10 September 2015

Khasiat Air Kelapa Muda


Pastinya udah gak asing lagi kan sama tumbuhan sejuta manfaat.Yup, pohon kelapa, baik batang daun sampai buah kelapa bisa dimanfaatkan oleh manusia. Nah ngomongin soal buah kelapa, tentu bukan hal yang asing. Apalagi kelapa yang masih muda, dibikin es kelapa muda diminum saat udara lagi panas-panasnya. Es the aja bisa lewat segernya jika dibkndingkan dengan kelapa muda yang dicampur semacam rumput laut, kolang kaling, agar-agar, tape, dan susu. Jadi kebayang es teler yang biasa saya beli dikedai es langganan. Hmm..seger!!


Tapi pernah denger gak kalau air kelapa muda khususnya kelapa ijo itu kalau dikonsumsi ibu hamil punya manfaat yang sangat baik. Ternyata  air kelapa muda itu banyak mengandung kalsium, kalium, elektrolit, klorida, magnesium, riboflavin, dan juga sodium. Selain itu air kelapa muda bisa sebagai isotonik alami yang kaya mineral dan isotonik cair yang sama dengan kandungan cairan di dalam tubuh. Makanya kita bisa terhindar dari dehidrasi kalau minum air kelapa. Bahkan untuk ibu hamil yang notabene cepet capek air kelapa bisa membantu memulihkan stamina.

Kalau buat bayi efeknya ada nggak sih  selama hamil minum air kelapa? Ini entah  mitos atau fakta yang sudah turun temurun. Konon katanya orang tua jaman dulu sering minum air kelapa bisa bikin bayi jadi bersih dan putih. Untuk memulai mengkonsumsi air kelapa memang tidak ada patokan utama sejak kehamilan usia berapa minggu bahkan aturan sehari berapa gelas juga tidak ada, tapi lebih sering minum air kelapa katanya lebih bagus buat bayi nantinya. Saya juga minum karena menuruti saran ibu yang tiap kali belanja selalu bawain air kelapa. Dan itu rutin mulai kehamilan usia 26minggu.

Memang sih minum air kelapa muda itu seger apalagi kalau pakai es dicampur sirup. Tapi kadang ada efek yang mungkin muncul yaitu badan jadi agak pegel. Benar atau enggak efek itu semua tergantung dari bawaan masing-masing ibu hamil sih. Kalau melihat kandungan dari air kelapa muda itu sendiri rasanya sangat recomended buat dikonsumsi tiap hari. Nah kalau bikin bayi lahir nanti kulitnya bersih dan putih semuanya tergantung dari kepercayaan para ibu. Nanti akan saya buktikan dengan foto anak saya saat lahir. Beneran bersih putih atau enggak kita lihat saja nanti ya.  Karena ketika hamil banyak sekali mitos atau fakta yang berseliweran. Jika memang bikin bayi jadi bersih dan putih ya Alhamdulillah deh. Yang penting sehat dan selamat. Aamiin. 

11 komentar:

  1. Klo pas hamil muda boleh ga tuh mak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada yang billang jangan dulu...tapi untuk alasan aku belum nemuin yang akurat alasannya

      Hapus
  2. Mitosnya ndak berlaku buat saya mbak, waktu hamil pertengahan, 2 hari sekali saya makan 1 buah kelapa muda (karena muntah terus). Tapi ketika lahir bayi saya merah banget cenderung hitam, tapi seiring bertambahnya usia kulitnya mulai bersih. :)

    Semoga lancar sampai melahirkan ya mbak.....

    BalasHapus
  3. Kayaknya bagus2 aja...sugesti juga meureun yaaa

    BalasHapus
  4. Aku percayaaa.. Anakku bersih waktu dilahirkan (kata dokter dan suster2 sih itu juga, haha). Trus langsung PD itu gegara aku emang suka bgt minum air kelapa ijo dari semenjak usia kehamilan 2 bulan   Tp beneran lho air ketubanku juga Alhamdulillah bagus selama kehamilan.

    BalasHapus
  5. Kalau aku malah keram kaki mbak setiap habis minum air kelapa muda. Padahal doyan bgt.

    BalasHapus
  6. Ada tetangga pas hamil tiap hari sama ibu mertuanya dikasi minum air kelapa. Pas udah lahir hingga skrg anaknya usia 7 tahun kulitnya putih bersih. Bisa jadi itu bener hihihi

    BalasHapus
  7. Segarnya es kelapa muda. Wah, baru tahu tentang info ini.

    BalasHapus
  8. Meskipun nggak berkorelasi dengan putih dan bersihnya bayi, air kelapa muda emang segeeeerrr banget :)
    Aku gak minum air kelapa pas hamil, anakku dua2nya ya putih semua pas lahiran, wong bapaknya kulitnya putih banget :D :D

    BalasHapus
  9. aku minum air kelapa muda tiap hari waktu hamil alvin tapi krn pingin seger. Alvin putih gak ya hehehe gak kayanya

    BalasHapus
  10. kalau aku sih setiap sesudah berolahraga sering minum air kelapa muda, dan hasil yang dirasakan memang nikmat

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan jejak di blog guru kecil ya. Mohon untuk tidak memberikan LINK HIDUP dalam kolom komentar. Jika memang ada,komen akan di hapus. Terimakasih;)