11 Juli 2015

Siang Bersama Bapak


Anak bapak sama calon cucunya lagi berquality time sama bapak. Iya, rasanya setelah menikah saya kok jarang banget sekedar ngobrol-ngobrol sama bapak. Dan itu bikin kangen banget. Dulu dikit-dikit bapak, apa-apa bapak. Lha sekarang? Sekalipun masih serumah ya udah beralih sama suami. Tahu nggak, kebersamaan dengan orang tua itu saat ini terasa sangat mahal.

Dari menjelang siang tadi saya lihat bapak asik dengan tumpukan koleksi dvd nya. Nggak tahu apa yang dikerjakan bapak yang jelas beliau memiliki koleksi dvd baik dari musik jawa klasik sampai musik dangdut, ceramah beberapa kyai sampai pertunjukan wayang. Maklum simbah calon debay ini orang seni jadi ya gitu deh beragam dan bisa dibilang lengkap.

Menjelang siang saya masih belum ngeh apa yang lagi ditonton bapak sama ibu. Cuma dari speaker menggema banget musik-musik gamelan jawa yang sekalipun saya nggak ngerti apa arti syairnya tapi enak juga didengerin. Reaksi yang ada di perut ikut gruselan loh. Xixixixi.. entah kebetulan atau bagaimana saya termasuk sering memperdengarkan musik ke baby termasuk murotal quran, beberapa respon dari baby memang dia bergerak dan salah satunya kalau denger alunan musik jawa. Gerakannya super. Mau jadi dhalang dek nantinya? Hahaha.

Oke balik lagi ke bapak, akhirnya saya putuskan buat ikutan gabung sama bapak ibu. Ternyata siang-siang gini bapak lagi asyik nonton wayang dari koleksi dvd nya. Ya sebagai seseorang yang suka dengan wayang sayapun ikut nonton sambil nunggu waktu buat masak. Tapi namanya juga orang jawa yang nggak njawani banget saya selalu tanya sama bapak. Ini siapa, itu siapa, artinya apa, sampai nama-nama perangkat wayang kulitpun saya tanyakan. Beruntung lagi bapak selalu dengan sabar menjawab apa yang saya tanyakan. Seperti itulah beliau dan nggak pernah berubah. Xixixi. Karena saya tahunya tokoh pewayangan yang umum aja dan sering ada di buku pelajaran bahasa jawa, jadi ketika ada pergantian tokoh ya selalu nanya. Padahal banyak tanya kan kelihatan o*n nya.wahaha...

Begitu deh ya kebersamaan kalo sama bapak, sekalipun saya itu sering banget berantem sama bapak tapi kalau lagi kumpul ya istilah jawanya nggulet banget. Sambil nonton wayang bapak bercerita kalau masa kecilnya tontonan favoritnya ya wayang, duduk didekat kotak penyimpanan wayangnya sambil bapak mbatin "aku nanti kalau besar harus bisa ndhalang". Ternyata apa yang dulu pernah dibatin sama bapak alhamdulillah kesampaian. Darah seninya mengantarkan bapak jadi orang yang dulu dimasa mudanya tergabung dalam perkumpulan wayang orang dan menjadi tokoh Werkudara. Bakat menarinya bapak diturunkan ke mbak yang masa kecilnya ikut bapak main wayang orang juga. Selain itu bapak selama dulu masih dinas sampai pensiun masih dipercaya orang untuk menjadi pranatacara di hajatan orang. tapi kalau melihat bapak ndalang saya belum pernah. Tapi paling tidak beliau bisa ndalang di depan para cucunya. 

Hemm... beginilah kalau serumah tapi sudah jarang untuk sekedar berquality time sama bapak. Jadilah siang kemarin  judulnya siang bersama bapak. Panjang umur ya pak, buk! nantikan cucumu ini lahir dan kelak biar bisa merasakan kasih sayang seorang mbah koko dan mbah utinya. ah..saya terharu!

5 komentar:

  1. Iya Bu, sekarang itu susah banget untuk bisa quality time. Pada sibuk sama kegiatan masing-masing. Apalagi papaku. Duh, super sibuk orangnya. Jarang bisa ketemu. Kangen bawaannya. Ya walaupun kadang aku suka bikin masalah, si bapak gak pernah tuh yang namanya marah sama aku. Kalau si bapak lagi ada waktu luang, apalagi libur, hari itu juga harus quality time pokoknya :)

    Oya, semoga anaknya bisa segera lahir dalam keadaan sehat ya bu, hehehe :D

    BalasHapus
  2. ayo jangan berantem terus ya

    BalasHapus
  3. Aku ketemu orang tua kalau saat liburan anak-anak saja seperti sekarang ini.
    Pasti Bapak, Ibu seneng ya Cheil, bentar lagi punya cucu :)

    BalasHapus
  4. Masih beruntung punya Bapak... saya mau ada Bapak di samping saya saat ini, tapi sudah tidak mungkin :(

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan jejak di blog guru kecil ya. Mohon untuk tidak memberikan LINK HIDUP dalam kolom komentar. Jika memang ada,komen akan di hapus. Terimakasih;)