Edited by Chela. Diberdayakan oleh Blogger.

JAMRAN 2015

Salam Pramuka!!

14 Agustus 2015 Indonesia memperingati 54 tahun Pramuka. Dengan mengusung semboyan " Pramuka Garda Terdepan Pelaku Perubahan Dalam Pembentukan Karakter Kaum Muda". Seperti biasa hari pramuka diperingati dengan banyak kegiatan praja muda karana. Ya upacara peringatan, sumpah ulang janji pramuka, bahkan sampai kemah.


Seperti halnya bulan Agustus yang selalu disibukkan dengan kegiatan peringatan hari Pramuka dan Proklamasi kemerdekaan, jangan ditanya gimana pembelajaran bulan ini. Sibuk! Hahaha... mempersiapkan kemah JAMRAN dalam jangka waktu 4 hari itu kurang keren apa coba guru jaman sekarang. Senin surat edaran datang ke sekolah dan tanggal 14 sudah dimulai perkemahannya. Ketika guru dituntut untuk gerak cepat dan tanggap, disitulah loyalitas dan tanggung jawab serta kinerja yang bagus dipertaruhkan. Ciye!!!

Lalu anak-anak gimana? Ah, mereka selalu asyik dengan dunianya. Menjadi pilihan dari sekolah, dilatih dan digojlog panas-panas mulai dari ketangkasan sampai kesenian selama 3hari baik jam sekolah maupun luar sekolah. Hebatnya mereka tetap happy dan menantikan tidur di tenda bersama teman-temannya selama 2 malam. Padahal dibalik kebahagiaan mereka ada wajah-wajah stres bapak ibu guru dengan jatah latihan sesuai juklak dan juknis pelaksanaan JAMRAN yang pada akhirnya akan diadu di tiap pos penjelajahan. Belum lagi bagian urusan dapur dan perlengkapan, bapak guru yang siaga menemani dan mengawasi anak-anak selama kemah. Fenomena itu biasanya cuma ada di bulan  Agustus.

JAMRAN kali ini diselenggarakan di sebuah lahan kosong dekat perumahan. Cuma yang mengenaskan ketika kapling anak laki-laki dapat di persawahan yang tanahnya pecah-pecah. Kadang pengen bilang "nggak ada lokasi lain?" Ah, tapi namanya anak pramuka harus disini senang disana senang. Haha.. Banyaknya peserta JAMRAN kali ini diikuti sekecamatan Purwodadi mulai dari dabin 1-8. Kebayang ramainya, banyaknya tenda yang berdiri, bendera yang berkibar dan menjulang tinggi mulai dari bendera merah putih, cikal, pandu dunia sampai bendera regu.

Perkemahan JAMRAN masih akan berlangsung sampai hari minggu. Saya cukup membantu doa saja karena lagi-lagi dapat spesial edition buat istirahat dirumah. Tapi dasarnya saya pengen ikutan lihat keseruan mereka jadi saya menyempatkan datang untuk mengabadikan beberapa momen mendirikan tenda sampai suasana makan malam anak-anak. Kerasa banget anak pramukanya kalau seperti ini. Hahaha...
Mendirikan Tenda
Kondisi Perkemahan

Kegiatan Hasta Karya
Situasi Perkemahan

Antri makan

Oke, semoga anak-anak betah. Tetap berlomba secara sportif dan kalaupun pulang tidak membawa predikat tergiat 1, 2, maupun 3 yang paling penting anak-anak sudah berani tampil. Selamat berkemah, Salam pramuka!!!!!

4 komentar

Silahkan tinggalkan jejak di blog guru kecil ya. Mohon untuk tidak memberikan LINK HIDUP dalam kolom komentar. Jika memang ada,komen akan di hapus. Terimakasih;)