5 November 2014

Pemanfaatan Teknologi Untuk Pembelajaran

laptopnya beramai-ramai 
Menciptakan pembelajaran yang aktif, kreatif, menyenangkan serta memanfaatkan teknologi informasi rasa-rasanya sudah dicanangkan sejak pemerintah menetapkan kurikulum berbasis kompetensi. Dunia semakin maju diiringi dengan adanya globalisasi yang mana menuntut guru untuk mencetak generasi bangsa yang tak hanya pintar namun juga terampil. Fenomena yang ada disekitar ini adalah segala macam informasi dapat diakses dengan mudah semenjak internet snagat familiar dengan kita. Begitu juga dengan guru, mengembangkan pembelajaran yang inovatif sangatlah perlu untuk bekal mereka dan penunjang dalam kegiatan pembelajaran terutama bagi yang berada di sekolah dasar.

Saya sangat bersyukur  ketika sekolah mendapatkan bantuan dari pemerintah berupa laptop, printer, dan LCD. Itu artinya apa yang diharapkan pemerintah untuk guru mampu berinovasi dalam pembelajaran sedikit terbantu. Ya, sekolah saya di desa dengan kategori menengah Mereka bisa bersekolah saja sudah luar biasa, untuk fasilitas sekolah memang kami berada dalam kategori cukup. Masih ada sinyal internet untuk mengakses materi-materi yang dirasa susah dan tidak ada dalam buku cetak.
penjelasan tentang lahirnya pancasila
Pembelajaran tidak melulu ceramah maupun mencatat. Dengan memanfaatkan bantuan dari pemerintah ini, pernah saya menggunakan untuk menampilkan materi dalam bentuk yang sederhana, Power point. Dengan tampilan slide yang sederhana tanpa banyak tulisan, menyajikan materi dalam gambar serta diberi animasi yang menggugah antusiasme mereka, pembelajaran terasa sangat menyenangkan. Bahkan disini pelan-pelan saya mempersilahkan mereka untuk ikut mencicipi dalam menggunakan laptop. Tentu masih dalam pengawasan saya dan merekapun senang.
asyik menikmati layar tancap
Tak hanya menyajikan dalam bentuk power point, menyajikan materi dengan bantuan youtube saya rasa cukup berhasil membuat mereka semakin paham dengan pembelajaran IPS. Kami masih dalam kategori penyesuaian dengan Kurikulum 2013, yang mana menurut pemahaman saya siswa dituntut aktif untuk mencari informasi. Namun karena sebagian diantara mereka belum paham apa itu internet dan minimnya sumber belajar, sekali lagi guru harus turun tangan. Film pendek yang menyajikan materi Perjalanan bangsa Indonesia menjadi pilihan saya ketika jari saya berselancar lewat situs youtube. Bagi mereka belajar dengan memanfaatkan LCD adalah seperti menyaksikan layar tancep, dengan durasi film cukup sekitar  tujuh menit ternyata membantu mereka dalam memahami materi. Meskipun mereka meminta untuk mengulang film pendek itu selama kurang lebih tiga kali.
  
Ternyata teknologi informasi memiliki efek yang luar biasa, mereka ketagihan untuk belajar dengan bantuan laptop dan layar tancep. Komentar mereka belajarnya jadi tidak ngantuk dan bosen. Itu artinya mereka suka meski belum didukung fasilitas yang memadai untuk sebuah laboraturium computer, di kelas mereka juga bisa menggunakan pembelajaran yang sedikit modern. Tak hanya penyajian di kelas saja, dalam mempersiapkan materi ajar berupa pengembangan saya sengaja membuatkan sebuah ringkasan materi dengan bersumber dari artikel-artikel di internet. Istilah mudahnya adalah handout. Selain itu,karena ini kurikulum 2013 dengan model penilaian yang cukup rumit per tema dan permuatan mata pelajarannya, Microsoft excel membantu saya dalam penghitungan nilai tengah semester mereka yang sampai saat ini masih dalam proses pemisahan muatan mapel dari tiap temanya.
pembuatan handout untuk bahan belajar dirumah 
Nah, dari sini memang sekalipun saya mengajar di desa bukan suatu halangan bagi saya dan anak-anak saya untuk mengedepankan inovasi belajar. Berkenalan dengan laptop, LCD, internet dan sebagainya ternyata asyik bagi mereka. Bahkan sedikit demi sedikit saya memberikan pekerjaan rumah yang mudah serta melibatkan peranan orangtua dan internet. Karena saya percaya hp mereka (orang tua) mungkin sudah dilengkapi fasilitas internet.


Dengan adanya pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran semuanya serba mudah dan modern, selain itu pemerintah juga tidak rugi jika bantuan perangkat elektronik yang menunjang pembelajaran ini digunakan dengan baik. Sekalipun harus ribet dalam mempersiapkan materi, namun jika anak suka bagi saya oke saja. Karena sekali lagi memberikan pembelajaran yang menyenangkan dan kreatif akan selalu mereka ingat dengan mudah bahkan meningkatkan motivasi belajar mereka.


Disini  saya juga ingin menyelipkan beberapa usulan saya kepada berbagai pihak. Seperti yang kita tahu guru dituntut untuk bisa IT, maka dari itu pemerintah melalui dinas terkait dalam hal ini dinas pendidikan untuk mengadakan pelatihan guru dalam pemanfaatan teknologi. Tak hanya pelatihan, perlu adanya pemenuhan fasilitas yang mendukung IT di sekolah seperti lab computer. Disini selain dari dinas pihak orang tua juga perlu berkomunikasi dengan para orang tua demi kemajuan pendidikan di jenjang sekolah masing-masing. Dan yang paling utama adalah niat dari setiap guru, mau apa tidak untuk selalu mengasah diri dengan inovasi-inovasi pembelajaran berbasis IT. Jika niat sudah ada, fasilitas mendukung dan ditambah dengan adanya pelatihan guru saya percaya kinerja guru dalam menciptakan pembelajaran di kelas akan semakin beragam dan tentu mengasyikan. Jadi, belajar menggunakan teknologi dengan anak-anak yuk.  

Semoga bermanfaat
salam saya




Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba
"Guru Blogger Inspiratif 2014"

28 komentar:

  1. aku suka liat foto2mu kalo lagi ngajar ^^ melek IT banget ngajarnya..
    pas belajar diluar juga suka kalo lagi diskusi gitu fotonya
    hebat bu guru!

    BalasHapus
    Balasan
    1. akupun masih belajar mak gimana bisa ngajar enak dan menyenangkan bagi mereka ^_^

      Hapus
  2. wah,,,keren ya,,,ibu guru mengajar pake lcd udah,,,di tempat ibuku masih belum ada begituan bu guru,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah mak...di sekolah udah ada bantuan LCD 2 unit, sama laptop 2 unit :)

      Hapus
  3. sukses ya bu, keren ibu bisa memanfaatkan teknologi dalam mengajar ibu..

    BalasHapus
  4. Muridku juga seneeeeng bgt mbak misal aku mengeluarkan netbook. Apalagi kalau sampai belajarnya pake netbook. Girangggg puol.
    Sukses mbak buat lombanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. notebook bagi mereka hal yang baru ya dek..semangat aja yuk.....

      Hapus
  5. waah, coba di sekolah anakku ada guru yg kayak dirimu maaak... :')
    anakku pasti langsung semangat belajar, soalnya dia computer freak...liat laptop dikit langsung melek, kepikiran mau maen game kayanya.. -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama keleus mak...merekapun bilang klo pgn main game.tapi aku larang :D

      Hapus
  6. Banyak cara membimbing anak-anak menjadi kreatif, Bu Guru, apalagi dengan tambahan guru yang melek IT. Ayo, terus semangat! :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sedang belajar untuk jadi guru yang melek IT nih....

      Hapus
  7. Semoga semakin banyak sekolah yang memiliki fasilitas seperti LCD, laptop dll ya. Terutama sekolah di pelosok, biar nggak ketinggalan terus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. dan tujuan menciptakan pendidikan yang mumpuni pun juga bisa segera terlaksana dengan fasilitas yang memadai

      Hapus
  8. Menjadi guru yang kreatif dan serba bisa penuh dengan ide2 luarbuasalah yg mnjadikan generasi emas bgs indonesia. Sukses utk blogny mak Gurcil.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin,....semoga bisa jadi guru yang kreatif

      Hapus
  9. waktu ku kecil hidupku belum kenal leptop mbak sedih T.T heheh sungguh bahagia sekalia dek" itu semoga manfaat dan berkah dan kudu dalam pengawasan trs mbak...takutnya kena yg ilegal hadeehh ampun deh smga generasi mendatang dan pak mentri yg baru dapat membrangus situs" yg meracuni anak muda dng hal-hal yg tidak baik....

    BalasHapus
    Balasan
    1. makanya kita belajar internet sehat ya kiii

      Hapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  11. Pembelajaran menarik tentunya pasti akan menarik minat siswa ya kan bu...

    BalasHapus
  12. Waaah...udah memanfaatkan youtube juga ya, Mbak. Keren banget yakin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. dimulai dari yang ringan2 dulu dah main youtubenya. lihat video2 klip lagu anak2 gitu...tapi tetep bu guru yg handle.kalau gak bahaya

      Hapus
  13. hai, bu guru kecil
    anak-anak selalu senang dengan hal-hal baru dan dinamis, menyenangkan dan menggairahkan. Dik Chela pasti jadi guru favoritnya anak-anak. Semoga sukses, yaaa

    BalasHapus
  14. jiyaah bu guru kecil gi beraksi..
    semangaad..

    Pengen ikotan nonton layar tancap donk

    BalasHapus
  15. bu guruu semangaaat ,, keren ya ngajarnya udh melek IT ..

    BalasHapus
  16. Guru memang patut memanfaatkan teknologi di masa sekarang ini. Apalagi dengan semakin banyaknya materi pembelajaran, sementara jam yang tersedia tidak mencukupi. Dengan teknologi, kita bisa membuat waktu pembelajaran menjadi semaki efisien, dan tentunya pembelajaran menjadi semakin menarik.. :)

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan jejak di blog guru kecil ya. Mohon untuk tidak memberikan LINK HIDUP dalam kolom komentar. Jika memang ada,komen akan di hapus. Terimakasih;)