Edited by Chela. Diberdayakan oleh Blogger.

Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan Saat Mudik

Satu tradisi yang identik dengan lebaran adalah mudik. Yang kerja diluar kota mudik ke kampung halaman, mudik ke mertua, atau mudik ke kampung halaman karena domisili jauh dari orang tua. Pokoknya kalau musim mudik dimana-mana ramai. Jalanan, terminal, stasiun, bandara bahkan sampai berita di TV ada rubrik khusus yang memantau perkembangan arus mudik.

Suka cita mudik itu ternyata menjadi sesuatu yang dirindukan. Ya kali rindu karena saya mudiknya cuma beda kecamatan. Berbeda dengan mbak yang mudiknya menyusuri jalanan pantura dan beda kota pula. Makanya dari apa yang saya lihat dari mbak ternyata sekalipun mudik itu ada unsur ribetnya justru jadi satu hal yang dirindukan.

Banyak pilihan sih sebenarnya mau mudik pakai fasilitas umum atau kendaraan pribadi. Nah ada beberapa hal yang mungkin perlu diperhatikan  bagi teman-teman yang mau mudik, diantaranya :

1. Tabungan
Tentunya mudik butuh biaya, mau pakai kendaraan umum atau pribadi tetap rupiah akan keluar dari kantong kita. Agar kita bisa mudik, paling tidak jauh hari sebelum hari raya kita sisihkan sedikit penghasilan kita untuk biaya mudik.


2. Cek Kondisi Kendaraan
Jika mudik dengan kendaraan umum itu artinya pihak armada sudah melakukan cek layak jalan. Dan satu hal yang harus diperhatikan bahwa kalau bisa jumlah penumpang jangan sampai overload. Ini demi kenyamanan penumpang. Kalau kita mau mudik dengan kendaraan pribadi jangan lupa cek dulu kendaraan di bengkel langganan supaya perjalanan lancar nantinya.


3. Cek Kesehatan 
Ini perlu sekali terutama untuk supir. Butuh tenaga lumayan ekstra sih ya untuk mengemudi dengan jarak puluhan bahkan ratusan kilometer. Nah demi keselamatan cek dulu kesehatannya di puskesmas atau klinik terdekat. Tapi biasanya pihak pemerintah akan menyediakan cek kesehatan gratis kok buat para supir di tempat umum. Selain mengantisipasi supir nakal yang menggunakan narkoba dan miras. Semuanya kembali lagi buat keselamatan penumpang.


4. Obat-obatan 
Perjalanan jauh tentu sangat menguras tenaga. Apalagi yang gampang mabok. Sediakan obat-obatan di tas khusus agar kita bisa mengantisipasi jika badan terasa kurang enak. Seperti minyak kayu putih, aromaterapi, atau obat-obatan ringan buat masuk angin.


5. Manfaatkan Rest Area
Kita harus berterimakasih karena biasanya akan ada rest area di berbagai titik. Jangan cuma lewat tapi usahakan mampir bila badan terasa capek. Selain mengistirahatkan badan saat di rest area kita juga bisa sambil ngecek kondisi kendaraan. Begitupun dengan kendaraan umum. Biasanya akan transit di suatu tempat dan disitulah teknisi juga mengecek kondisi kendaraan.


Tentu dari beberapa hal diatas yang paling penting adalah selalu berdoa. Sambil perjalanan bisa juga dalam hati kita berdzikir agar tetap diberi keselamatan olehNya. Seperti halnya mbak saya dan keluarganya yang mudik dengan mobil pribadi, diantara banyaknya barang bawaan adalah salah satunya bantal . Karena mbak masih punya balita paling bontot jadinya harus bawa bantal sebagai alas tidur.Atau bisa juga bawa bantal leher supaya leher kita tidak pegal. Sekali lagi perhatikan kenyamanan kita dan orang tersayang saat mudik. Dan ingat dalam berkendara kita harus tetap hati-hati agar selamat sampai tujuan. Tidak perlu ngebut dan buru-buru. Keluarga kita menunggu dirumah dan siap menantikan hari kemenangan.
Semoga bermanfaat ya!

6 komentar

  1. Cek kondisi kendaraan perlu banget ya, mba. Oiya, uang tunai juga perlu. Soalnya ATM biasanya penuh sama orang ngantri. :D

    BalasHapus
  2. duh tabungannya itu... pedes deh buka dompet

    BalasHapus
  3. aku besok mudik, sudah cek semua. makasih cheila

    BalasHapus
  4. bawa uang casaja menghindari hal-hal yang tidak diinginkan

    BalasHapus
  5. Mudik memang perlu persiapan yang matang... Dan yang penting hati-hati.. Aaah jadi kangen mudik nih hehehe

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan jejak di blog guru kecil ya. Mohon untuk tidak memberikan LINK HIDUP dalam kolom komentar. Jika memang ada,komen akan di hapus. Terimakasih;)