Edited by Chela. Diberdayakan oleh Blogger.

Tips Menghadapi Ujian Sekolah

Ayah, Bunda nggak terasa akhir semester ganjil tahun ajaran 2013/2014 sudah tiba. Pasti donk ya Ananda lagi sibuk belajar buat menghadapi tes semester ganjil ini. Takut? grogi? aduh biasa aja donk Ayah Bunda, bu guru juga grogi. Soalnya secara nggak langsung tes semester itu juga penilaian kinerja guru dalam mengajar. Sudah mateng belum materinya diterima Ananda di kelas. Daripada bergelut sama rasa takut maupun gorgi menghadapi ujian sekolah, Bu Guru ada sedikit tips nih yang mungkin bisa Ayah Bunda praktekkan sama Ananda. Tips nya apa sih?



  1. Santai dan Tenang : Bukan berarti menyepelekan, tetapi coba ajarkan Ananda untuk santai dalam menghadapi tes. Tekankan pada Ananda bahwa tes bukanlah semata untuk mencari  nilai bagus, lebih tekankan pada pemahaman Ananda untuk proses menyeselaikan soal-soal tes. 
  2. Belajar  : Belajar memang harus, namun disini jangan forsir Ananda untuk belajar dengan sistem kebut semalam atau wayangan. Sesuaikan porsi belajarnya sesuai dengan kemampuan Ananda. Maksimal 2 jam untuk belajar. Dampingi Ananda untuk membahas soal-soal tes baik itu prediksi jitu tes maupun soal arsip ujian tahun-tahun sebelumnya. 
  3. Persiapkan Alat tulis  : persiapkan alat tulis secara lengkap agar Ananda tidak kebingungan karena tidak membawa alat tulis. Seperti pulpen, pensil, penghapus, bahkan alas untuk lembar jawab.
  4. Istirahat  : Kapasitas belajar dan istirahat harus seimbang loh, Ayah Bunda. Jangan paksa si kecil untuk tidur larut malam kemudian setelah subuh dibangunkan lagi untuk belajar, tetapi beri kesempatan otak dan fisik untuk istirahat. Agar Ananda lebih fres dan otak mampu diajak untuk berfikir secara lancar.
  5. Sarapan  : Biar Ananda lancar mengerjakan tes, khusus untuk para Bunda sediakan sarapan untuk Ananda. Gunanya agar otak mampu bekerja secara maksimal mulai dari kemampuan berfikir ataupun daya ingat. Disamping itu menghindari perut Ananda keroncongan dan berdrumband ria ditengah-tengah konsentrasinya mengerjakan tes. hihihihi. 
  6. Doa  : Ini juga paling penting, sebelum berangkat sekolah ketika selesai sarapan ajak Ananda berdoa. Tujuannya agar diberi kelancaran mengerjakan soal. Bisa dengan doa yang sederhana "Ya Allah, hari ini Udin mau ujian. Semoga lancar ya. Aamiin". Atau doa-doa lainnya pasti Ayah Bunda lebih tahu daripada saya. hihihi
Itu sedikit tips dari saya, semoga Ayah dan Bunda berkenan sharing tips-tips lain untuk persiapan Ananda dalam menghadapi ujian. Oh iya, tekankan kepada Ananda untuk senantiasa percaya pada diri sendiri. Karena apa? namanya anak-anak ada kalanya tengok kanan kiri melihat jawaban temannya karena takut salah.  Selain itu dengan percaya pada kemampuan diri sendiri mengajarkan Ananda untuk jujur. Bukankah jujur sejak kecil jauh lebih baik?

Sedikit dari saya dan semoga bermanfaat.

Salam saya






13 komentar

  1. Iya yaa, ga kerasa akan UAS lagi..
    Hmm, kalau SD, yang namanya kunci jawaban beredar pada siswa mungkin ga ada kali yaa, yang crusial itu yang di SMA. Adanya kunci jawaban itu jadi bikin siswa siswi tidak percaya diri dengan jawabannya sendiri...

    BalasHapus
  2. Siap bu guru! Ananda pasti bisa!

    BalasHapus
  3. Baru tau aku kalo guru juga deg2an kalo anak muridnya ujian, hihiii ^^ ternyata ada penilaian tersendiri untuk sang guru ya Mbak. Sukses :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak..kalau tes gini kan bisa keliatan gmn kinerja guru dalam menyampaikan materi di semester itu.hihii

      Hapus
  4. bagi tips untuk menghadai UN dong :D

    BalasHapus
  5. Bu guruuuuuuu...
    Makasih banyak atas tips nya yaaaah...
    InsyaAllah akan dijalankan kalo Kayla ulangan nantiiiii :)

    BalasHapus
  6. Saya bookmark dalam otak tipsnya ya bu guru. nanti saya praktekkan saat punya anak :p

    BalasHapus
  7. janji ngajak liburan setelah ujian boleh ga ya? ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh2 aja asal jangan keseringan diiming2i hadiah :)

      Hapus

Silahkan tinggalkan jejak di blog guru kecil ya. Mohon untuk tidak memberikan LINK HIDUP dalam kolom komentar. Jika memang ada,komen akan di hapus. Terimakasih;)