Edited by Chela. Diberdayakan oleh Blogger.

Berniat ke Solo?Jangan Lupa Wisata Kuliner di Berbagai Tempat Ini


Sudah pernah berkunjung ke Solo? Saya sih sudah orang deket aja kok dari kota kecil Purwodadi. Kalau belum, bisa nih dibuat rencana liburan kesana. Kenapa Solo? Selain terkenal dengan semboyan The Spirit Of Java nya ini, Kota Solo menyimpan sejuta daya tarik dalam berbagai macam hal salah satunya kuliner nikmat. Di dalamnya dilengkapi dengan berbagai penjaja panganan yang patut kamu coba. Sangat cocok untuk dijadikan destinasi wisata kuliner yang menggugah bagi indera perasa.



Nah, kalau mau ke Solo pastikan semua persiapannya terencana dengan baik ya, khususnya untuk urusan transportasi, dana akomodasi yang tentunya sudah harus di pesan sebelum hari H. Kalau deket sih tinggal tanjap gas ajah. Untungnya, kota Solo sudah cukup memiliki layanan akomodasi yang memadai, mulai dari penginapan biasa sampai hotel berbintang. Di sini juga cukup banyak tersedia hotel-hotel yang menawarkan tarif murah loh, dan pencariannya sudah cukup mudah. Biasanya, yang lagi trend sekarang kan dengan menggunakan layanan OTA. List penginapan atau hotel-hotel di kota Solo biasanya sudah ada di layanan hotel Traveloka atau Nusatrip, dan kehadiran mereka tentunya sangat membantu para traveler untuk mencari, membandingkan hingga mendapatkan hotel yang diingikan. Kalau semua urusannya sudah beres, siap-siap deh memanjakan lidah di Solo.

Sebagai permulaan, kamu bisa mengunjungi beberapa tempat dan kuliner khas Solo di bawah ini, diantaranya :


  • Bakso Alex
Bakso Solo, tentu kamu sangat familiar dengan nama ini. Tak sedikit kedai bakso yang di pinggiran jalan rumahmu menuliskannya di spanduk warungnya. Nyatanya memang tak hanya Malang yang terkenal akan baksonya, tapi Solo juga. maka dari itu, kurang rasanya jika kamu tidak mencicipi kedai bakso Solo yang satu ini.

Namanya Bakso Alex. Ia memiliki beberapa cabang di Solo, salah satunya di Jl Gajah Mada, Banjarsari. Rasa daging sapi dalam bakso ini sangat kuat terasa. Kuahnya pun segar, cocok dinikmati pada siang, sore, bahkan pagi hari sebagai sarapan. Bakso Alex tak hanya menyajikan berbagai menu konvensional seperti bakso campur dan bakso tahu. Tapi ada juga si spesial, bakso tengkleng. Untuk kepuasan tersendiri, kamu bisa memesan rusuk yang tentunya akan menambah nikmat cita rasa dari bakso yang kamu nikmati. Warung bakso ini buka setiap hari dari pagi hingga malam. Oh ya, saking ramainya bakso ini selalu cepat habis. Karena itu, jika ingin mencicipi kenikmatan Bakso Alex ini  datanglah sebelum jam 3 sore ya biar bisa mengantisipasi supaya nggak kehabisan.

  • Cafe Tiga Tjeret

Ingin merasakan menu khas angkringan Jawa dengan sentuhan modern? Datanglah ke Cafe Tiga Tjeret. Kamu bisa mencicipi aneka wedang atau minuman hangat serta nasi lengkap dengan berbagai lauk pauk,seperti wedang jahe, wedang jeruk tape, nasi teri dan nasi oseng.Cafe yang buka setiap hari sekitar pukul 10.00 WIB hingga 01.00 WIB ini terletak di Jl Ronggowarsito No 97. Harga makanan dan minumannya cukup murah, kamu hanya perlu merogoh kocek Rp 10.000,00 bahkan di bawahnya. Nongkrong nggak harus mahal ya cocoknya disini.
  • Timlo Sastro
Kuliner khas Solo yang sangat terkenal apa hayo??? Bener banget!!! Timlo. Tapi bukan band Timlo itu loh ya xixixixi. Ingin mencicipi makan-makanan berkuah yang segar sebagai menu makan siang? Datanglah ke Timlo Sastro. Timlo merupakan makanan berkuah yang diberi potongan lauk pauk, seperti ati ampela, telur, daging dan lainnya sesuai dengan pilihan kamu. Salah satu kedai timlo yang terkenal di Solo adalah Timlo Sastro. Letaknya di Jl Pasar Gede Timur No 1-2.Warung ini buka setiap hari  start dari pukul 06.00-15.30 WIB. Untuk menikmati seporsi timlo komplit, kamu harus membayar sebesar Rp 18.000,-. Tambah nasi putih akan dikenai Rp 3.000,- per satu porsinya.



  • Sate Buntel
Sore hari merupakaan saat yang tepat untuk menyantap Sate Buntel. Makanan ini termasuk ke dalam salah satu makanan khas Solo. Sate ini terbuat dari daging kambing cincang yang kemudian dibuntal dengan lemak daging.Salah satu warung yang terkenal dengan sate buntelnya adalah warung sate Ibu Hj Bejo. Terletak di Jl Sungai Sebakung 10, Lojiwetan dan buka sekitar pukul 07.00-16.00 WIB. Psst! Kabarnya ini warung langganan Presiden Jokowi lho!


  • Sosis Naga Widura
Nah, untuk menutup perjalanan wisata kulinermu, makanan terakhir yang harus kamu coba adalah sosis naga widuran. Tempatnya bernama Jagung Bakar Widuran, bentuk kedainya berupa lesehan yang beralas tikar. Makanan yang dijajakan seputar camilan untuk mengganjal perut seperti jagung dan sosis dengan berbagai level pedas dengan tingkatan berbeda. Tempatnya sendiri terletak di Jl Sutan Syahrir, Widuran dekat Optik Melawai. Buka sekitar pukul 18.00 WIB hingga tengah malam. Untuk harga sendiri sangat terjangkau, aneka jagung bakar dijual Rp 4.000 sedang sosis bakarnya mulai dari Rp 1.500.
 

Bagaimana? Semakin tertarik untuk mengunjungi Solo? Jangan takut untuk pergi wisata ke sini. Selain banyak tempat wisata menarik, tentunya wisata kulinernya juga menjanjikan dan siap menggoyang lidahmu dengan cita rasa yang khas tentunya.Have fun ya. Bye!!!

20 komentar

  1. Padahal aku deket dari SOlo, tapi belum pernah cobain semua. Iya, BELUM pernah. Ih katrok binggo Barbie nih -___-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berbie kok katrok sih???hahahaha
      kmana aja lu???

      Hapus
  2. Sate buntel itu juga langgananku kalo ke solo...enakkkk....gede gede buntelannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mak adeeee...segedhe ap????xixixixi

      Hapus
    2. Mak adeeee...segedhe ap????xixixixi

      Hapus
  3. hey halo mbak....saya juga orang Purwodadi...lewat Solo sering..hehe tapi kalau menikmati Solo baru sekali,itupun semalem pula..lain kalo deh..:) thanks sharingnya ya..fotonya bkin ngeces hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak kalau ke Solo ajak2.xixixixix

      Hapus
  4. Klo ke solo cm ke sgm, ga sempet icip2 kuliner khasnya, pengen bgt ngrasain sate buntelnya, ohya selat solone endi buu

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku malah belom ngrasake selat solo jeng,xixixixi

      Hapus
  5. Komenku tadi masuk ngga siih? Kok kaya ilang. Pengen ke Solo lagi belum pernah naik kereta api yang lewat dalam kota itu lhoo

    BalasHapus
  6. Pengen ngerasain timlo sama sate buntel.
    Di sini sih ada, sate bunte dari ayam. Tp, entah rasanya sama apa ngga sama yg di solo

    BalasHapus
  7. waktu asean blogger fest, kami nongkrong di cafe Tiga Tjeret..kereeen :)

    BalasHapus
  8. Dicatet aiapa tau nanti ke Solo

    BalasHapus
  9. Cafe tiga tjeret keknya menarik tu bu guru... pengen kesana...

    BalasHapus
  10. kenapa disebut timlo sastra cheila ?

    BalasHapus
  11. pengen deh nongkrong di cafenya itu :)

    BalasHapus
  12. Aku belum nyoba kelimanya ini, eh yg timlo makan sih, mama yang beli tapi aku nggakk tau itu timlo sastro apa bukan :)

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan jejak di blog guru kecil ya. Mohon untuk tidak memberikan LINK HIDUP dalam kolom komentar. Jika memang ada,komen akan di hapus. Terimakasih;)