Edited by Chela. Diberdayakan oleh Blogger.

Khasiat Bedak Adem

bukan kacang atom
Bagi sebagian orang tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya bedak adem. Bedak yang bentuknya bulet-bulet bisa berukuran kecil atau sedang. Kalau dimasukin ke toples bisa terkecoh orang yang lihat. Dikira kacang atom yang asik buat di cemil. Gak taunya justru bedak adem yang mana lekat banget untuk wanita yang baru melahirkan dan juga buat bayi. Eh tapi gak berbatas buat wanita yang habis melahirkan aja sih, dulu jaman belum nikah juga suka pakai bedak adem.


Kenapa sih dinamakan bedak adem? Yang jelas nggak ada pakemnya kenapa dinamakan bedak adem. Cuma karena kalau dipakai dikulit terasa adem dan cocok banget kalau udara panas, jadilah orang-orang menamainya bedak adem. Selain adem juga memiliki bau yang khas banget. Memang kalau pakai bedak adem ini muka atau badan Nampak clomengan putih gitu, tapi percaya deh ternyata ada berbagai khasiat kalau kita memakai bedak adem ini, diantaranya :

Bedak adem dipercaya bisa bikin kulit halus dan bersih. Karena bahan dasarnya ini bisa dibilang alami yaitu beras yang ditumbuk sampai halus, campuran rempah-rempah yang saya kurang paham apa aja ramuannya  jadi aman juga buat kulit. Bagi wanita yang habis melahirkan, mungkin ada bawaan bayi dimana beberapa bagian tubuh menghitam dan tampak kotor (seperti yang saya alami). Nasehat ibu untuk memudarkan bekas-bekas hitam dan biar kulit jadi tampak bersih bisa pakai bedak adem ini. Dengan pemakaian yang rutin diyakini bisa membersihkan kulit dan efeknya kulit memang jadi lebih halus. Saya masih dalam proses pembuktikan ini, dan semoga bekas-bekas hitam ini bisa segera hilang.

Khasiat berikutnya, bedak adem ini dipercaya bisa membantu menghilangkan rambut-rambut halus yang ada dalam tubuh bayi. Jangan heran kalau ada bayi yang clemongan putih baik di muka atau badannya, tujuannya biar tubuh bayi bersih dari rambut-rambut halus. Biasanya yang sering dilumuri bedak adem adalah bagian wajah, tangan dan kaki. Istilah gampangnya biar kalau gedhe nanti mulus dan nggak banyak rambut halusnya. Hehehe…

Selain itu bedak adem juga digunakan sebagai pelengkap bobok sawanan bayi. Istilah sawanan itu bisa dibilang sebagai ramuan yang dipercaya bisa menghalau “gangguan” dari luar. Bayi itu rentan dengan godaan wujud yang tidak kasat mata (katanya) atau bahkan “saudara” yang biasa disebut kakang kawah adhi ari-ari pun juga bisa ikut menggoda. Nah, ibu kemarin bikin bobok sawanan dengan bahan alami dari tanaman bengkle yang dicampur dengan bedak adem. Biar bayi gak rewel bobok sawanan ini nanti diusapkan ke ubun-ubun, tengkuk, dan kakinya. Mungkin bisa semacam sugesti, tapi semua kembali lagi ke individu masing-masing.

Itu tadi khasiat dari bedak adem yang keberadaannya memang jarang. Kenapa jarang? Karena biasanya dijual di penjual keperluan bobok sawanan bayi saja dan itupun penjualnya udah mbah-mbah banget. Kalaupun bikin juga sebenarnya bisa tapi jaman sekarang pada gak mau ribet. Tapi ingat karena pemakaian dari bedak adem ini pertama harus diencerin dulu pakai air, setelah diusapkan ke bagian tubuh lama kelamaan akan mongering dan jeleknya akan muncul semacam debu putih dari bedak adem yang kering itu. Jadi kalau pakai bedak adem kemudian bersin-bersin ya dinikmati saja deh, selain adem sensasi bersin-bersinnya itu yang seru. Tapi hati-hati ya, kalau dekat bayi jauh lebih baik kalau dibersihkan dulu. Kasihan nanti kalau bayinya sering bersin kena rontokan debu bedak adem. Hihihi…


Semoga bermanfaat!!!

5 komentar

  1. Saya suka pakai bedak, hehehe 😊

    BalasHapus
  2. Aku dulu pernah pake campur air mawar buat muka, biar jerawat ilang kata mama dulu hihi :)

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan jejak di blog guru kecil ya. Mohon untuk tidak memberikan LINK HIDUP dalam kolom komentar. Jika memang ada,komen akan di hapus. Terimakasih;)