3 September 2015

Gawan Bayi

gambar dari google
September ceria!!!!

Gak berasa banget ya waktu kok jalan begitu cepat sekali. Udah September aja, tanggal muda gajian saatnya belanja ini itu. Haha.. itupun kalau udah gajian. Kalau belum gajian? Sabar aja ya....



Tinggal menghitung hari sih untuk launchingnya si baby. Banyak spekulasi disekitar saya mengingat jenis kelamin baby belum diketahui. Cowo atau cewe yang penting sehat. Tapi, tahu kan hidup sebagai orang jawa itu banyak mitos yang mengelilingi salah satunya soal gawan bayi. Bahasa indonesiannya sih bawaan si bayi gitu. Tapi apakah benar baby dalam rahim udah dikasih gawan yang ditanggung si ibu selama hamil? Entahlah... tapi ini dipercaya banget disekitaran saya. 

Semenjak lekasan atau trimester awal banyak yang menebak saya mengandung anak perempuan. Kenapa begitu? Gawan bayi yang ada dalam diri saya adalah wajah bersih, kulit terlihat cerah, terlihat lebih sering dandan dan auranya lebih terpancar. Ini sih katanya dari orang-orang yang melihat saya.

Tapi, keadaan itu berubah ketika sama memasuki kehamilan minggu ke 28. Tanpa saya sadari leher saya menghitam, daerah ketiak sampai menuju ke (maaf)  payudara ada bercak hitam, perut yang tampak menghitam dibeberapa tempat, sampai katanya wajah saya  terlihat gelap dan aura kurang terpancar. Spekulasi yang muncul bayi yang saya kandung berjenis kelamin cowo. Tadi cewe sekarang cowo... halah mbuh...hahaha

Cerita lain tentang gawan bayi mbak ketika dia mengandung si Keisha. Usia 24 minggu sampai menjelang lahiran gawan bayi yang dia alami adalah jari tangan sering kram. Akibatnya untuk berkendara dari rumah ke kantor dia bisa sampai istirahat 2x di pinggir jalan buat menghilangkan rasa kram di jari itu. Bahkan dulu saya sering jadi tukang ojek si mbak. Kasihan juga kalau sampai terganggu aktifitasnya kan. Berkorban demi seorang mbak itu..... ujung-ujungnya ya minta ditraktir bakso. Hahaha...

Kata orang tua gawan bayi nanti akan hilang ketika bayi sudah lahir. Jujur saja ada rasa gak PD kalau keluar rumah. Leher menghitam dikira gak mandi. Padahal sudah pakai lulur bahkan mensiasati dengan pakai syal atau scraft bahkan sampai dipoles pakai bedak buat sedikit menyamarkan warna leher yang menghitam. Tapi ya karena itu gawan bayi ya sudah dinikmati saja. Saya kadang bingung kenapa ada yang namanya gawan bayi. Ketika pengalaman orang jaman dulu itu menjadi senjata ampuh buat berkembangnya ilmu titen, rasanya ilmu kedokteran cuma sebagai pendukung saja. Padahal bisa dilogika juga bahwa karena faktor perubahan hormon dalam tubuh ibu hamil itulah yang menyebabkan adanya perubahan dalam diri. Secara kedokteran juga gak ada apa itu gawan bayi.

Ya, sebagai anak biar gak dibilang ibu hamil bandel ya disetujui aja soal gawan bayi ini.  Terlihat cantik atau enggak yang pasti aura ibu hamil itu terpancar jauh lebih sexy. Tapi ternyata ada bermacam-macam gawan bayi yang dialami ibu hamil. Bisa donk teman-teman share disini.. kalau gawan bayiku sih aku berubah jadi item, kalau kalian?? 

30 komentar:

  1. aku izin membaca dan menyimak ya mba hehehe

    BalasHapus
  2. Aku baru ngeeeh yang namanyaaa gawan bayi cheilaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mama boo tergantung dr lingkungan dan kepercayaan aja sih sebenarnya....

      Hapus
  3. Gawan bayiku dulu : aku jadi super keren hahahhaaaa *hoeeekkk

    BalasHapus
  4. aku dulu jadi lebih beruntung dapet macem2 pas hamil :v
    eh iku masuk gawan nggak yo wkwkwkwk

    ini nulis postingan mandi oraaa *dislepett

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mandi donk...tp ya ttp keliatan ga bersih kulitnya.wakakak

      Hapus
  5. Akuuu apa ya gawan bayiku. Oiya makanan yang dulu kusuka jadi ngga suka, kaya pempek gitu. POkoknya yang berbau ikan2 jadi enek ngeliat dan nyium baunya. Ngga suka juga sama bau tepung bumbu n obat pel yang wangi2 kaya mau muntah jadinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah...yg jd makanan favorit malah nggak disukain ya mbak..eh tapi aku ngalamin eneg sama bau2 gtu pas awal2 hamil

      Hapus
  6. gawan bayiku yg pertama jadi malas pinginya tidur muluuuu, kalau anak yg kedua, maalh aktivitas tinggi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mamah tira...katanya kalau pgn tidur terus anaknya cewe..sedangkan kalau aktifitas tinggi itu anaknya cowo

      Hapus
  7. wktu anak pertama juga gitu. lehet jd hitam segala. Tp krn pke krudung gak kelihatan deh, hihi.
    Kalau anak kedua, gak ada kyknya.

    BalasHapus
  8. yang mau melahirkan bulan september :) semoga dilancarkan ya ibu guru..sehat terus debay dan ibunya...

    BalasHapus
  9. saya belum nikah jadi ga tau, thanks sharing nya mbak :)

    BalasHapus
  10. nyimak aja aku belum punya bayi :)

    BalasHapus
  11. Aku apa yaaaa,,oh iya ingat jerawat jadi hilang loh,, trus sudah melahirkan jerawatan lagi hihiii
    Bener banget mak pengaruh hormon memang bisa terjadi saat hamil.

    BalasHapus
  12. waduh apa ya dulu itu, waktu hamil anak pertama wajah kinclong deh alus, tapi males masak kalo bau bawang putih suka mual. Yg lahir anak cewek :D

    BalasHapus
  13. aku gak ngerti artinya gawan Chel

    BalasHapus
  14. gawan bayi pernah denger tapi enggak ngerti

    BalasHapus
  15. Biasanya orang2 tua suka liat bentuk perut untuk menebak jenis kelamin bayi sih Chel.
    Tapi emang iya... di tempatku juga gitu... kalo si ibu tampak lusuh, gak suka mandi, gak suka dandan pasti diduga bayi yang dikandungnya cowok. Emangnya cowok identik dg lusuh dan gak suka mandi ya? hahaha.... embuhlah Chel....
    Semoga kamu nanti lancar pas persalinan ya? BTW jadi operasi?

    BalasHapus
  16. Itu yg terjadi pada Ibunya Kesya terjadi di aku juga. Sering istirahat kalau perjalanan ke kantor. Tapi, kalau aku krn mual. :D

    Mbak, selamat, yaaa. Baby-nya cewek. Bahagiaa bgttt!

    BalasHapus
  17. hahahahaha....Istilah "Gawan Bayi" ini membuat saya tertawa. menurut saya ini adalah istilah orang jawa untuk menyebutkan penyebab sesuatu yang terjadi yang dihubungkan kehamilan. ada juga istilah "Gawan Lair" yang menjelaskan untuk istilah genetik dan kongenital. Semoga ibu dan janin sehat...amien

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan jejak di blog guru kecil ya. Mohon untuk tidak memberikan LINK HIDUP dalam kolom komentar. Jika memang ada,komen akan di hapus. Terimakasih;)