21 Juni 2015

Agar Sepatu Kulit Tetap Awet

pic by google
Coba dihitung ada berapa pasang koleksi sepatu kalian? Sepasang, dua pasang, tiga pasang, atau berpasang-pasang? Saya yakin pasti lebih dari sepasang, secara kita tahu bahwa sepatu itu tidak bisa lepas dari kita apalagi yang namaya sepatu kerja. Bahkan bagi sebagian orang sepatu masuk dalam kategori mahkota penampilan lho. Jadi nggak heran kalau ada banyak yang menjadi kolektor sepatu. 


Bagi kalian sepatu apa sih yang jadi favorit? Pastinya ada donk. Kalau saya menyesuaikan aja sama kerjaan. Saya penyuka sepatu kulit. Bahkan kebanyakan sepatu kerja saya yang ada di rak berbahan kulit. Kulit sapi atau kulit domba yang penting bukan kulit manusia. Hahaha... Urusan merk sepatu saya sih nggak terlalu pusing, asal bahannya kulit, model bagus, cocok di kaki, dan harga cocok di dompet ya sepatu siap mengisi rak dirumah. Nggak harus yang branded dengan harga jutaan, saya malah menyukai sepatu handmade. Selain kita bisa tahu bahan baku kulitnya, modelnya pun bisa rikues, dan yang menyenangkan lagi pembayarannya nanti kalau barang jadi. 

Kalau soal merawat sepatu biar awet bagaimana sih? Ribet nggak? 
 
Mungkin bagi kita kalau habis pakai ya sudah tinggal taruh aja. Tapi percaya nggak sekalipun benda mati kalau kita merawatnya dengan baik bisa bertahan lama kan menemani dan menunjang penampilan kita. Saya ada beberapa tips yang mungkin bisa bermanfaat buat temen-teman. Inipun saya dapat dari owner sepatu yang saya pesan. Jadi nggak hanya mampu beli kita juga harus bisa merawatnya. 

Tipsnya adalah : 

1. Pencucian
Sebenarnya pencucian yang paling benar adalah dengan sistem drycleanser atau cuci kering. Tapi karena saya nggak bisa ya saya cuci biasa aja. Pakai air dan gunakan busa sabun. Ingat jangan langsung menuangkan sabun atau detergen ke permukaan sepatu. Takutnya lama kelamaan akan berubah jadi putih. Cukup gunakan busanya dan jangan disikat kecuali bagian alasnya, gunakan saja spon halus atau busa. Kalau kata saya sih sepatu cuci salju gitu.

2. Penjemuran
Ada yang bilang "sepatu kulit jangan dijemur langsung dibawah matahari. Nanti cepat mengelupas" setelah saya tanyakan langsung ternyata tidak sepenuhnya salah. Untuk sepatu berbahan kulit asli ya tinggal jemur saja. Beda halnya jika berbahan kulit sintetis/imitasi, PU, atau pvc justru cukup diangin-anginkan saja. Membedakan kulit asli dengan yang imitasi sayapun masih belum menguasai, jalan amannya sepatu saya ya diangin-anginin saja. Hahaha... biar awet.

3. Penyimpanan
Untuk penyimpanan sepatu kulit asli hindari menyimpan di tempat yang lembab. Kenapa? Kalau sepatu lembab nanti akan muncul bercak putih seperti jamur. Kan sayang sepatunya jadi jelek. Jadi letakkan sepatu atau rak di tempat kering saja ya. 

4. Penyemiran
Selain ketiga tips diatas, yang paling utama dari perawatan sepatu kulit adalah penyemiran. Tahu kan semir khusus sepatu, sebelum disimpan atau dipakai alangkah lebih bagus kalau sepatu disemir terlebih dulu. Mungkin gini dengan adanya lapisan dari semir itu akan melindungi sepatu dari debu. Atau kalau lagi malas mencuci gunakan krim khusus untuk membersihkan sepatu. 

Jadi tahu kan gimana agar sepatu kulit tetap awet. Intinya ya jangan lupa disemir. Sepatu jadi kinclong plus awet deh. Sedikit tips yang saya bagikan semoga bermanfaat yah.

26 komentar:

  1. Jadi pengen beliin sepatu buat kantor papih... :"(

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemaren aku beli mbak buat suami..handmade gitu kulit asli juga..350ribuuu

      Hapus
  2. Tips yang sangat bermanfaat
    Alhamdulillah sepatu saya masih cukup banyak
    Salam sayang selalu dari Jombang

    BalasHapus
  3. Wah, tipsnya berguna banget nih buat 'ngurus' sepatu-sepatu suamiku. Sepatuku mah jarang ada yang kulit...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hayo mbak diurus sepatunya biar awet

      Hapus
  4. aku gak punya sepatu kulit gini chel, tapi suamiku punya. Enak gak repot soalnya aku gak nyuciin :-D

    BalasHapus
  5. makasih bu guru tipsnya...sepatu emang harus dirawat ya :)

    BalasHapus
  6. Dulu pas jaman SMP, sy pernah dibeliin sepatu kulit buat sekolah Mak. Biar awet kata ortu sy. Eh pas kotor dicuci plus direndem air sabun hehehe! Alhmdulillah gpp :D

    BalasHapus
  7. thanks for sharing. mau dicoba tips nya ah

    BalasHapus
  8. bermanfaat bgt ni tips ny bu guluu..
    jadi inget ud lama ga cuci in sepatu suami :/

    BalasHapus
  9. Wah makasih tipsnya, catet dulu ah. Sepatuku yang cuma beberapa kali pake, cuma disimpan saja jadi nglupas dimana-mana, mungkin nggak benar penyimpanannya nih.

    BalasHapus
  10. Daku paling ga tlaten ngrawat yg begitu2, punya sepatu kulit tp ditinggal di kantor, biasa pake sepatu plastik yg anti hujan,hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha..sepatu anti hujan malah awet ya

      Hapus
  11. Aku ga bisa telaten ngerawat sepatuku cheil.. Oke deh bar iki kumbahi duluu

    BalasHapus
  12. Aku juga gak bisa bedain yg asli n imitasi. Jadi modal percaya ma yg jual aja. Kalo dia bilang kulit asli ya asli.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha..sama mbak ade.aq juga gak bisa bedain mana yang asli dan enggak

      Hapus
  13. Biasanya dikasih silica gel biar tetap kering, mba.

    BalasHapus
  14. tipsnya keren nih bisa langsung diaplikasikan, makasi ya bu Gurcil :)

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan jejak di blog guru kecil ya. Mohon untuk tidak memberikan LINK HIDUP dalam kolom komentar. Jika memang ada,komen akan di hapus. Terimakasih;)