28 Juni 2015

Resep Rolade Daun Singkong

Rolade daun singkong
Punya kebun? Ada nggak tanaman yang bisa dimanfaatkan buat dijadiin makanan? Beruntungnya dirumah ada sedikit lahan kosong dibelakang dan ibu sengaja menanam pohon singkong. Tahu kan singkong? Kalau kata orang jawa sih telo sapah. Dulu jaman kecil saya sering bikin kalung  mainan pakai daun singkong, tapi ibu bilang daripada dibuat mainan daunnya mendingan dimasak. Lha emang bisa?


Ternyata bisa kok, daun singkong bisa dimasak sebagai sayur, lalapan rebus, atau bahkan digoreng. Hemm... pernah liat bulet-bulet warna hijau gelap bercampur tepung terigu nggak di penjual gorengan? Yup, kalau pernah pasti tahu kan namanya makanan itu. Rolade daun singkong atau lebih tenarnya amburadul. Makanan itu emang sedikit sulit ditemui karena nggak semua penjual gorengan mau bikin. Memang sih prosesnya agak lama dan ribet tapi justru banyak yang suka sama rolade daun singkong.

Saya akan berbagi nih resep bikin rolade daun singkong, resep ini diajarin sama si mbak rewang. Nah kita siapin bahan-bahannya dulu yuk.

1. Daun singkong. 
2. Tahu putih mentah 7 biji.
3. Telur 1 butir. 
4. Tepung terigu 1/4 kg. 
5. 2 siung bawang putih
6. Garam
7. Merica 
8. Minyak goreng 
9. Air


Cara membuatnya :

1. Rebus daun singkong selama kurang lebih 30menit atau sampai layu dan empuk. Usahakan pilih daun yang masih agak muda. Banyaknya daun singkong bisa disesuaikan dengan selera. Semakin banyak daun singkong semakin banyak juga nanti rolade yang kita buat.
2. Setelah daun singkong empuk, angkat dan tiriskan kemudian tunggu sampai dingin. 
3. Daun singkong dipotong-potong atau dicacah agar memudahkan saat kita gigit.
4. Hancurkan 7 biji tahu putih mentah dan campurkan dengan cacahan daun singkong. Aduk sampai tahu dan daun singkong tercampur rata. Jumlah tahu bisa disesuaikan dengan selera ya.
5. Masukkan telur dan campurkan dalam cacahan daun singkong beserta tahu tadi. Tujuannya supaya tidak gembyar saat nanti di goreng. 
6. Haluskan 2 siung bawang putih, garam, dan merica. Kemudian campurkan ke adonan hingga rata.
7. Bentuk adonan menjadi bulatan-bulatan kecil.
8. Larutkan terigu sebagai celupan dari adonan yang sudah dibulat-bulatkan. 
9. Panaskan minyak goreng. Usahakan saat menggoreng nanti bulatan roladenya terendam minyak. 
10. Goreng hingga tampak kecoklatan. Hati-hati ya jangan sampai gosong.
11. Rolade daun singkong siap dihidangkan.


Gimana? Sepertinya ribet tapi sebenarnya pembuatannya mudah kok. Dan hidangan ini cocok disantap sebagai cemilan buat buka puasa juga. Apalagi kalau masih hangat gitu. Sediakan juga cabe rawit sebagai ceplusannya. Tertarik untuk membuatnya? Selamat mempraktekkan ya.

2 komentar:

  1. wah aku kemaren mau beli ini malah udah habis... besok beli ah,,,

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan jejak di blog guru kecil ya. Mohon untuk tidak memberikan LINK HIDUP dalam kolom komentar. Jika memang ada,komen akan di hapus. Terimakasih;)