu menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Oke, semoga apa yang menjadi tujuan dari praja-praja IPDN tersebut tepat sasaran dan menjadi sebuah kenangan indah ketika dibawa ke Jatinangor nanti. Semoga kenangan foto sama bu guru juga selalu diingat *lupakan* hahahahaha...

Dan ketika jam pulang saya masih mendengar anak-anak menyerukan yel-yel tadi. Dalam hari saya berkata "kenapa ndak seperti itu ya nak kalau disuruh hafalan perkalian sama bu guru" *tepokjidat*

14 komentar

  1. Jiahaha harusnya bu guru mengajarkan perkalian juga pake yel-yel Bu :P
    Mantan praja IPDN di rumahku juga hobi bersih2 Cel :)

    BalasHapus
  2. kegiatan yang menarik ya Bu Guru Kecil..
    Ikutan donk!

    BalasHapus
  3. Hadeuuh penampakkan bu guru kecil dengan seragamnya..
    kiyut deh ..:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku emang kiyut teteeeeeeeeeehhhhhhhh :*

      Hapus
  4. Salut bu guru buat kader-kader lingkungan kecil kita.. boleh usul nih, piye kalau misal sampah-sampah yang masih bisa dimanfaatkan itu dikumpulin aja.. lalu dijual dan hasilnya digunakan untuk sesuatu yang manfaat misalnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sampah itu kebanyakan sampah organik mas..soalnya lingkungan sekolahku deket sama TPA jadi udah ada yg ambil gitu sampah2 plastiknya buat dijual

      Hapus
  5. senangnya melihat anak2 itu semangat ...
    Praja terkesan banget donk ya sama bu guru ... :D

    BalasHapus
  6. kalau inget IPDN ingetnya video kekerasan itu.

    Tapi seru juga kalau udah KKN kali ya.. Apalagi ini KKN-nya ke SD.
    Salam kenal, Bu Guru. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu kan udah kasus dulu...

      sebenarnya praja ipdn itu ramah2 kok

      Hapus
  7. Wahhh ternyata lucu juga ya, tapi masih INGAT IMAGE IPDN yang SEREEEEEEEMMMM lohhh.. maaf

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe..iya image tu masih melekat banget..tapi kata kak stenri pendidikan di kampus ipdn udh gak kayak dulu

      Hapus

Silahkan tinggalkan jejak di blog guru kecil ya. Mohon untuk tidak memberikan LINK HIDUP dalam kolom komentar. Jika memang ada,komen akan di hapus. Terimakasih;)