21 Juli 2015

Gatal di Perut Saat Hamil

pic from google
Saya punya keluhan nih soal kehamilan saya. Kadang kaki tiba-tiba kram saat tidur dan nggak bisa digerakkan, gerah juga iya, dan keluhan yang lain adalah perutku gatal banget!! Kadang suka gemes gitu sih apalagi saya tipikal orang yang gampang berkeringat jadi kalau pas udara panas dan berkeringat gatal itu akan tambah parah.


Mitos yang beredar adalah gatal itu disebabkan karena rambut bayi yang kena kulit kita. Mengenai kebenarannya saya juga nggak tahu. Kadang secara nggak sengaja tangan ini tiba-tiba garuk perut. Padahal mitosnya lagi nih ya kalau digaruk nanti akan keluar garis-garis hitam dan ada bekas hitam ngeblok diperut. Bahkan ada juga yang garuk perut dengan sisir karena saking gatalnya. Tahu kan sisir yang buat nyisir rambut itu. Katanya biar nggak membekas dan nggak ada garis-garisnya. Tapi realitanya banyak juga tuh yang muncul garis-garis item.

Beberapa hari yang lalu papa kaget pas lihat perut bagian bawah "mah, itu kenapa kok ada garis-garis item?". Jujur aja kaget perasaan saya digaruk aja jarang paling dielus kalau nggak saya kasih bedak gatal. Setelah saya cek ternyata benar kalau perut saya muncul garis-garis item. Bingung lah saya, ini gimana ini! Masalah sungsang aja belom kelar eh diperut muncul garis item.

Saya share deh sama teman-teman di grup dan mereka bilang itu strechmark. Penyebabnya bukan karena digaruk tetapi karena kondisi kulit yang melar makanya terasa gatal. Hoooo i see sekarang kenapa perut saya yang sexy ini terasa gatal. Cek lagi ke mbak saya yang paham kesehatan katanya digaruk apa enggak kalau tingkat kemelarannya tinggi *halah* strechmark memang nggak bisa dihindari, jadi memang itu salah satu resiko dari ibu hamil. Dan kenapa banyak orang yang melarang untuk digaruk tapi cukup dielus saja? Karena dengan kondisi kulit yang sedang meregang sehingga menimbulkan rasa gatal kalau digaruk justru akan memperparah kondisi kulit. Atau kata lain kulit yang meregang itu tadi akan tergores jadi garis hitamnya semakin parah. Trus worry nggak sih kalau perut kita nggak semulus dulu sebelum hamil? Takut suami jadi nggak bergairah lagi kalau perut atau beberapa bagian tubuh kita penuh dengan strechmark? Sebenarnya iya takut, tapi disini saya minta pengertian dari suami jika kondisi fisik saya berubah dan gak semulus dulu tetaplah mencintaiku sampai maut memisahkan ya pah. Uhuk!!!!

Saya terus  nggak menyerah begitu saja dan membiarkan perut gatal dan strechmark itu. Disarankan oleh mbak embak di grup buat diolesin minyak zaitun setiap habis mandi dan sebelum tidur. Itupun saya lakukan biar kayak kata Pungky sih "perut mulus kayak perut abg 17 tahun". Kalau lagi pas gatal banget saya taburi bedak bayi sampai bedak gatal. Ini lumayan buat menguragi rasa gatal, dan saya juga membeli krim rekomendasi dari mbak keponakan saya yang berprofesi sebagai bidan. Katanya krimnya itu bisa mengurangi rasa gatal dan mencegah strechmark. Bukan hanya itu saya juga mengantisipasi kalau kondisi gerah kipas angin saya nyalakan. Menghindari agar keringat tidak terlalu banyak sehingga bisa meminimalisir rasa gatal. Dan tahu nggak obat gatal di perut yang paling ampuh itu apa? Elusan tangan suami itu sebenarnya paling ampuh. Jadi kebiasaan saya sih minta dielus perutnya apalagi kalau lagi gatal sampai saya tertidur.hahaha...

Ini sedikit cerita saya tentang keluhan perut gatal saat hamil. Setiap calon ibu pasti keluhannya nggak sama jadi apapun itu saya menikmati kehamilan saya ini. Apalagi kalau pas lagi gatal-gatalnya dan si baby lagi gerak. Itu nanti pasti akan saya rindukan saat baby sudah lahir. Dan buat papa harap maklum ya jika kondisi fisikku berubah, aku harap cintamu juga jangan sampai berubah sedikitpun. Ciyeee!!!

9 komentar:

  1. ibu hamil memang akan merasakan gatal di sekitar daerah perut, paha. Waktu hamil sepertinya saya gak sadar suka garuk2 kalo gatal, dan akibatnya ada tanda stretchmark di pangkal paha saya hiks....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini ada strechmark di perut bagian bawah :(

      Hapus
  2. Kalo aku, ga gatel mak, tapi tetep aja Ada stretch mark.
    Abis lahiran, serem deh keriput item2
    Tapi lama kelamaan juga warna nya memudar, ga seserem awalnya.
    Tanpa pake krim apa2

    Akuratu.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh gtu ya jadi lama2 bisa hilang sendiri

      Hapus
  3. Iya, katanya makin lebat rambut sang bayi, makin gatel perutnya, mba. Apalagi kalo sering minum air degan ijo. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau air degan ijo dipercaya bikin bayi putih kulitnya

      Hapus
  4. Jangan digaruk ya..dielus2 ajaaaa

    BalasHapus
  5. digarukin suami maksudnya :P

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan jejak di blog guru kecil ya. Mohon untuk tidak memberikan LINK HIDUP dalam kolom komentar. Jika memang ada,komen akan di hapus. Terimakasih;)