22 Juni 2015

Resep Es Tape Cincau

es tape cincau
Berbukalah dengan yang manis. Biasanya buka puasanya milih apa dulu nih? Es teh, es buah, kolak, atau air putih. Apapun pilihan dan menunya yang pasti buka puasa pertama kali sih ya minum. Kalau saya biasanya bikin teh manis hangat gitu baru nyruput es.




Ngomongin soal es, saya sih termasuk yang agak mengurangi es. Bukannya apa tapi kalau buka puasa langsung minum es nanti pilek. Begitupun suami, dia suka es tapi rawan pilek. Tapi tetap saja es jadi favorit suami saat berbuka puasa.

Saya sama ibu sekarang sering kompakan di dapur samacam bagi tugas gitu. Nah salah satu menu yang diajarin ibu adalah bikin es tape cincau. Es ini kesukaan ibu tapi karena ibu ada diabetes jadi kudu bener-bener diawasi dan dijaga pola makan dan minumnya. Cara bikinnya gampang kok, sebelumnya kita siapkan dulu bahan-bahannya ya. Nggak mahal kok jadi aman buat dompet ibu rumah tangga. Hihihi...

Yang harus kita siapkan adalah:

1. Cincau. Nanti kita potong kotak kecil ya.
2. Cendol. 
3. Tape singkong
4. Sirup
5. Air putih matang 
6. Es batu

Cara membuatnya gampang, ikutin ya:

  1. Siapkan cincau, cendol, tape singkong, air dan sirup. 
  2. Masukkan cendol kemudian cincau dan paling atas sendiri adalah tape singkong. Kalau kalian kurang suka cendol bisa diganti pakai nata de coco atau kolang kaling. Nah, kenapa tape singkong saya letakkan paling atas? Takutnya kalau bawah sendiri nanti hancur. Jadi jelek penyajiannya kan sayang banget. 
  3. Tuangkan sirup secukupnya dan sesuai selera. Kalian bisa pakai sirup rasa apa saja kok tapi kalau saya sukanya sirup yang rasa frambozen gitu. 
  4. Tuangkan air secukupnya.
  5. Masukkan es batu. Jauh lebih bagus kalau esnya diserut gitu. Karena gak ada serutan es jadi saya pakai es batu balok saja ya. 
  6. Dan taraaa... es tape cincau siap diminum pas buka puasa!


Gampang kan dan bahannya pun nggak mahal. Udah gitu gampang juga bahannya buat ditemuin di penjual sayur keliling. Biasanya kalau puasa gini tukang sayur langganan selalu nambah jumlah belanjaannya jadi ya nggak perlu repot ke pasar induk deh. Yang harus diingat bagi kalian yang pengen cobain resep ini saya wanti-wanti untuk kemanisannya. Bagi yang punya saudara atau orang tua menderita diabetes bisa diganti sirupnya dengan sirup khusus diabetes. Kan ada tuh ya iklannya di televisi. Kesehatan jauh lebih penting tapi sekali-kali menikmati es tape cincau kan boleh juga. Murah dan gampang pula.

Selamat mencoba dirumah ya!!!!
Selamat menjalankan puasa. 

15 komentar:

  1. Aku nggak boleh makan tapeeee Mbak. Katanya panas buat si bebi nanti. Padahal enak sueger ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga gak makan tapenya dek. Cukup makan cendol sama cincaunya aja.xixixi.x

      Hapus
  2. Mari minum Es Tape Cincau sambil nunggu ngiiiiiiiiiingggggggg.....
    :D

    BalasHapus
  3. Kalau ngga pakai Es piye, Mbak. Tetap enak kayaknya. Dan ngga bikin pilek to? :D

    BalasHapus
  4. aku udah manis dong, ya! *ditampar* :))

    besok dicoba resepnya.. gimpil banget

    BalasHapus
  5. Enak nih buat takjil nanti :D

    BalasHapus
  6. jadi pengen cepat-cepat buka puasa -___-

    BalasHapus
  7. Cincau emang enaak klo pake syrup, nanti sore mau bikin aah.. Nyontek resep yaa

    BalasHapus
  8. Gampang, gak susah. Sangat bisa dicoba bahaha. Makasih resepnya Gurciil :D

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan jejak di blog guru kecil ya. Mohon untuk tidak memberikan LINK HIDUP dalam kolom komentar. Jika memang ada,komen akan di hapus. Terimakasih;)