Edited by Chela. Diberdayakan oleh Blogger.

Khasiat Minyak Blondo

pict from google

Diantara teman-teman sudah tau apa minyak blondo? Awalnya sih saya juga nggak ngerti itu minyak apaan. Dari pas hamil trimester pertama ada guru senior yang care banget dengan nasehat-nasehat seputar kehamilan. Salah satu pesan yg sering dia katakan adalah "kalau udah usia 8bulan nanti diminumi lengo (minyak) blondo ya".


Awalnya sih cuma diiyain aja, orang nggak paham sih sama minyak itu. Taunya ya minyak goreng, minyak kayu putih, minyak gosok, sampai minyak zaitun. Hahaha... Kalau dipikiranku sih blondo itu minyak dari Belanda, tapi kok ya jauh banget antara blondo sama Belanda. Xixixixi... Karena saking penasarannya saya akhirnya nanya ibu apa itu lengo (minyak) blondo.

Lengo (minyak) blondo itu adalah minyak yang terbuat dari kelapa. Jadi kelapa yang semanten diparut kemudian diambil santannya yang kental. Ingat cukup santan yang kental aja. Kemudian santan kental itu tadi dibikin minyak dengan cara dipanaskan. Kalau orang-orang dulu suka bikinnya pakai wajan atau penggorengan gedhe dan pakai pawon alias kompor bikinan sendiri dari tumpukan batu. Biasanya ada blondonya juga yang berupa butiran kelapa-kelapa kecil. Satu butir kelapa biasanya cuma sedikit aja menghasilkan minyak blondonya.

Bagi orang-orang jaman dulu minyak ini dipercaya memiliki banyak khasiat terutama buat ibu hamil. Kemarin waktu main ke rumah mertua juga ibu bilang "udah waktunya minum lengo blondo". Hadeh, saya ngebayangin aja udah eneg tapi ya sudah deh daripada udah dibeliin nanti mubadzir. Setelah saya nanya ke beberapa temen ternyata banyak diantara mereka yang mempercayai khasiat minyak blondo buat ibu hamil. Khasiat yang pertama adalah dipercaya bisa bikin lahiran secara normal jadi lebih gampang. Dalam artian "mbrojolnya" bayi jadi lebih mudah gitu. Takaran minumnya adalah  1 sendok makan dan sebelum tidur. Ini sih bisa percaya atau bisa juga enggak. Tapi yang jelas jika disarankan minum minyak blondo ya kalau pengen lahiran normal harus diikuti beberapa usaha lain seperti senam hamil dan latihan pernafasan. Khasiat yang lain dan ini juga sudah dibuktikan sama temen sekantorku adalah bisa mengurangi atau membantu menghilangkan strechmark dan bikin perut jadi mulus. Jadi semacam kayak lotion gitu deh. Dan komen teman saya adalah harganya murah dan lebih alami.

Sebenarnya banyak lagi khasiatnya cuma yang lebih tenar di masyarakat umum ya dua itu tadi. Percaya atau tidak itu semua tergantung kita ya. Kalaupun memang disuruh minum minyak blondo ya udah minum aja. Itung-itung nyenengin hati orang yang sudah beliin atau udah susah payah buatin minyak blondo.


Diantara teman-teman ada yang tau khasiat lain dari minyak blondo??? Kalau ada silahakan share di komentar ya... 

13 komentar

  1. Aku juga minum ini mbak sehari secendok. Etapi hari ini lupa nggak minum. Baca postingan mbak malah inget. Hihihi.

    BalasHapus
  2. Butiran2 kelapa yang kecil itu , galendo kalau kata orang Sunda.

    Kalau ngga salah, bagus buat pertumbuhan rambut juga ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau pertumbuhan rambut aku malah kurang tau bukkk

      Hapus
  3. waktu saya hamil pun dulu, gak begitu tahu manfaat minyak blondo ini atau VCO. Tapi skrg ini, saya rajin mengkonsumsi VCO

    BalasHapus
  4. aku juga taunya seperti ibu dey galendo enak dimakan tapi kalau kebanyakan pusing :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. begitupun minyaknya...kalo kebanyakan emang bikin pusing buk

      Hapus
  5. Aku gk pernah minum apa2 :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. masak iya nggak minum air putih sih? :P

      Hapus
  6. Banyak khasiatnya... Walaupun aku jarang konsumsi hehehe.. Di aini pakai minyak canola yg dari jagung chei

    BalasHapus
  7. Q jga mnum shari sesendok,,ktnya bagus buat janin,,sm buat daya tahan tubuh ibu dan janin,,buat air susu jg bgus,,jd q mnum dh dr skrg,,skrg jln 9 bulan,,

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan jejak di blog guru kecil ya. Mohon untuk tidak memberikan LINK HIDUP dalam kolom komentar. Jika memang ada,komen akan di hapus. Terimakasih;)