Edited by Chela. Diberdayakan oleh Blogger.

CineUs: Impian dan Cinta

Tentang CINE US

Judul Buku : CINE US
Penulis : Evi Sri Rejeki
ISBN : 978-602-7816-56-5
Penerbit : teen@noura, Lini Remaja Penerbit Noura Book, PT.Mizan Publik
Penata Aksara : Nurul M Janna
Perancang sampul : Fahmi Ilmiansyah
Penggambar Ilustrasi isi : Annisa Meilasyari
Tanggal Terbit : Cetakan pertama, Agustus 2013
Harga : Rp 48.500
Tebal : 304 halaman



SINOPSIS
Lelatu Namira atau Lena bersama sahabatnya (Dania dan Dion) mendirikan sebuah klub film di sekolahnya. Mereka gencar melakukan promosi untuk mempertunjukan film pendek karya  3 sahabat itu, namun bukanlah dukungan yang mereka dapat.

Selanjutnya diceritakan tentang bagaimana Lena dan temannya berjuang untuk mempertahanakn klub film mereka. Selama satu tahun berdiri mereka berhasil merekut 7 orang sebagai anggota baru klub film. Diceritakan juga perjuangan mereka menaikkan pamor klub film dengan membuat film pendek yang diikutsertakan dalam Festival Film Remaja dan Lena mengikuti dalam kompetisi penulisan skenario.  Dan ada ambisi tertentu yang Lena sembunyikan dari teman-temannya.

Keseruan semakin terlihat dengan munculnya sosok Rizky si cowok misterius. Kedekatan dengan Rizky memberikan getaran tersendiri dalam hati Lena, mungkinkah ini cinta? 
Suasana semakin memanas dengan terpecahnya klub film dikarenakan ketidakcocokan Romi dengan keberadaan Rizky dan Ryan. Dari situlah persaingan untuk sebuah pembuktian dimulai. Lena, Dania, Dion, Rizky dan Ryan tak menyerah untuk tetap menyelesaikan film pendek meskipun berbagai peristiwa menghambat mereka untuk berkarya.

Kedekatan dengan Rizky lama kelamaan semakin membuat Lena kembali merasakan getaran yang selama ini hilang dalam hatinya. Namun kesalahpahaman terjadi ketika ambisi Lena untuk mengalahkan Adit si mantan pacar dalam Festival Film Remaja. Dan terbukti manakala karya mereka (Lena dkk) terpilih sebagai juara 1.

Lalu, Apa ambisi Lena mengikuti FFR? Siapa sebenarnya Rizky? Bagaimana mereka bertahan dalam klub film yang sudah terpecah?  Bagaimana perjuangan Lena dkk untuk menyelesaikan film pendek yang nantinya dilombakan? Bagaimana kisah pahit dan manis persahabatan Lena, Dania, dan Dion?  Dan bagaimana penyelesaian dari kesalahpahaman antara Lena dan Rizky? 

Penasaran? Yuk baca novelnya!!!


KUTIPAN 

"Ini bakalan keren karena dimanapun aku berada, akan selalu ada yang minta tanda tangan plus foto bareng. 
Efek popularitasku akan mendongkrak Klub Film" (hal 24)

"Kemenangan lahir dari proses, dari perjuangan. Sebanyak apapun pengakuan dari orang lain kamu tidak akan pernah bisa memuaskan dirimu sendiri! karena kepuasanmu bukan berasal dari hatimu sendiri." (hal 226)

"Dalam dunia ini ada dua hal yang patut diperjuangkan. Yaitu impian dan cinta" (hal 242)


KELEBIHAN DAN KEKURANGAN
Kelebihan :
  1. Novel CineUs ini dikemas dalam sampul biru dengan desain khas perfilman dan gambar 3 sekawan yang menjadi tokoh dalam cerita. Secara psikologis warna biru menggambarkan kejernihan pikiran dan komunikasi, serta mengilhami untuk mengekspresikan diri. Terbukti dari karakter tiap tokoh yang selalu ingin berekspresi sesuai passionnya.
  2. Beberapa chapter terdapat ilustrasi yang membantu pembaca dalam memahami jalannya cerita dan memvisualisasikan part-part yang disajikan. Membuat cerita menjadi semakin hidup.
  3. Pemilihan gaya bahasa memang tidaklah baku. Gaya bahasa khas anak muda dan bahkan beberapa ada kata-kata asing yang membuat cerita semakin seru dan tidak bosan. 
  4. Part-part jalannya cerita memang sama sekali tidak dapat diduga. Setelah ini bagaimana, habis itu kemana. Disini Teh Evi mampu menggugah rasa penasaran manakala membaca novel ini. Dikemas secara apik melalui beberapa konflik dan penyelesaian. 
  5. Yang menarik disini adalah menokohkan Dion sebagai penderita ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder). Mengingatkan saya dengan salah seorang murid saya, dan disini teh Evi menunjukkan sekalipun ADHD tidak menyurutkan Dion untuk berkarya. 
Kekurangan :
  1. Tidak adanya catatan kaki mengenai web series. Bagi orang awam seperti saya sedikit mengalami kebingungan apa sebenarnya web series itu.
  2. Konflik yang terjadi diantara mereka saat kemenangan Lena dalam Festival Film Remaja sebenarnya seru, namun penyelesaiannya kurang nendang banget bagi saya. Harusnya penyelesaiannya tidak secepat itu dengan adanya pengakuan dari Dania. Namun apapun itu kekurangannya semua tertutupi dengan keseruan skenario cerita Cine Us 

CineUs membawa saya untuk menyadari bahwa sebenarnya berkarya dan menjadi pemenang itu bukanlah suatu hal yang mudah. Semuanya membutuhkan proses yang harus dilalui entah itu prosesnya manis ataupun pahit. Selain itu tulusnya persahabatan tergambar dalam cerita ini, sahabat sejati pasti akan tetap ada sekalipun konflik terjadi diantara mereka.
Lalu apa sebenarnya CineUs itu? Temukan jawabannya di akhir novel ini yah. Pasti seru dan tidak membosankan membacanya.


Artikel ini diikutsertakan dalam 

Smartfren Gadget

37 komentar

  1. Mantap reviewnya
    Semoga berjaya
    Salam sayang selalu dari Surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih pakdhee atas dukungannya

      peluk ciumm darikyuuu

      Hapus
  2. Pokoknya selain ceritanya seru juga banyak informasi yang didapat pemba di sini ya Bu Guru. Tentang istilah film dan web series misalnya, saya terpaksa googling dan cari di youtube. Mungkin ending-nya kurang nendang disengaja. Jangan-jangan penulis dah siapin sekuelnya nih :D Semoga berjaya dalam kontes ini Bu, didaftarin pas injury time hehe.

    Salam dingin dari Bogor :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe...ada beberapa hal yg memang belum saya kenali istilahnya..tapi novelnya tetep oke juga kok

      Hapus
  3. Sukses kompetisinya Mbk. Semoga berjaya.
    Sementara saya hanya mangut-mangut membaca review dari teman-teman semua. Hehee.

    BalasHapus
  4. artikelnya menarik...jadi pengin minjem novelnya...hihi ngirit amat sukanya minjem....
    kunjungan balik mak. semoga menang deh.....

    BalasHapus
  5. saya jadi penasaran sama sinopsisnya, jadi mikir keras ne... bener-bener jadi pengen baca deh ne novel... hhmmmm

    BalasHapus
  6. Membaca reviewnya Cine Ues dari bu guru koq jadi pingin punya novelnya Jeng Evi,.
    Sukses ya bu guru, semoga menang.

    BalasHapus
  7. Ajib revienya euy, pinjem novelnya yaaaa.... hahahhhaaa,... sukses kompetisya...

    BalasHapus
  8. Aku belum beli dan baca buku iniiii
    boleh pinjem gak? :D

    Chielaaaa...sukses ya GAnya.


    BalasHapus
  9. Salam kenal aja dech untuk admindnya...nice shared!

    BalasHapus
  10. Dalam dunia ini ada dua hal yang patut diperjuangkan. Yaitu impian dan cinta
    menarik bgt kutipane...

    BalasHapus
  11. Mantap deh bu Guru, detail euy reviewnya. Duh saingan berat hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe,,,,kayaknya sih,,tapi banyak kok yg lebih bagus

      Hapus
  12. Saya setuju review yang ada kekurangannya seperti ini. Sungguh, menurut saya, ini penting banget bagi penulis buku.

    BalasHapus
  13. Pinjam Novelnya buleeh??? *pinjam beliii... xixixixi

    Sukses ya mba,,, sukses sukses sukses untuk GAnya..

    BalasHapus
  14. Reviewnya keren mbak Chela, menikmati review dari beberapa blog sahabat jadi pengin baca bukunya. Sukses ya mbak, salam kenal, menuju rumah bu guru berbekal GPS om NH.

    BalasHapus
  15. Berkunjung lagi kemari, Mbak.
    Salam hangat dari Jogja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemarin saya habis dari jogja paaak ustad :)

      Hapus
  16. Reviewnya mantab ...
    *ternyata aku udah lama nggak main kesini ya ... :D

    BalasHapus
  17. Terima kasih sudah mengapresiasi novel CineUs. Semoga nanti berkenan mengapresiasi sekuelnya :)

    BalasHapus
  18. Hi, mohon ijin berbagi informasi ya… Yuk ikutan #ZockoUnlocked Blogging Competition berhadiah iPhone 5S atau iPad Mini! Untuk info lengkap silakan kunjungi http://weare.zocko.com ya dan jangan lupa sign up di http://www.zocko.com terlebih dahulu! Kami tunggu ☺

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan jejak di blog guru kecil ya. Mohon untuk tidak memberikan LINK HIDUP dalam kolom komentar. Jika memang ada,komen akan di hapus. Terimakasih;)