Edited by Chela. Diberdayakan oleh Blogger.

Emotional Bonding Papa dan Intan


Libur sekolah selama dua minggu ini bikin bahagia banget. Sekalipun kami menghabiskan waktu lebih banyak dirumah dan hanya sesekali buat jalan-jalan, rasanya memang menghabiskan waktu buat sama anak itu satu hal yang sangat seru. Seperti halnya orang tua baru, kamipun mengisi liburan untuk ngasuh Intan secara gantian. Terutama buat papa kalau hari kerja dia sibuk, makanya berbagai cara saya lakuin biar Intan lebih banyak sama papanya. Biar ada emotional bonding gitu lah. 

6 Cerita Liburan Ala Anak-Anak

kiddos
Liburan itu waktu terbebas buat anak sekolah. Bebas dalam artian terlepas dari tanggung jawab PR dan tugas. Jadi kalau dulu ngerasaain liburan sekolah isinya ya banyak main sama temen-temen. Dan dulu kalau liburan itu dibikin lebih heboh dan lebih seru dari biasanya. Umunya kalau habis liburan itu kan disuruh bikin karangan sama bu guru. Nyeritain serunya liburan sekolah trus dibaca di depan kelas. 

Kok Bu Guru Dandan?


Arinta, Galih, Bu Guru
Punya murid yang pemberani dan kritis itu bikin saya seneng seneng sedep. Senengnya sih pembelajaran gak kayak lagi ngomong sama tembok. Selalu ada tektok yang bikin suasana kelas kadang rame dengan debat-debat kecil atau bahkan rame dengan sorak sorai yang aduhai. Meskipun kelas saya yang sekarang bisa dibilang pasif makanya Galih cs yang sekarang kelas enam suka bikin bu guru kangen. 

Membangun Potensi Wisata Grobogan

Selama ini kalau ngomongin soal Purwodadi Grobogan itu yang paling terkenal adalah kondisi jalan yang rusak. Padahal udah diperbaiki loh sekarang, jadi gak ada alasan lagi kalau ke Purwodadi itu aras-arasen. Trus kalau ngomongin Purwodadi itu paling taunya ya Kedung Ombo, Bledug Kuwu, Api Abadi Mrapen, sama Jati Pohon. Gak ada yang lain buk? Bosen ah!

Permainan dari Pecahan Genting

Beruntungnya ngajar anak desa itu adalah saya bisa melihat kebahagiaan mereka yang natural. Bermain di luar ruangan, berteman dengan matahari, kejar-kejaran habis itu aroma keringat yang khas memenuhi ruangan kelas, bahkan teriakan-teriakan heboh yang bikin gempar. Rasanya kehidupan mereka yang paling susah itu adalah hafalan perkalian. Bahkan dengan lancarnya mereka bercerita serunya main di lumpur, mandi di sungai yang airnya dipakai buat irigasi sawah, bahkan berlari mengejar ular yang kebetulan lewat di halaman sekolah mereka aja berani.

Mengatasi Gigitan Semut Pada Bibir

Kecil, item, sukanya datang tanpa diundang dan ngeselin. Semut!!! Heran aja dirumah banyak banget semut, udah gitu suka ngerubungin makanan di meja makan. Kadang saya sendiri bingung apa yang salah dengan kebersihan krang udh dibersihin tiap hari tapi tetep aja semutnya dateng. Mending kalau satu lha ini sekampung kali semutnya. Udah gitu bikin barisan panjang di dinding yang bikin aku curiga aja semut ini bakal berulah apa lagi. 

Perlunya Ruang Laktasi

Intan itu gimana ya, haruskah saya bilang dia pintar atau memang bandel. Saya baper sih soalnya dia memang susah banget buat ngedot. Maunya langsung dari sumbernya, dipikir ada manis-manisnya gitu apa gimana. Tapi disatu sisi saya susah, bikin gak tenang kalau saya tinggal dalam waktu yang cukup lama. Kecuali kalau kerja dia mau ngedot itupun harus sama mbah koko nya.

Ketika Permisi Cuma Basa Basi

Jadi ceritanya siang tadi nemenin mbak Fida sama dik Keisha buat ikutan festival putra dan putri batik Grobogan. Remponglah secara saya sama mbak dan mas ipar, si papa gak ikutan karena ada acara sendiri. Jadilah minggu ini kita pisahan acaranya. Daripada manyun dirumah mending ikutan aja, dan rasanya capek warbyasak.

Bersamamu Di Satu Tahun Ini


Sayang, 
sepertinya baru kemarin aku duduk disampingmu dan mendengarkan kamu mengucapkan ikrar ijabmu. rasanya baru kemarin menikmati aroma manten baru yang bikin kita sama-sama rajinnya, tapi setelah itu kok muncul malesnya salah satunya males bikinin kamu teh tiap pagi. Kayak baru kemarin aja aku nunjukin hasil testpack positif dan aku terus nangis bombay tapi kamu malah bahagia sambil peluk ciumin aku. bahkan sembilan bulan itu bukan waktu yang lama untukmu menghadapi istri ngidam, teler kalau menjelang magrib, bahkan muntah-muntah di tengah malam. Rengekan minta ini itu dengan alasan bayinya yang pengen pun juga kamu jabanin. duh...lelakiku, kamu ini malaikat tanpa sayap deh. 
belum lagi kita harus menenkan pengeluaran demi berobat ke dokter tiap bulan. gayanya aku yang dikit-dikit minta ke dokter buat lihat perkembangan calon anak kita. udah gitu harus rela gak tidur karena kondisi darurat yang mengharuskan aku nginep di rumah sakit malam itu. dan besoknya putri kecil cantik itu lahir di dunia, sekalipun lahir dengan cara operasi saya masih tetap ibunya kan pah? kalaupun habis lahirin aku jadi gak sesexi dan sesemok Syahrini kamu masih cinta kan, pah? hahaha...
setahun ini, 19 september 2015. terimakasih sudah menjadi sigaraning nyowoku. Maaf untuk sikap, perkataanku yang rasanya sangat kurang pantas dalam menghadapimu.  terimakasih ya pah, semoga keluarga kita bahagia selamanya dan PR kita kedepan masih banyak. 
i love you...

Cerita Akhir Semester Satu

Akhirnya!!!! Liburan  udah di depan mata. Kesibukan akhir semester udah saya lewati. Mulai dari persiapan anak-anak buat  ujian akhir semester, ngawasi ujian, koreksi, remidial, dan rekap nilai. Gak sampai situ aja sih musti nulis rapor dengan angka-angka yang udah selesai direkap selama tiga hari kemaren. Warbyasak lah lembur karen memang buat ngerjain nilai juga butuh konsentrasi penuh. Ciye...

Jujur Itu Mahal

Bener sih kalau ada istilah jujur itu mahal. Soalnya saya sendiri mengalami dimana saya kecolongan dengan murid saya. Jadi ceritanya mid semester kemarin saya masih cuti, anak-anak dalam pengawasan guru lain. Begitu masuk kerja saya mendapat laporan kalau si anak A pas mid semester dapat kunci jawaban. Karena saya sama sekali belum tahu kronologinya cukup saya menampung laporan dari guru tersebut. 

Cara Mengatasi Mata Bintitan

bintitan
Saya suka geli aja kalau ada murid yang matanya timbilen alias bintitan. Gak jarang anak yang matanya bintitan itu jadi objek bullyan temennya. Mitos jawanya sih kalau bintitan itu penyebabnya karena suka ngintip. Tapi ada juga yang bilang kalau sering bohong makanya bintitan. Sayapun pernah pas SMA dan lumayan lama banget ini mata bintitan hampir  satu bulanan. Malu juga jadi sasaran bullyan temen sekelas. Mau disamarin juga susah orang mata bengkak melebihi habis nangis. Eh gak taunya si papa itu langganan bintitan.  Hahaha… kebanyakan bohong atau ngintip Nikita Willy sih pah?

Melakoni Peran Jadi Seorang Ibu

Saya gak pernah bayangin waktu akan cepat sekali merubah saya dan kehidupan saya. Rasanya baru kemarin duduk didepan penghulu dan dengerin si papa ngucapin ikrar ijab. Kayak baru kemarin juga lagi enak-enaknya menikmati suasana manten baru eh sebulan kemudian hamil. Trus juga kayaknya kemarin masih dengan perut buncit dan pakaian ukuran gedhe biar perut gak sesak, dan suasana ruang operasi yang gak tau gimana perut diubeg-ubeg bu dokter buat ngeluarin si Intan. Masih dalam posisi sungsang  dan kayaknya cuma butuh waktu 15 menit setelah di anestesi kamu udah nangis kenceng banget. Saat itulah dunia menyaksikan saya menjadi seorang ibu. Lebay gak sih?

Tips Belanja Ala Papa

Sekarang belanja bulanan itu semakin bertambah. Dulu sih sekedar buat beli bedak sama lipstik aja, beli sabun cuci atau sabun mandi sih masih urusan bapak. Tapi sejak menikah dan punya anak, keranjang belanjaan itu keliatannya kok penuh. Yang paling mencolok sih sekarang ada diapers dan minyak telon. Hahaha... karena semakin bertambah itulah makanya harus benar-benar irit.

Sawanan

sawanan
Sebagai new mom dengan notabene orang jawa tu ada aja hal-hal yang menurut saya aneh. Masa iya bayi rewel karena sawanan, masa iya taneman bisa menangkal sawan. Bahkan sampai sekarang istilah sawan atau sawanan aja saya masih belum ngeh. Nah disaat saya berusaha menjadi seorang ibu yang cuek soal begituan, nyatanya pernah suatu saat Intan rewel tanpa diketahui penyebabnya.

Ketika Ditegur Atasan

Sebagai guru honorer itu ternyata gak boleh sak karepe dhewe. Keren lho guru honorer itu punya tanggung jawab setara guru PNS. Bedanya sih ya di status dan nominal yang didapat tiap bulan *oke skip saya gak mau bahas honor*. Bahkan gak jarang sih ya namanya guru honorer itu justru punya kerjaan yang lebih. Disambi jadi operator sekolah lah, operator aset lah, bikin laporan bulanan lah and etc. Kadang suka bikin sumpek.

Bu Guruku Sudah Lulus

foto dari FB bu Ir
Kalau hujan gini suka bikin kenangan melayang-layang diotak yah. Apalah saya ini seorang emak melankolis yang demen banget buat mengingat-ingat kenangan. Tapi kalau mantan sih mending gak usah diinget kali ya, bikin KZL. Hahaha…. Gegara glenikan sama bapak sambil menikmati hujan yang cukup deras sore tadi, obrolan seru itu ngajakin buat kembali ke masa sekolah SD yang saya itu terkenal gembengnya. Duh…

Beko

embul

Kali ini saya hadir dengan cerita dari si embul ginuk-ginuk Intan. Dua hari kemarin saya drop dan masuk angin, saya pikir ini hal yang wajar mengingat saya kurang istirahat dan tidur. Curiga sebenarnya dimana saat masuk angin itu saya lihat Intan nenenya gak sesegar dan sebanyak biasanya. Udah gitu dia keringetan banyak dan dingin bahkan sempat agak anget-anget badannya. Saya pikir itu hal wajar karena siang itu udara juga panas. Begitu sorenya dia mulai cranky, biasanya dia cranky kalau mau bobok aja. Tapi ini warbiyasak sekalih sampai saya bingung harus gimana, si papa sampai ijin buat gak berangkat ngelesin dan si mbah juga turun tangan.

Selamat Hari Guru Nasional

bu guru
Saya ingat dulu jaman kecil bapak beliin papan tulis kecil lengkap dengan kapur dan penghapusnya. Ibu beliin mainan huruf abjad yang saat itu sampai nangis-nangis ditempat gegara saya ngeyel minta buat dibeliin. Setiap malam sehabis solat magrib bapak siap dengan pentungan stik drum dan duduk bersila di depan papan tulis kecil itu. Sebuah kalimat “ini budi” ngehits sekali jaman kecil saya, dan itu berulang saya baca karena buku paket “Gemar Bahasa Indonesia” isinya ya soal si budi dankeluarganya. Belum lagi bapak mewajibkan saya untuk berdiri tegak menyanyikan lagu nasional dan harus diulangi kalau salah lirik. Peran ibu saat itu sebagai satpam televisi kali aja saya curi-curi kesempatan buat menyalakan TV pas ditinggal bapak sholat isya.

Jalan Sehat HUT PGRI ke 70

Jalan sehat dimulai
Dalam rangka hari ulang tahun PGRI yang ke 70 dan menyambut hari guru nasional nanti tanggal 25 November, kemarin hari sabtu diadakan yang namanya jalan sehat. Peserta yang mengikuti jalan sehat ini adalah seluruh guru dari PAUD –SMA ditambah instansi dinas pendidikan. Kebayang kan bagaimana ramainya alun-alun, udah kayak demo guru honorer kemarin itu deh. Karena ini semacam hajatan buat para guru jadinya sayang banget kalau dilewatkan. Secara kan hiburan tersendiri, karena untuk ada acara seperti ini juga jarang banget apalagi buat yang non PNS. Guru juga manusia jadi ada kalanya bosen dan hiburan bagi para guru ya acara diluar sekolah itu.

Cara Mudah Belajar Aksara Jawa

Tergelitik juga nih bahas tentang bahasa jawa. Secara bahasa ibu bagi orang bersuku jawa ini memang memiliki tingkat kesulitan yang lumayan tinggi. Jika emang ada pepatah "wong jowo ora njawani" aduhh jangan sampai deh. Paling tidak tahu dan paham unggah-ungguh orang jawa saya rasa udah bagus.

Es Sari Tebu

es sari tebu
Sekarang memang udah musim penghujan kan ya, tapi tak jarang kalau siang hari masih berasa panas dan matahati terik banget. Kulit aja sampe belang gegara ga pernah pakai sarung tangan kalau pas naik motor. Menambah kadar kecantikan gak sih? Ahahaha... oke skip.

Bersiap UKG 2015

credit: google
Saat ini  guru di seluruh Indonesia lagi sibuk. Atau mungkin sebagian sudah melaksanakan program yang diadakan oleh pemerintah. UKG a.k.a Uji Kompetensi Guru yang kemunculannya mendatangkan pro kontra tersendiri bagi beberapa pihak. Lah, saya malah tahu kalau tahun ini ikut UKG dari teman guru. Maklum saat cuti saya benar-benar off soal kerjaan. Barulah ketika masuk sekolah saya mulai mempersiapkan untuk UKG. Sepemahaman saya UKG ini hanya diikuti oleh guru PNS, tetapi ternyata tidak. Bisa diikuti guru non PNS asal memiliki nomor NUPTK atau Peg ID. Tapi kenyataan di lapangan tidak semua yang memiliki Peg ID bisa ikut UKG. Mungkin ikut di UKG yang akan datang.

Guru Juga Perlu Smartphone


Salah satu tuntutan pemerintah untuk guru masa kini adalah melek teknologi. Seperti yang kita tau di era gloalisasi ini apapun jadi mudah termasuk mendapatkan informasi tentang pelajaran sekolah. Makanya pemerintah gencar memberikan bantuan berupa laptop dan LCD demi menunjang maksimalnya pembelajaran di sekolah. Selain itu guru juga wajib mengupgrade diri seiring dengan pesatnya globalisasi. Sesuai anjuran pak mendikdas lho yaaa….

Bersiap Menyambut Online Revolution dari Lazada

credit : google
Sekarang kalau mau apa-apa jadi mudah karena kecanggihan teknologi, salah satunya adalah belanja. Memang sih sekarang buat me time jadi berkurang, bahkan buat belanja pun harus bener-bener curi waktu. Secara Intan masih menolak dot jadi mikir dua kali buat ditinggal lama. Padahal saya lagi pengen beli baju dan celana baru, secara pasca melahirkan ukuran badan agak gemukan sedikit. Tapi kapan coba belanjanya kalau begini. Masa iya Intan diajak ngemall, mana boleh tuh sama papahnya.

Balada Emak Pekerja

Udah hampir sebulan nih di sekolah. Cuti melahirkan cuma dapat 1,5 bulan aja tapi tetep alhamdulillah donk ah. Awalnya mau mulai kerja tu rasanya galau deh, pikiran kemana-mana. Nanti Intan sama siapa, nenennya gimana, pasti jadi tambah capek dan pagi-pagi mesti ribet. Belum soal nyucinya, deuh...emak baper!!!

Minum Jamu Yuk

jamu uyup-uyup
Indonesia punya satu minuman khas yang alami dan terbuat dari ramuan alam. Tau jamu kan? Yang sering banget dibuat sama mbah-mbah atau ibu-ibu yang dipercaya khasiatnya baik buat kesehatan. Secara bahannya diambil dari alam baik itu dari apotek hidup  maupun tumbuhan yang dipercaya bisa dipakai untuk obat. Bahkan proses pembuatan yang masih serba tradisional ini semakin memberikan nuansa bahwa jamu memang benar-benar aseli minuman dari Indonesia.

Sehat di Musim Pancaroba

Alhamdulillah hujan!!! Kemarau yang panjang dan panas yang bikin gak nyaman rasanya nih terobati dengan bau tanah khas guyuran hujan. Debu yang beterbangan dimana-mana, asap yang bikin udara semakin gak sehat, akan berkurang dengan datangnya hujan. Kangen juga euy sama suara kodok kalau habis hujan. Maklum rumah mewah alias mepet sawah ini berteman dengan kodok dan sebagainya deh. Hem.. kalau hujan begini emang suka bikin kangen. Hahaha.. kemudian ingatan jadi kemana-mana nih. Eh iya, ini kan memasuki musim penghujan kedua kita pah!

Selamat Jalan Pak Raden

credit: google
Masa kecil saya terbilang bahagia, sekalipun dulu belum kenal apa itu gadget. Kebersamaan dengan teman bermain saya habiskan di prosotan sekolah yang kebetulan dekat rumah, di lapangan sambil jadi sorak sorai teman laki-laki yang main bola, di sungai sambil nunjukin dimana keberadaan ikan yang lagi mabok kena uberan tangan dan apotas, dan di depan televisi setiap sore setelah pulang dari ngaji. Kalau udah di depan televisi gitu gak bisa diganggu. Nah, tayangan yang jadi favorit jaman kecil saya adalah si unyil.

Tetap Nyaman Berkendara di Siang Hari

Saya heran ketika kemarau tahun ini terasa sangat panjang dan begitu nyiksa. Udara panas minta ampun, banyak debu dimana-mana, bahkan asap juga. Kalau udah panas gini sih minum segelas es rasanya kurang. Dan kalaupun kalau mau keluar rumah rasanya males banget kecuali pakai mobil. Tapi kalau keluar rumah karena sebuah tanggung jawab dan harus menerjang teriknya matahari? Bisa-bisa gosong kan ya.

Grand New Avanza Mobil Pilihan Keluarga

Sudah bukan rahasia lagi kan kalau selama ini mobil jadi satu kebutuhan sekunder keluarga Indonesia. Bahkan ada juga yang menempatkan mobil sebagai prioritas utama. Sayapun begitu, sebagai keluarga baru tentu punya sederet daftar keinginan dan tertulislah keinginan punya mobil di daftar kebutuhan sekunder saya. Dan  dari sekian banyaknya merk mobil, Toyota kini mengeluarkan serian terbaru dari Avanza yaitu Grand New Avanza. Kita lihat dulu videonya yuk, biar ngiler...

Gimana, pengen ya? sama saya juga!

Jagung Bakar Alun-Alun


jagung bakar
Dulu saya kurang suka banget sama cemilan yang satu ini. Eh bisa dibilang cemilan ga sih? Tapi ternyata suami suka banget, katanya sih cemilan merakyat dan murah. Kalau lagi pas jalan-jalan satu cemilan yang dicari sih ya cuma itu aja. Biasanya ciri dar penjualnya itu masang satu lampu sentir atau lampu minyak. Jadi kalau dari kejauhan bisa dipastikan oh itu penjual jagung bakar. 

Cerita Tentang Batikku

Batik adalah satu dari khasanah budaya Indonesia. Seperti yang kita tahu bahwa batik yang dulu hanya identik dengan orang tua kini sudah meluas sampai ke kalangan muda. Yang dulunya Cuma dikenal di beberapa daerah tertentu kini batik jauh lebih mendunia. Bahkan sekarang ini banyak banget ragam batik yang semakin hari semakin bermunculan, ditambah lagi model mengkreasikan batik kini juga sangat beragam.

Benda-Benda Yang Terlupakan

Coba lihat sekitarmu, ada gak barang-barang yang dulunya sangat berharga tapi sekarang ini menjadi yang hampir dilupakan atau bahkan sudah sangat dilupakan? Kalau dirumahku sih ada banget, saya menemukannya waktu beberes rumah. Yakali mahmud ini sok-sok an rajin beres-beres rumah. Ada bayi jadi diusahakan bersih dan bebas debu.

Es Dawet Pasar Klewer

Kemarau rasanya kok lama banget ya. Udara panas, banyak debu dan bawaannya pengen minum yang seger-seger terus. Padahal kalau gak jaga badan bisa-bisa ngedrop. Tapi saking panasnya memang minum es bikin adem segalanya, apalagi kalau pas lagi jalan-jalan. Ngemper di jalanan sambil menikmati es dawet kayaknya bisa jadi solusi haus dikala panas melanda.

Berjemur di Pagi Hari

bayi lagi dijemur
Katanya matahari pagi bagus buat berjemur rentang jam 7-9 pagi. Seperti di materi IPA SD bahwa vitamin D terkandung dalam sinar matahari pagi dan itu bagus untuk pertumbuhan tulang. Nah karena bagus untuk pertumbuhan tulang saya jadi rutin ngajak Intania  berjemur atau dede. Hal itu rutin saya lakukan sepulang dari rumah sakit sampai masa cuti selesai. Tapi sekarang jadi kurang rutin deh, jam 7 saya harus sudah sampai sekolah. Sedihnya..

Mempersiapkan Perlengkapan Bayi

yang difoto ini aja. mamahnya yang suka.wkwkwk

Kata orang pamali kalau belum 7bulan udah belanja perlengkapan bayi. Mau percaya apa enggak sih tergantung masing-masing. Tapi kalau saya sama si papa ya nunggu ada rejeki buat beli perlengkapan bayi. Nah, bingung juga mau beli apa aja. Sebelumnya sih ngandalin barang-barang second dari Keisha, tapi ternyata sekalipun ada justru perlengkapan bayi yang pokok itu yang belum ada. Ya macam popok dan bajunya.

Belajar Memandikan Bayi

Pasca melahirkan dan pulang dari rumah sakit saya dan suami memutuskan untuk mengurus Intan sendiri. Tetap campur tangan ibu dan mbak masih saya perlukan karena masih banyak hal soal bayi yang belum saya pahami dan ketahui. Umumnya ibu-ibu pasca melahirkan di desa saya mengurus bayinya dengan mengundang dukun bayi dan dikontrak selama selapan. Selapan itu istilah jawa, kurang lebihnya 36 hari. Jadi setiap pagi dukun bayi datang ke rumah untuk memandikan, mijit, sampai nanti mencukur rambutnya.

Larangan Ibu Menyusui

Sebagai ibu menyusui saya sering banget ditegur. Kayaknya hidupku ini penuh teguran kali ya. Hahahaa... lagi dan lagi mitos atau fakta itu ada disekeliling saya dan itu bikin keki deh. Saya ngrasa kalaupun diterapkan di jaman sekarang kok ya udah ga jamannya lagi, atau kalau dilogika juga sepertinya gak masuk banget. Dan itu bikin dilema loh.

The Warna Flatshoes Ethnic Handmade

Waktu usia kehamilan di bulan ke delapan saya mengalami ngidam. Kalau secara medis istilah ngidam katanya gak ada, tapi gak tau kenapa waktu itu bawaannya pengen belanja. Yakali haus shoping karena memang waktu buat me time seperti ke salon atau shopping udah juarang banget. Beruntungnya setelah ijin ke papa kalau pengen beli ini itu ternyata diiyain sama papa, asal ada manfaatnya.

Menikmati Spaggety Unyu's

Apasih yang dipesan kalau makan di restoran cepat saji? Kalau saya biasanya sekedar kentang goreng dan softdrink. Sebenarnya ada menu lain macam paket hemat ayam goreng sampai spaggety. Tapi entah kenapa lidah ini kok agak kurang cocok dengan olahan ayam di restoran cepat saji ya. Lah apa bedanya sama pesanan kentang goreng? Ahahahaha...

Stop Kanker dengan SADARI

credit: google

Masih bulan Oktober ya, bulan dimana lagi gencar yang namanya kampanye Breast Cancer Awareness. Penyakit yang satu ini tanpa kita sadari begitu dekat dengan kita. Memang bagi sebagian orang kanker jadi momok tersendiri. Saya bukan penyandang ataupun survivor kanker, tapi tidak ada salahnya kan kalau ikut kampanye soal kanker.

Membedong Bayi

Intan sama ante Encuss
Semenjak pulang dari rumah sakit, bisa dibilang saya orang yang nekat. Dimana masa pemulihan biasanya banyak istirahat lha saya justru sibuk ini itu kalau dirumah. Saya memang mengurus Intan sendiri dibantu suami, kadang juga dibantu ibu. Tapi kalau untuk urusan mandiin ya saya sendiri. Ibu malah gak berani buat mandiin Intan. Jadi mamah juara kan nak. Hahaha..

Dibalik Penulisan Gurukecil

Dibalik guru kecil dan pembuatan blogpost yang selama ini sudah berjejer rapi di lemari arsip, ternyata tanpa disadari saya melalui beberapa proses yang bisa dibilang lumayan. Lumayan gampang kalau pas otak bener-bener singkron sama semuanya, lumayan susah kalau pengen nulis tapi otak lagi macet. Mungkin saya lelah. Hahaha...

Tips Tenang Menghadapi Ujian Sekolah

Masih dalam suasana cuti nih, ternyata anak-anakku baru mid semester ganjil. Keasyikan sama Intania jadi saya benar-benar mengabaikan urusan sekolah. Hahaha.. jangan ditiru deh bu guru yang satu ini. Kebetulan kemarin salah seorang orang tua murid datang ke rumah saya. Seperti biasa menanyakan soal-soal latihan ke saya, kebetulan juga anaknya memang les privat di rumah. Karena saya tidak ada persiapan jadilah si ibu pulang dengan tangan kosong.

Dekorasi Pernikahan Paling Menakjubkan di Surabaya

credit: google
Surabaya adalah kota terbesar kedua setelah Jakarta. Kota ini pun menjadi pusat dari perdagangan, industri, hingga pendidikan. Tak hanya itu, kota Surabaya mendapat julukan kota Pahlawan, mengingat banyaknya pahlawan terlahir di kota ini, terutama saat pertempuran melawan penjajah yang dilakukan oleh arek – arek Suroboyo. Sebagai kota yang cukup besar, perkembangan kehidupan di Surabaya pun berkembang dengan sangat pesat. Tak heran jika gaya hidup di Surabaya tak jauh berbeda dengan gaya hidup orang di kota besar lainnya. segala sesuatu harus terencana dengan baik dan terarah. Hal ini pun selaras dengan sebuah pernikahan.

Ceker Setan Unyu's

ceker setan
Masakan pedas itu identik dengan lidah orang Purwodadi. Makanya kalau harga cabai meroket banyak ibu rumah tangga yang galau. Seperti hal nya dirumah, mau masak apa aja memang identik dengan pedas bahkan yang namanya sambel hampir tidak pernah absen. Padahal kalau untuk ukuran pedas saya masih tergolong standar. Kalau pedasnya kebangetan bisa-bisa ya gitu deh, mules nggak karuan.

Curhatan Mahmud (Mamah Muda)

Kali ini saya membuktikan omongan para ibu-ibu yang lebih senior. "Dipuas-puasin aja me time nya mumpung anak belum lahir". Selama ini mikirnya kata-kata itu sih biasa banget. Eh gak taunya setelah intan lahir disamping bahagia yang didapat repotpun iya. Karena kami memang tidak menggunakan jasa ART, jadi ya kita bagi tugas gitu.

Mamaqueena Delivery Service

spot ini juga bisa buat selfie. Sayangnya belum coba nih :(
Hari gini udah gak heran lagi kan ya dengan yang namanya sibuk. Mau sibuk sebagai wanita karier, ibu rumah tangga, atau bahkan pebisnis juga udah bukan hal asing lagi. Nah biasanya kalau wanita udah sibuk itu urusan rumah tidak semua bisa di handle sendiri. Kalau punya ART sih beda cerita, lha kalau gak punya?

Khasiat Bedak Adem

bukan kacang atom
Bagi sebagian orang tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya bedak adem. Bedak yang bentuknya bulet-bulet bisa berukuran kecil atau sedang. Kalau dimasukin ke toples bisa terkecoh orang yang lihat. Dikira kacang atom yang asik buat di cemil. Gak taunya justru bedak adem yang mana lekat banget untuk wanita yang baru melahirkan dan juga buat bayi. Eh tapi gak berbatas buat wanita yang habis melahirkan aja sih, dulu jaman belum nikah juga suka pakai bedak adem.

Tarak

gambar from google
Saya pikir setelah melahirkan mitos-mitos dan pantangan yang dipercayai orang tua jaman dulu akan berakhir. Ternyata oh ternyata justru berlanjut dan cenderung kalau saya melogika hampir tidak masuk akal. Tapi, demi menghormati apa yang sudah banyak beredar di masyarakat jadi ya saya cuma iyain aja sih. Biar seneng kan kita dapat pahala.

Semangat ASIX

tandon asi
Sejak mengetahui bahwa saya hamil saya sudah berencana pengen kasih ASI ke anak saya nantinya. Bahkan sebelum menikah aja saya udah rasan-rasan sama mbak kalau nanti anaknya dikasih ASI. Makanya saya berusaha cari info tentang ASI. Bahkan bapak sama ibu aja berpesan kalau anak saya harus ASI. Suami? Karena menyadari belum mampu beliin susu formula ya suami juga menyarankan ASI. Ya sudah...sepakatlah kita pro ASI.

Anak Pertamaku Bernama Intania

Sabtu pagi setelah mendengarkan drama persalinan normal pasien sebelah (saya bermalam diruang persalinan lengkap dengan alat CTG di perut) tiba-tiba dokter Anita menghapiri saya. "Gimana kabarnya? Udah balik normal lagi kan denyut jantun bayinya. Puasa ya nanti jam 8 pagi kita persiapan operasi. Ini saya tak pulang dulu mandi dulu", mungkin beliau paham dengan wajah tegang saya. Sebelum meninggalkan saya dan papa beliau berpesan "gak usah takut, dijalani saja." Duh....

Daya Tarik Belanja Online Bagi Masyarakat Indonesia

gambar dari google
Perkembangan zaman yang semakin pesat dan terus berubah menuntut Kita untuk selalu memperbaharui kebiasaan dan lebih peka terhadap berbagai macam perkembangan yang terjadi dari waktu ke waktu, termasuk perubahan gaya hidup yang tidak lepas dari perkembangan teknologi seperti sekarang. Salah satu realita yang menjadi trend di masyarakat adalah belanja online melalui internet atau secara online dengan begitu mudahnya. Berbagai macam kebutuhan bisa dipenuhi secara online, dari mana saja dan kapanpun Anda inginkan selama akses internet bisa dimanfaatkan.

Drama Jumat Malam

diinfus cint!!!!
Bukan horor sebenarnya, tapi buat saya adalah satu kejadian dimana mental saya benar-benar digembleng olehNya. Hidup itu mau tidak mau, dan pada akhirnya saya harus mau karena perjalanan saya saat itu ibarat kata sudah sampai dan sudah waktunya. *Sory lebay dikit*

Kemangi Bikin Plasenta Nempel?

pict from google
Sudah gak asing lagi kan sama tanaman yang satu ini. Baunya wangi dan biasa dipakai buat lalapan. Tanamannya pun bisa tumbuh dengan mudah di kebun rumah, bahkan bisa dibilang untuk membudidayakan tanaman ini gak perlu modal banyak dan perawatan yang susah. Dulu sih banyak banget tukulan tanaman ini di samping rumah, dan sama ibu selain dipakai buat lalapan dipakai juga buat pepes sampai  bikin sambel tempe. Yes, kemangi yang warnanya hijau dan baunya khas banget.

Khasiat Air Kelapa Muda


Pastinya udah gak asing lagi kan sama tumbuhan sejuta manfaat.Yup, pohon kelapa, baik batang daun sampai buah kelapa bisa dimanfaatkan oleh manusia. Nah ngomongin soal buah kelapa, tentu bukan hal yang asing. Apalagi kelapa yang masih muda, dibikin es kelapa muda diminum saat udara lagi panas-panasnya. Es the aja bisa lewat segernya jika dibkndingkan dengan kelapa muda yang dicampur semacam rumput laut, kolang kaling, agar-agar, tape, dan susu. Jadi kebayang es teler yang biasa saya beli dikedai es langganan. Hmm..seger!!

Gawan Bayi

gambar dari google
September ceria!!!!

Gak berasa banget ya waktu kok jalan begitu cepat sekali. Udah September aja, tanggal muda gajian saatnya belanja ini itu. Haha.. itupun kalau udah gajian. Kalau belum gajian? Sabar aja ya....

Blessful August : Ikhtiar Bersabar

maternity 34w
Saya wajib bersyukur ketika diantara wanita diluaran sana yang masih menantikan anugerah berupa kehamilan. Tak perlu menunggu lama, Tuhan mempercayai kami dengan adanya kehidupan di dalam rahim saya sebulan setelah menikah. Ketika awalnya say amengalami sebuah kegalauan “Tuhan, kenapa secepat ini?” pelan dan seiring berjalannya waktu justru saya sangat bersyukur karena inilah yang banyak dinantikan oleh setiap pasangan. Ya, kehamilan saya ini memberikan dampak yang luar biasa bagi saya.

Pitulasan Ala Anak-anak

Agustus belum berakhir sebenarnya, tapi euforia 17an alias pitulasan masih aja terasa. Meskipun kemarin tanggal 19 dan 20 Agustus kota Purwodadi dihebohkan dengan pawai atau karnaval mulai dari jenjang paud sampai instansi daerah. Semua penonton tumplek blek dan gak mau ketinggalan perhelatan setahun sekali itu. Begitupun saya, perut gedhe tapi tetep aja duduk manis menyaksikan pawai.

Hindari Diet Saat Hamil

pict from google
Saya masih ingin berbagi cerita tentang kehamilan. Ya, kali ini gurukecil sementara waktu akan diwarnai soal cerita kehamilan saya. Menjelang duedate yang masih beberapa minggu rasanya sih eman-eman dan seneng. Senengnya itu bentar lagi bakalan menyambut baby eman-emannya itu kalau bentar lagi perut ga terasa goyang dan peyang lagi. Hahaha..

Bayi Sungsang Jangan Dipijit

bumil narsis
Ternyata disekitar saya ini banyak sekali mitos dan pantangan bagi orang yang sedang hamil. Apalagi kalau didaerah saya ini soal adat masih dipercaya banget. Katanya sih ilmu-ilmu tentang mitos itu nggak sembarangan ada dan orang paham. Makanya kalau ada larangan ibu hamil jangan duduk ditengah pintu nanti kalau lahiran susah, atau ibu hamil jangan makan terong nanti anaknya terongan, dan blablablablabla kudu dipatuhin. Tapi kembali lagi seperti itu sih prinsip saya lillahita'ala, sebaik-baiknya pengatur dan penentu cuma Allah.

Jodoh yang Seprofesi

gambar dari google
Sekali-kali bahas soal jodoh gimana ya? Yang jelas saya sih seseorang yang masih belum ada apa-apanya kalau soal agama, jadi saya pengen bahas secara umum saja.

JAMRAN 2015

Salam Pramuka!!

14 Agustus 2015 Indonesia memperingati 54 tahun Pramuka. Dengan mengusung semboyan " Pramuka Garda Terdepan Pelaku Perubahan Dalam Pembentukan Karakter Kaum Muda". Seperti biasa hari pramuka diperingati dengan banyak kegiatan praja muda karana. Ya upacara peringatan, sumpah ulang janji pramuka, bahkan sampai kemah.

Kebiasaan Yang Dirindukan

Kehamilan saya sekarang berusia 35w2d. Itu dari hasil pemeriksaan hari senin kemaren. Yang terjadi masih tetap sama baby sehat dengan posisi yang sama yaitu sungsang. Galau sih tapi tetap dibikin enjoy dan heppi saja. Biar si baby tetap riang gembira.

Properti Foto Prewedding




Udah hits kali ya sekarang ini soal foto prewedding. Hampir dari pasangan yang mau menikah menyempatkan adanya foto prewedding. Terlepas dari pendapat yang mengharamkan foto prewedding, saya sih nganggepnya bagian dari sebuah seni. Soal urusan agama atau fatwa atau semacam itu saya mending no comment. Ya kan daripada salah.           

Khasiat Minyak Blondo

pict from google

Diantara teman-teman sudah tau apa minyak blondo? Awalnya sih saya juga nggak ngerti itu minyak apaan. Dari pas hamil trimester pertama ada guru senior yang care banget dengan nasehat-nasehat seputar kehamilan. Salah satu pesan yg sering dia katakan adalah "kalau udah usia 8bulan nanti diminumi lengo (minyak) blondo ya".

Tips Menghilangkan Bau Pada Kulkas

Ada keluhan nggak sih soal kulkas? Bau atau gimana gitu. Padahal kita udah sering buat bersihin kulkas. Tau sendiri kan kalau kulkas itu pasti isinya macem-macem. Karena saya mengalami yang namanya kulkas bau rasanya sih pengen ganti kulkas baru. Eh kali aja habis ini dapet rejeki kulkas dua pintu. Lumayan kan buat nampung ASIP nantinya.

MOS Sebagai Ajang Balas Dendam?

Tahun ajaran baru identik dengan 3 hari dimana calon siswa baru ikut program yang dinamakan Masa Orientasi Siswa atau MOS. Jenjang SD-SMA pasti ada. yang membedakan kalau di jenjang SD untuk masa MOS nya sih biasa banget. Namanya juga anak-anak dari TK kan ya masuk ke SD palingan diajakin nyanyi-nyanyi, kenalan sama guru-gurunya, atau kenalan sama teman-temannya. Kekerasan? Saya bisa jamin di jejang SD nggak ada.

Hari Anak Nasional Dimata Anak Era 90an

Selamat Hari Anak Nasional dari kami!!!!!!!
Hari anak nasional ya? Hemm.. sepertinya nggak seheboh jaman dulu deh. Iya saya itu anak yang lahir di tahun 89, tumbuh dan berkembang di tahun 90an. Udah tua ya? Belom ah..anak saya juga belum lahir. Hahaha...

Gatal di Perut Saat Hamil

pic from google
Saya punya keluhan nih soal kehamilan saya. Kadang kaki tiba-tiba kram saat tidur dan nggak bisa digerakkan, gerah juga iya, dan keluhan yang lain adalah perutku gatal banget!! Kadang suka gemes gitu sih apalagi saya tipikal orang yang gampang berkeringat jadi kalau pas udara panas dan berkeringat gatal itu akan tambah parah.