Edited by Chela. Diberdayakan oleh Blogger.

Latihan Yuk! di Aplikasi Anak Cerdas


Dunia anak adalah dunia bermain dan belajar. Apalagi sekarang kemajuan IT memanjakan anak-anak dengan gadget keren macam tablet. Bukan hal yang aneh ketika anak jaman sekarang begitu lihai memainkan jemarinya dilayar tablet. Bisa dikatakan mereka asyik bermain game, bahkan tak jarang kalau anak sudah nyantol dengan tablet pastilah gak mau jauh-jauh. Efeknya sih mungkin anak akan malas membuka buku untuk belajar. Karena lebih asyik pakai ipad tentunya.  Ya gak?

Bicara soal menurunnya minat anak membuka buku dengan memanfaatkan tablet, saya rasa perlu ada terobosan baru dimana anak bisa belajar secara asyik dengan tablet. Seperti yang satu ini, Aplikasi Anak Cerdas(ACER) merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Acer Indonesia dimana aplikasi ini sangat sayang dan peduli kepada anak dan dunianya.  Melalui aplikasi ini anak dapat belajar, bermain bahkan berkompetisi. Jadi cocok pakai banget jika Ayah Bunda download aplikasi ini untuk si adek. Bagi yang belum download cekidot yak di playstore. Dijamin free!

Lalu apa kaitannya antara malas buka buku, asyik dengan gadget, sampai ke Aplikasi Anak Cerdas?

Jadi begini banyak fitur yang disajikan dalam aplikasi ini. Salah satunya adalah menu aktifitas Latihan Yuk! Di dalam menu ini, disajikan berbagai macam soal baik dari tingkatan kelas 1 – 6.  Tentunya sebelum menuju ke menu latihan soal, Ayah Bunda harus bantuin si adek bikin akun profilnya. Isikan dulu nama, tanggal lahir, kelas, sekolah, kota, dan pilih warna kesukaan si adek. Kalau sudah yuk cuz kita belajar. Mata pelajaran yang disajikan dalam menu latihan antara lain adalah Matematika, Sains, Bahasa Inggris, dan Bahasa Indonesia. Ketika  memilih salah satu mata pelajaran akan disajikan 4 Bab dimana dalam setiap Bab harus melewati 3-4 level. Jika ingin melangkah ke level berikutnya harus mencapai nilai minimal 16. Coba bayangin, gimana serunya si adek ketika Ayah Bunda nemenin adek belajar sambil bermain dengan Aplikasi Anak Cerdas?

pilih menunya

mana profilmu? hehehe
pilih mapel kesukaanmu ^_^

Mengenai bobot soalnya gimana?

Tenang…
kutipan soal

Setelah saya pelajari, bobot soal sudah sesuai dengan acuan standar isi yang ditetapkan Dinas Pendidikan.  Jadi jangan kawatir kalau kadar materi soal itu terlalu melenceng jauh dari pemikiran anak. Dalam tiap butir soal tentu memiliki tingkat kesulitan yang beragam, dari mudah, cukup mudah, dan sulit. Saya contohkan soal matematika kelas 1, disajikan materi tentang membilang suatu bilangan, menyebutkan lambang bilangan,  membilang gambar yang terdapat dalam soal, penjumlahan, pengurangan, soal cerita yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, sampai soal menjodohkan gambar. Jika membandingkan dengan buku cetak, butir soal seperti itu memang ada meskipun kapasitas butir soalnya sedikit berbeda jumlahnya. Jadi jangan ragu lagi untuk belajar di Aplikasi Anak Cerdas

Sama halnya dengan mata pelajaran Matematika, untuk mata pelajaran sains, bahasa Inggris dan Bahasa indonesia disajikan dalam butir soal yang bervariatif di setiap level dan Bab. Tipe soal ditiap level pun juga berbeda beda. Hal ini bisa mengusir kejenuhan anak jika soal yang disajikan itu-itu saja. Bahkan setiap level bobot soal saya rasa semakin meningkat segi kesulitannya. Tak hanya itu, pengkaitan antara butir soal dengan permasalahan sehari-hari juga sangat menonjol disini, dimana dengan penyajian model butir soal seperti itu dapat memberikan pemahaman anak secara nyata tentang apa yang sudah dipelajari. Menuntut anak belajar berfikir kritis juga diselipkan melalui soal-soal cerita. Paket komplit bukan? Selain anak sedang asik bermain bisa juga kan mengasah otak dengan menjawab latihan-latihan soal yang sangat menantang. Ayuk ah Ayah Bunda… ajak si adek buat menjawab tantangan ditiap soal. Pasti jadi semakin pintar.

Ada sedikit tambahan dari sudut pandang saya. Ya maklum saya guru jadi maunya ya total. Hahaha. Menurut saya perlu adanya penambahan mata pelajaran. Setidaknya 5 mata pelajaran wajib di tingkat sekolah dasar disajikan dalam menu latihan soal. Dengan maksud, anak dapat memantapkan pemahaman materi disekolah mengenai mapel PKn dan IPS dengan belajar dari Aplikasi Anak Cerdas. Saya yakin, mapel PKn dan IPS adalah salah dua dari mapel yang menjenuhkan, cenderung hafalan dan bikin ngantuk. Kalau ikut disajikan dalam menu latihan yuk, pasti deh bukannya ngantuk atau jenuh tapi bisa nagih buat belajar.

Sebagai guru saya tentu senang dengan adanya Aplikasi Anak Cerdas. Berkurang kekhawatiran saya dimana anak akan enggan untuk belajar setelah asyik dengan gadget, maka dari itu aplikasi ini cocok dan sangat recommended buat di instal di gadget android. Anak bisa bermain, belajar, latihan soal, berkompetisi dengan mengumpulkan nilai terbanyak di tiap mapelnya, bahkan efek paling bagus adalah bisa dapet nilai bagus di sekolah. Jadi jangan ragu lagi ya, yuk download aplikasi ACER sekarang juga. Nilaiku bagus orang tuaku senang!! Yay!!!


Postingan blog ini diikutsertakan dalam lomba blog aplikasi Anak Cerdas kerja sama Kumpulan Emak Blogger dan Acer Indonesia








10 komentar

  1. cucok untuk murid2mu ya cel

    BalasHapus
  2. waaa,,bagus banget postingannya,,jelas deh,,anak cerdas caranya seperti ini toh :) makasih bu guru :)

    BalasHapus
  3. banyak latihan bisa menambah ilmu utk anak2 ya...

    BalasHapus
  4. aplikasi untuk anak koq perintahnya "jodohkanlah" to bu?

    #kabuuuuuurrrr

    BalasHapus
    Balasan
    1. mosok "gathukkan" mas? halah..halaahhhh

      Hapus
  5. wah ada bu guru hehe.. moga sukses ya bu lombanya.. aplikasi ini emang sangat bermanfaat buat pendidikan anak anak

    BalasHapus
  6. waaah... masukan dari bu guru nih.. berarti harus diperhatikan. makasih masukannya ya bu guru.

    BalasHapus
  7. nah ini ada pakarnya ya buat soal2 pelajaran SD nya :)

    BalasHapus
  8. semoga makin banyak software developer yg peduli akan pendidikan membuat aplikasi permainan yg mencerdaskan anak, nice info

    BalasHapus
  9. Bu guruuu..itu soalnya aja ada yang menjodohkan gambar berpasangan...bu guru kapan.? *kaborr

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan jejak di blog guru kecil ya. Mohon untuk tidak memberikan LINK HIDUP dalam kolom komentar. Jika memang ada,komen akan di hapus. Terimakasih;)