27 Juni 2015

Kreatifitas Tak Harus Mahal

Bang Roni in Action


Mengabadikan sebuah momen, tempat, ataupun  keceriaan saat liburan bahkan kumpul dengan teman  ternyata menjadi salah satu hal yang tidak bisa ditinggalkan bagi sebagian orang. Melalui peristiwa yang terekam dalam sebuah foto setidaknya ada satu makna tersendiri yang menyiratkan bahwa “paling tidak kita pernah dalam suasana itu”. Nah, ngomongin soal foto yang ada di otak kita pastinya sih harus punya kamera digital sampai sekelas DSLR, lensa yang mumpuni, dan yang paling penting adalah skill kita dalam memotret. 


Percaya tidak bahwa menurut saya merekam sebuah momen dan mengabadikan dalam bentuk foto ternyata nggak harus dengan barang mahal dan saya sendiri bukanlah ahli fotografi. Ya, memang jika kita didukung dengan fasilitas fotografi yang bagus, skill yang bagus akan menunjang hasil yang diperoleh. Kalau tidak punya? Apakah kreatifitas harus terbatas dengan alat dan terbatasnya kemampuan? Nggak kan?

Manfaatkan saja apa yang kita punya dan percayalah bahwa kita bisa. Saya percaya bahwa setiap orang pasti punya HP. Bahkan sekarang ini sudah banyak HP yang dilengkapi dengan fasilitas kamera dengan piksel yang beraneka ragam. Mau hape biasa sampai smartphone saya rasa juga bisa menghasilkan karya bagus. 

Ada beberapa hal yang perlu saya garis bawahi disini bagaimana kita bisa menciptakan foto yang bagus sekalipun menggunakan HP. Karena saya bukan ahli fotografi tapi ada beberapa hal yang saya pelajari dari teman-teman saya penyuka fotografi terutama fotografi ponsel, diantaranya:

  • Mata adalah lensa.
Mata kita ibarat lensa dalam kamera. Kita mengamati, merekam, menerapkan titik fokus, dan mencari point of view yang tepat kemudian secara alami akan tersalurkan pesan ke dalam otak kita bahwa “ini sudah pas”. Jika dikaitkan dengan kamera,  apa yang sudah kita amati, rekam, kita fokuskan, dan didukung dengan point of view yang tepat maka akan kita jepret dan nantinya terekam dalam sebuah gambar di galeri.
  • Rasa atau feeling
ibarat kata foto itu adalah rasa dari si pemotretnya. Bagi saya memang benar sih. Bagaimana ada sebuah rasa yang tersirat melalui gambar. Suasana hati sangat mempengaruhi kita dalam memotret objek. Saya misalkan kebiasaan saya yang suka menikmati senja, setiap mengabadikan senja rasa yang ada dalam diri adalah rindu. Ada satu catatan yang dapat dari teman saya bahwa jika feeling kita bagus maka foto yang dihasilkan juga bagus, jika feeling kita kurang bagus foto yang dihasilkan juga rasanya hambar.
  • Ide dan Kreatifitas
Ini yang paling penting. Bagaimana kita bisa menciptakan sebuah ide dan kreasi hanya dengan alat sederhana misalnya HP. Kita tahu kreatifitas seseorang tidak bisa disamaratakan, tetapi jika kita mau terus menggali dan mencari sesuatu yang berbeda dari apa yang kita amati saya yakin setiap foto yang dihasilkan akan memiliki nilai karya tinggi.  Dan bagi saya sebuah kreatifitas itu tidak terbatas sekalipun harus dengan penuh perjuangan  untuk bisa menghasilkan karya bagus dan berbeda.

Ada sebuah komunitas di Purwodadi dimana bagi mereka “Fotografi itu tidak terpaku pada kamera mahal”. Seperti yang sudah saya sebutkan diatas, bahwa mereka menggunakan ponsel untuk menghasilkan sebuah karya berupa foto. Adalah Prypon dengan pentolan yang saya kenal adalah Bang Roni. Yang saya salut adalah ide-ide dari anak-anak Prypon ini sungguh luar biasa, ada aja gaya dan caranya untuk menciptakan dan menghasilkan foto yang luar biasa pula. Mungkin akan tertipu bagi sebagian orang bahwa foto yang dihasilkan itu dicapture dengan kamera bagus bin mahal. Mereka hanya menggunakan HP saja lho. 
 
Bang Roni dalam balutan BW
“Penawangan (Never Ending) Grobogan” adalah album yang dia miliki dan isinya adalah capture dari HP htc touch pro  yang dia punya. Dan di Desa Penawangan inilah dia ingin menceritakan keseharian penduduk sekitar. Mau lihat hasilnya? Nih saya liatin...

Wanita perkasa (capture from htc touch pro)

Kendaraanku (capture from htc touch)

Mie tek-tek (capture from htc touch pro)

Bunga senja (capture from htc touch pro)

Kembali ke peraduan (capture from htc touch pro)

Pencari semut rang-rang (capture from htc touch pro)

Serabi (capture from htc touch pro)

capture from htc touch pro

Gimana, keren kan? dari karya Bang Roni saya yakin diantara teman-teman dalam komunitas Prypon lainnya pasti memiliki koleksi foto yang luar biasa. Ini adalah  bukti bahwa fotografi nggak harus mahal, kan? Jadi pengen nih kayak Bang Roni yang mahir menciptakan karya bagus hanya dengan kamera ponsel. Seperti gambar-gambar diatas dan jadi ngebayangin juga giman kalau Bang Roni beralih ke kamera sekelas DSLR. Sekeren itukah atau jauh lebih keren? Tunggu aja deh.
 
Toyota Agya
Saya jadi inget  dengan Riva dan mobil kece super irit dan ramah lingkungan yaitu Toyota Agya. Bisa tuh Bang Roni diculik berbarengan dengan ibu PKK buat jalan-jalan menjelajah Purwodadi sambil bermain kamera ponsel. Tentunya dengan medan jalan di Purwodadi dan bahkan jika harus sampai ke pelosok bisa tetep nyaman dengan mobil Toyota Agya. Dimana mobil ini memiliki kabin yang luas sehingga kita terhindar dari desak-desakan, belum lagi sistem pengamanannya ini canggih jadi kita akan tetap safety dan nggak mau kan kalau terjadi kenapa-napa di jalanan. Bebas gerah juga karena memiliki sistem air conditioner yang berkelas, udah gitu interiornya kece lengkap dengan audio canggih sehingga dijamin  nggak bosen dan kikuk aja di perjalanan. Kalau kita enjoy dalam perjalanan nantinya kita enjoy juga dalam jeprat-jepret.  Jalan-jalannya dapet, fotografi ponselnya juga dapet. Ditambah lagi dengan Toyota Agya yang super nyaman jadi tidak akan ada satu momen yang terlewatkan di perjalanan kita nantinya. 

9 komentar:

  1. bolehkah saya tahu tautan menuju ke Prypon?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sementara ada grupnya di FB.mas.
      grupnya namanya prypun

      Hapus
    2. sayangnya sudah nggak mainan fb lagi :(

      Hapus
  2. Saya sementara ini juga mengabadikan sesuatu pake kamera hape bu guru

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup...bisa ditingkatkan kreatifitasnya mas buat bikin gambar oke

      Hapus
  3. Aku ga ndue kamera apik, nduene hp cheil

    BalasHapus
  4. https://www.facebook.com/groups/photography.phone/?multi_permalinks=1679476555613885&ref=notif&notif_t=group_highlights

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan jejak di blog guru kecil ya. Mohon untuk tidak memberikan LINK HIDUP dalam kolom komentar. Jika memang ada,komen akan di hapus. Terimakasih;)