Edited by Chela. Diberdayakan oleh Blogger.

#ngaBLOGburit2015 Tak Sekedar Memenuhi Postingan Blog


Setiap orang punya cara masing-masing untuk mengisi waktu di bulan ramadhan. Katanya pak ustad kita disarankan untuk mencari banyak pahala, biasanya yang dilakukan adalah tidur. Pembelaan beberapa orang pasti "daripada gosipin orang mending tidur". Diantara kalian juga ada yang begitu? saya sih iya.Hihihi...Atau ada juga nih yang ngisi kegiatan dengan aktif ikut tadarus di mushola, ngikutin pesantren kilat, atau bahkan ada yang ikutan berbagi dengan sesam di jalanan dengan bagi takjil gratis? Apapun pilihan kalian yang pasti tetap pilih kegiatan yang positif dan bermanfaat ya.



Nah bagi para blogger selama hampir sebulan ini jagat blog diramaikan dengan fenomena #ngaBLOGburit2015. Apa sih itu? Saya tak perlu menjelaskan panjang lebar pastinya sudah paham ya. Mengisi waktu menjelang berbuka puasa dengan postingan sesuai tema yang dilempar admin tiap harinya dan bagi yang terpilih ada hadiah sejuta, lumayan buat persiapan lebaran. 


Saya percaya dimana setiap kegiatan diselengarakan memiliki tujuan tertentu. Dari beberapa kali saya membaca postingan teman-teman yang mengikuti #ngaBLOGburit2015 ada hal yang saya garis bawahi dimana berbagi tak hanya lewat materi, dimana puasa tak hanya sebagai alasan untuk membatasi diri berkreasi, dan #ngaBLOGburit2015 diadakan tak hanya memenuhi daftar postingan di blog. Kenapa begitu? 


Jadi begini, kita ulas satu per satu ya kenapa saya menggaris bawahi beberapa hal berikut ini: 


1. Berbagi tak hanya lewat materi
Ukuran sukses seseorang yang selama ini lekat dimasyarakat adalah "sudah jadi direktur, punya mobil mewah, duit banyak, bahkan sampai rumah gedongan". Bagi saya itu hanya yang tampak saja, tetapi apakah materi itu segalanya? Bukan! Akan percuma jika kita berkelimpahan materi tapi kita lupa untuk berbagi. Apa itu artinya yang bisa berbagi hanya orang yang berduit? Bukan! 

Contohnya menulis, secara tidak langsung ada satu pesan yang kita sampaikan kepada si pembaca kan? Lewat pesan itulah kita bisa berbagi ke orang lain. Yang tadinya orang lain tidak tahu menjadi tahu, atau bahkan lewat tulisan kita bisa saling bertukar pikiran. Menambah wawasan kita dan juga ajang untuk saling berbagi informasi. Banyak tema yang dikemas dalam #ngaBLOGburit2015 dan banyak pula blogger yang ikut meramaikan, coba bayangkan berapa tulisan yang sudah dibagikan kepada khalayak saban harinya? Bukankah dari situ kita juga ikut berbagi? 


2. Puasa bukan sebagai alasan membatasi diri berkreasi
Banyak yang beralasan "males ah, nggak bisa mikir kan aku puasa". Kalau masih mau seperti itu terus silahkan. Tapi bukan berarti puasa jadi senjata ampuh buat nggak kerja atau bahkan berkreasi. Menulis juga salah satu kreasi. Alasan nggak ada ide? Ah basi juga. Padahal kita tahu ide bisa muncul kapan saja. Nah, ada wadah yang sangat positif dimana #ngaBLOGburit2015 muncul tiap hari di jam tiga sore. Jadi disini secara tidak langsung kita juga diasah untuk bisa melawan rasa malas dalam diri dengan membuat tulisan di blog. Percaya kan tidak ada perjuangan yang sia-sia? Ketika kita berjuang melawan segala rasa yang muncul dengan bersenjatakan puasa pastinya akan ada satu hal positif yang akan datang kepada kita. Selain adanya info baru dari beberapa peserta #ngaBLOGburit2015 kita juga bisa dapetin hadiah uang senilai satu juta rupiah jika memang itu menjadi rejeki kita. Dan kembali lagi rejeki tidak pernah salah, jika kita bisa berkreasi sebaik mungkin, memberikan satu nilai positif maka dengan sendirinya rejeki itu datang dengan sendirinya.


3. #ngaBLOGburit2015 tidak sekedar memenuhi daftar postingan blog.
Sebuah tamparan hebat jika selama ini kita jarang posting dengan alasan nggak ada ide. Atau mungkin pemikiran kita "ngapain posting toh nggak ada duit yang masuk ke rekening kita". Hemm... saya yakin bahkan terkadang saya juga ada pemikiran kayak gitu. #ngaBLOGburit2015 hadir selama bulan ramadhan memang bisa dijadikan satu alternatif agar kita tetap produktif ngeblog. Melewati lemparan tema yang diberikan admin seolah ada pancingan yang bisa kita kembangkan dalam berbagai kalimat. Lalu, sudahkah kita mengembangkan tema itu dengan baik? Ataukah hanya sekedar menulis agar blog tetap ramai dengan postingan? Bukankah kembali lagi di point pertama lewat tulisan kita bisa berbagi? Jadi intinya ajang #ngaBLOGburit2015 juga menuntut kita untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca blog kita. Konten yang bagus dan sarat makna tentunya selain bisa kita terapkan pada diri sendiri bisa juga diterapkan untuk orang lain.


Sekedar opini dari saya sih ini sebenarnya bahwa mengisi waktu jelang puasa dengan #ngaBLOGburit2015 adalah satu pilihan yang tepat. Dimana kita bisa berbagi lewat tulisan, tetap aktif berkreasi dan nggak cuma menuhin postingan blog. Disamping itu selama proses penyelenggaraan #ngaBLOGburit2015 ada satu proses yang tanpa kita sadari akan membawa kita menuju ke sebuah kemenangan. Dimana kesabaran dan kesetiaan menunggu tema tiap harinya, kesabaran dan usaha dalam memberikan sebuah tulisan yang sarat makna, sampai akhirnya kemenangan di depan mata. Tak harus menjadi pemenang dalam ajang #ngaBLOGburit2015.  Bagi saya, bisa menyajikan tulisan yang bermanfaat bagi orang lain itu adalah pemenang. Jadi saya berharap ajang #ngaBLOGburit2015 bisa diselenggarakan lagi di tahun depan. sekedar usul sih, akan lebih bagus kalau tidak hanya diselenggarakan pas ramadhan saja. Hihihihi.


Sedikit saya ingin mengajak diri saya sendiri bahkan teman-teman jika bersedia untuk merenung, sudahkah hari ini  kita berbagi dan memberikan kebaikan kepada orang lain sekalipun melalui tulisan?
jawabannya silahkan tanya hati kita masing-masing ya. 

Selamat berpuasa





6 komentar

  1. seruu juga ya dikasih tema dan harus langsung eksekusi.., harus berpikir cepat apa yang mau ditulis ya

    BalasHapus
  2. Setuju... Optimalkan waktu malam hari untuk bikin materi postingan buat blog.. sebab siang kalo lagi lapar barangkali gak bisa mikir... hehehehehehehe :)

    BalasHapus
  3. tahun ini nggak ikut....padahal lumayan seru,tapi apa daya...

    BalasHapus
  4. kalau gitu saya juga jawab dalam hati, deh hihihi

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan jejak di blog guru kecil ya. Mohon untuk tidak memberikan LINK HIDUP dalam kolom komentar. Jika memang ada,komen akan di hapus. Terimakasih;)