Edited by Chela. Diberdayakan oleh Blogger.

Bayi Sungsang Jangan Dipijit

bumil narsis
Ternyata disekitar saya ini banyak sekali mitos dan pantangan bagi orang yang sedang hamil. Apalagi kalau didaerah saya ini soal adat masih dipercaya banget. Katanya sih ilmu-ilmu tentang mitos itu nggak sembarangan ada dan orang paham. Makanya kalau ada larangan ibu hamil jangan duduk ditengah pintu nanti kalau lahiran susah, atau ibu hamil jangan makan terong nanti anaknya terongan, dan blablablablabla kudu dipatuhin. Tapi kembali lagi seperti itu sih prinsip saya lillahita'ala, sebaik-baiknya pengatur dan penentu cuma Allah.

Ada mitos kalau bayi dalam kondisi sungsang bisa dirubah dengan cara pijit dan diputer. Mitos atau fakta ya tepatnya saya sih percaya gak percaya, cuma banyak banget saran orang yang masuk ke saya kalau mendingan dipijit ke dukun bayi. Pastinya soal dukun bayi sih tiap daerah ada kan ya, dan dipercaya bisa membantu memapankan posisi bayi yang sungsang.

Pernah sih saya 2 kali pijit di tempat yang jadi langganan saya. Kebetulan bisa dan paham soal pijit orang hamil. Begitu bagian perut dipegang saya menolak "jangan dipijit saya takut janinnya kenapa-kenapa!" Setelah melalui perdebatan antara saya dan si pemijit akhirnya perut saya ini nggak dipijit. Cuma dicek aja dengan ditekan-tekan ala bu bidan. Seminggu sebelumnya saya cek ke dokter padahal posisi sungsang, tapi kata si pemijit posisinya nggak sungsang alias mapan. Disitu saya merasa keki.

Dan setelah menanyakan ke mbak saya yang paham soal kesehatan memang dia melarang keras untuk pijit, ibu pun juga melarang keras buat dipijit sekalipun mijitnya cuma kayak dielus-elus. Mbak cuma bilang "jangan berspekulasi dengan nyawa apalagi masih di rahim. Secara medis memang tidak disarankan dipijit bahkan di puter. Ada yang berhasil tapi ada juga  resikonya. Nggak tanggung-tanggung resikonya adalah kematian. Kamu mau?" Nah loh....dari penjelasan itu akhirnya saya mengurungkan niat buat pijit demi posisi bayi saya kembali mapan. Ya, takut dengan resikonya nanti.

Waktu periksa di usia 8 bulan kemarin suami juga konsultasi ke dokter masalah pijit. Jawaban dokter juga melarang, kalaupun pada akhirnya masih tetap sungsang jalan aman ya operasi. Normal bisa tapi takutnya kalau nyangkut dan beresiko karena anak pertama. Maunya kan yang terbaik buat anak jadi ya kami menyepakati saran dokter sambil usaha dan doa. Usaha untuk terus nungging diatas sajadah setelah solat, karpet atau matras sambil yoga lewat download an youtube. Atau melakukan aktifitas kayak ngepel jongkok yang katanya bisa membantu bayi buat muter. Sekalipun ada kegalauan saya tetap percaya tidak ada perjuangan yang sia-sia. Jika pada akhirnya saya nggak bisa lahiran normal it's oke. Yang penting ibu dan bayi sehat selamat.

Sekedar sharing aja dan kembali lagi sih dikemantapan hati masing-masing ibu hamil. Mau dipijit atau enggak saat hamil yang penting kita berkewajiban menjaga dengan sebaik-baiknya nyawa yang sudah Tuhan amanahkan dalam rahim kita. Karena berjuang menjadi ibu itu adalah ikhtiar yang luar biasa, jadi saya lebih memilih untuk nggak lagi pijit hamil. Kata ibu "biarkan dia sesukanya dirahim kamu, karena nyamannya dia itu yang tau cuma dia. Nanti kalau sudah waktunya mapan dia akan mapan sendiri. Yang penting dijaga dengan baik." Baiklah.... pesan ibu harus dipatuhi biar nggak kualat.
Teman-teman pernah pijit juga pas hamil???

13 komentar

  1. Betul, entah dengan lahiran normal ataupun operasi yang penting bayinya sehat selamat ya Cheil.
    Aku nggak pernah pijit apalagi pas hamil, pernah baca juga entah dimana aku lupa, kalo menstruasi juga nggak boleh dipijit pinggang ke bawah. Pernah denger/baca nggak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo soal menstruasi aku kok belum pernah baca ya mbak li.....

      Hapus
    2. Aku jugaaa gk pernah pijit :D

      Hapus
  2. Pijit capek aja aku jarang, Chei, apalagi pijit hamil!! #lha nikah aja belum 😂
    Bener Chei, gk usah dipijit, ngepel jongkok aja & cara2 yg km sebutin tadi.
    Soal normal atau SC, dua-duanya tetap perjuangan ibu melahirkan & tercatat sbg jihadnya seorang wanita (bener kan ya? Sok teu gw). Semoga posisi dd bs normal yaa... Semangat, bumil 😘

    BalasHapus
  3. emang betul sih, takutnya ada kenapa2 sama rahim dan janin...kayaknya dulu ada berita seorang bumil mengalami pendarahan hebat abis diurut2 hikks..semoga bisa muter pada posisinya yaaa :)

    BalasHapus
  4. dulu sih nggak pernah sungsang, tapi antisipasinya kalo sholat sujudnya agak lama

    BalasHapus
  5. jaaaaangan dipijitttttttttttttt
    kalau pijet2 santai g papa kan bikin rileks
    kalau yang kenceng2 apalagi dukun bayi jangan

    BalasHapus
  6. Pernah denger kalo ga boleh dipijat tapi tergantung ibunya juga, hehe. Semoga selalu sehat ibu dan debaynya ya, mba. :*

    BalasHapus
  7. kehamilan ketiga ini sy 2 kali dipijit mba, krn posisi bayinya turun ke panggul. udh dipijit blm ada perubahan abis tuh dijaga sendri aja..dan banyk mnta pertolongan Allah. semoga sehat smpai persalinan ya mba :)

    BalasHapus
  8. Kalau secara medis memang tidak boleh Mbak, kalau kata dokter yang USG saya setiap kali USG juga bilang jangan dipijit bla bla bla.

    Tapi karena keyakinan ya Mbak di tempat saya masih banyak yang dipijit. Saya sendiri kalau membayangkan kok ya ngeriii.

    BalasHapus
  9. semoga istri saya besok lancar-lancar saja kalau hamil, aamiin

    BalasHapus
  10. Aku juga setuju itu... serem ah muter2 bayi yang ada dalam kandungan... kalo ada apa2 kan gak keliatan tuh.
    Semoga aja saat persalinan nanti sudah gak sungsang lagi, tapi kalo ternyata masih sungsang ya mending operasi,
    Yang penting ibu dan bayinya sehat dan selamat Chel.

    BalasHapus
  11. Di desaku juga masih kental banget mitos2 utl ibu hamil. Tapi, aku susah utk percaya. :D

    Terus berjuang ya, Mbak. Semoga bayi sehat. Ibu juga demikian.

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan jejak di blog guru kecil ya. Mohon untuk tidak memberikan LINK HIDUP dalam kolom komentar. Jika memang ada,komen akan di hapus. Terimakasih;)