Edited by Chela. Diberdayakan oleh Blogger.

Perempuan Dan Internet Untuk Pembelajaran

Guru adalah sebuah amanah yang mengandung pengabdian. Seberapa besar gaji yang di terima memang tak sebanding dengan sebuah kepuasan yang didapat ketika didasari dengan keikhlasan untuk berbagi dan mengabdi. Perempuan memang memiliki naluri untuk menjadi seorang pengajar dan pendidik, ibu contohnya. Sedari dalam perut ibu lah yang membisikan kelembutan dan kasih sayangnya kepada kita. Dan saya mengatakan makhluk ciptaan Tuhan yang paling mulia adalah perempuan.

Internet, bu guru, recorder, dan mereka ^_^
Saya juga perempuan yang kebetulan mengabdi menjadi seorang guru SD di desa. Termasuk dalam kategori desa yang berada di pinggiran kota memang sangat berpengaruh dalam pola pikir masyarakat. Segala pengetahuan memang perlu tenaga lebih dan cara tersendiri untuk dapat disampaikan dengan tepat.  Bahkan pengajar di sekolah saya kebanyakan adalah perempuan dengan kepala sekolah juga diampu oleh perempuan. Menunjukan bahwa wanita mampu berkarya seperti laki-laki bukan?
Guru bagi anak-anak adalah seorang malaikat yang serba tahu dan bisa. Padahal pada dasarnya guru juga manusia biasa yang sering mengalami kesulitan-kesulitan di beberapa hal.  Seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi internet ibarat dewi fortuna bagi kebanyakan guru, khususnya guru-guru muda seperti saya. Terkadang saya sangat terbebani dengan tuntutan pemerintah mengenai pendidikan yang harus ini harus itu, padahal implementasi di lapangan sangatlah jauh berbeda dengan apa yang diberitakan. Bahkan cakupan materi yang ada di dunia pendidikan ini khususnya untuk tingkatan SD memang terbilang cukup luas. Hal ini saya dituntut untuk belajar dan belajar, memperbanyak membaca buku dan juga artikel-artikel di internet. Laptop dan modem menjadi teman yang penuh arti ketika saya mengalami hambatan ide  di pelajaran Seni Budaya dan Ketrampilan. Beberapa kali saya memanfaatkan internet untuk berlatih musik (recorder)  yang nantinya saya ajarkan ke siswa. . Bisa dibilang saya dan internet seperti sebuah simbiosis mutualisme, saya mendapat ilmu lewat internet dan saya juga membagikan pengalaman saya di sekolah dalam blog saya.
Masih banyak hal yang belum saya kuasai dalam menangani masalah anak-anak. Karena memang belum berkeluarga ilmu parrenting saya masih sangatlah kurang. Saya sangat beruntung dengan keberadaan sebuah komunitas yang isinya para wanita hebat dari seluruh pelosok Indonesia saya rasa. Kumpulan Emak Blogger adalah wadah untuk berbagi, bersilaturahmi, bahkan sekolah online bagi saya. Silent readers yang saya lakukan selama ini dengan berkunjung di blog-blog member KEB. Dan wow… banyak hal yang saya peroleh melalu KEB, bukan hanya untuk saya pribadi namun bagi anak-anak didik saya juga.
Melalui internet juga saya belajar mengembangkan apa yang ada dalam diri saya. Menggali potensi dengan mencari inspirasi pembelajaran baik di situs resmi pendidikan sampai streaming youtube. Bahkan internet mulai saya perkenalkan kepada anak didik saya. Tentunya dalam memperkenalkan dan mengajarkan internet ke mereka harus disertai aturan ini itu dan pengawasan ketat. Mereka masih belum bisa memilah info yang sesuai dengan kapasitas mereka. Jadi disini internet sangat membantu saya dalam bekerja dan berbagi ilmu. Sebuah hubungan yang sangat bergantung ya, saya, anak-anak, dan internet. Keindahan berbagi dan menjangkau dunia luar. Banyak manfaat yang insyaallah menjadikan diri saya bermanfaat, tak hanya untuk saya sendiri, tetapi untuk anak-anak dan masyarakat lainnya. Menjadi guru yang melek teknologi? SIAPA TAKUT!! Dan KEB LUAR BIASA!!

Aseli udah follow loh ^__^

70 komentar

  1. Perempuan hebat, join KEB dong ;) kayak kamuuh dan akuuhh hahaha *alay

    BalasHapus
  2. Internet harus dimanfaatkan untuk sebesar-besar menambah ilmu pengetahuan ya Jeng. Bukan hanya sekedar untuk melihat sepatu,pakaian,tas, parfum, aksesoris di online store belaka.
    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya dhe..harus bisa mendapatkanhal2 positif dari internet pokoknya

      Hapus
  3. Kereen deh Bu Guru kecilku...
    Tetep mengabdi untuk pendidikan ya..

    Sukses Nduuk !!

    BalasHapus
  4. Bu guru kecil keren. Inspiratif banget, Sukses, Maaaak. ^^

    BalasHapus
  5. adududud....dirimu memang keren bangeeetttt,kece,keren,inspiratif bangett^^

    BalasHapus
  6. dan postinganmu kali ini benar2 membuatku jatuh hati...huhuhuuuuuuuuuuu.......*peluuuuuuuk

    BalasHapus
  7. Buguru cantik keren banget sihhh aku padamuh deh

    BalasHapus
  8. bu guru kecilku ini memang hebat sekali. (y)

    BalasHapus
  9. bu guru yo mesti harus bisa internet, jangan kalah sama muridnya hehehe

    BalasHapus
  10. Bravo, Bu Guru... Tetap semangat mengajar, mendidik, & menulis.... Salam kenal :). Eh, barusan saya bikin postingan tentang guru juga, hehe

    BalasHapus
  11. bu guruku cantik dan kereeen sekali...bravooo maak..sukses di SB2014 yaaa....never give up your dreams dan semangaaat...toss buat murid-murid kecilmuuu...mmuuuaaah

    BalasHapus
  12. buguru emang is the best lah... ailopyu pullllllll tenan nek iki....
    :'))
    tetap berkarya ya bu guru...
    mari warnai dunia
    hahahaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih cincyaaaaaaaaaaaaaaahhhhhhhhhhh

      Hapus
  13. Keindahan berbagi dan menjangkau dunia luar.memang menjadi guru sangat butuh "guru' internet ya biar makin okee

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya..sangat membantu sekali internet itu

      Hapus
  14. Terus belajar, Mak :D Pasti bisa...

    BalasHapus
  15. Celaaa, kamu keren dan hebat. Luar biasa sekali tulisanmu ini Cel.
    Sangat mewakili bidang yang kau tekuni. Semoga sukses ya Cel. Oh ya, ajari aku main suling ya :)

    BalasHapus
  16. Saya selalu salut dengan guru yang melek internet, apalagi ngeblog. Waaah kagum benar saya. Semoga berkah ya dan berhasil menjadikan murid2nya sbg orang2 yang berhasil.. sukses :)

    BalasHapus
  17. Serius belajar main recorder dari internet? Wow! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener sekali..belajr dari internet...ditambah bekal dl waktu sekolah

      Hapus
  18. bener deh mak, simbiosis mutualisme banget Mak Gur :) Hehehe. Slm utk siswa siswinya

    BalasHapus
  19. Semangat buat Bu Guru Kecil... semoga pendidik2 muda dapat memberikan "angin segar" dalam dunia pendidikan, yang membuat pembaruan yang menggabungkan teknologi dalam pendidikan sehingga Kegiatan Belajar Mengajar jadi lebih menyenangkan bagi anak2.
    Sukses utkmu Mak :)

    BalasHapus
  20. gurunya cantik pasti idola disekolah ^^
    aihhh aku kepengen jadi guru juga sebenarnya :") *kemudian curhat :D
    sukses y amak ^^

    BalasHapus
  21. kecil mungil nyenegin...blogger plus guru yg dikagumi nihh

    BalasHapus
  22. Maju terus Cheila ...

    Terus berbagi ... terus menginspirasi ...
    dengan cara yang sederhana ... santun ... smart ... eiylekhan dan ... Kenes

    Salam saya Cheil

    BalasHapus
  23. Ibu guru keren!
    Semoga sukses yaa....siapa takut ^_^

    BalasHapus
  24. KEB LUAR BIASA, saya setuju dengan pernyataan Mak Cheila ini, Sukses selalu buatmu !

    BalasHapus
  25. Ibu Guruuu, ajarin aku nyanyi juga doong, tapi pake lagunya One Direction yah. :D :D

    BalasHapus
  26. Guru sekarang memang wajib melek internet he he, nggak boleh kalah canggih sama muridnya karena merekapun mainannya sudah internet he he. Salam kenal Mak

    BalasHapus
  27. Penggunaan Internet skr2 buat guru diwajibkan buat pemebelajaran, maknya guru wajib melek internet, hihihi>>Bu GUru Kecil kereeeeeen..patut dicontoh

    BalasHapus
  28. aku kagum sama guru-guru seperti mak Chela ^^ yang semangat belajar demi memberikan manfaat lebih bagi murid2nya.. semangat ya mak..

    BalasHapus
  29. Kita banyak belajar dari internet dan Emak2 Super di Group KEB ya, Mba.
    Yukkk, dampingi anak2 dalam berselancar internet. :)

    Semoga lolos tahap berikutnya ya, Mba.

    BalasHapus
  30. Bu Guruuuu, ngga nyangka tulisan ini dibuat saat galau .. hihihi
    Semangat bu guru cantik, andai aja guru Fauzan seperti dirimu :)

    BalasHapus
  31. ea bu guru ea... keep fight

    BalasHapus
  32. kadang murid2 lebih percaya guru loh dibanding orang tua. Pokoknya guru selalu nomor satu deh dimata muridnya :) Contohnya Pascal rambutnya diminta di cukur langsung nurut .

    BalasHapus
  33. Bu Guru kecil pasti disenangi murid2nya di sekolah. Cantik dan melek internet.
    Good luck ya

    BalasHapus
  34. Bu guluu aku mau pipis..hehe

    semangat ya bu guru, asli aku kagum sama dirimu, pas ketemu di Jogja waktu itu aku pikir dirimu masih kuliah (baru masuk kuliah) tampilannya kece bgt, taunya seorang guru yg gaul dan eksis, semoga murid2nya ikutan pinter dan cerdas kayak bu gurunya ya :)

    BalasHapus
  35. Kunjungan MakJur.
    Good luck ya, Mak :)

    BalasHapus
  36. Pertama kali ketemu Cheila, enggak nyangka kalau seorang guru. Keren. Cheil. DItangan kamu banyak generasi muda akan tercipta ^^b

    BalasHapus
  37. kerenn buuu guruu...
    suka banget sama ini:Seberapa besar gaji yang di terima memang tak sebanding dengan sebuah kepuasan yang didapat ketika didasari dengan keikhlasan untuk berbagi dan mengabdi...

    yup jawabannya adalah karena ada kepuasan tersendiri :')

    BalasHapus
  38. Halo Mak, MakJur visit nih, good luck yaaa. :)

    BalasHapus
  39. Lah, coba dulu jaman aku sekolah SD sudah punya guru melek teknologi sepertimu ya nok hihihiiii...
    Benar sekali, simbiosis mutualisme antara kita dan internet memang harus dicari. Jangan sampai kita menjadi 'budak' si internet itu, kita lah yang harus menguasai dan memanfaatkannya dengan bijak.
    Sukses untuk Srikandi Blogger-nya ya Chela, go go gooooo....

    BalasHapus
  40. Goodluck buat guru kecil :)
    Guru memang harus melek teknologi informasi.

    BalasHapus
  41. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  42. Kunjungan Makjur yang paling terakhir. Good luck bu guru cantik :-*

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo makjur.. makasih udah berkunjung :D

      Hapus
  43. Dear Cheila. Saya selalu salut dengan profesi guru. Ibu saya juga guru. Dedikasinya jangan ditanya deh. sangat luar biasa. Saya percaya da saya setuju yang mengatakan guru adalah malaikat serba tahu bagi murid-muridnya. Dan internet sangat membantu dalam mengembangkan pengetahuan dan ketrampian, apapun bidangnya. Dalam artikel saya, sya juga katakan internet dan perempuan adalah sinergi dua kekuatan. Semoga amal muliamu selalu diberkati Tuhan.

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan jejak di blog guru kecil ya. Mohon untuk tidak memberikan LINK HIDUP dalam kolom komentar. Jika memang ada,komen akan di hapus. Terimakasih;)