22 September 2015

Semangat ASIX

tandon asi
Sejak mengetahui bahwa saya hamil saya sudah berencana pengen kasih ASI ke anak saya nantinya. Bahkan sebelum menikah aja saya udah rasan-rasan sama mbak kalau nanti anaknya dikasih ASI. Makanya saya berusaha cari info tentang ASI. Bahkan bapak sama ibu aja berpesan kalau anak saya harus ASI. Suami? Karena menyadari belum mampu beliin susu formula ya suami juga menyarankan ASI. Ya sudah...sepakatlah kita pro ASI.

menurut saya, banyak yang harus dipelajari jika kita mau kasih ASI nantinya ke anak kita. Ya, jadi ibu memang gak ada sekolahnya tapi kita beruntung dengan kecanggihan teknologi saat ini memudakan kita buat belajar apa aja termasuk tentang ASI selain itu banyak sharing sama ibu-ibu yang lebih senior juga ga ada salahnya. Saya memang anak ASI tulen bahkan sampai umur 5 tahun aja masih kenyot nenen ibu. Semoga ini gak menular ke Intan. Kalau jaman dulu ASI suka dibuang-buang padahal kan sayang banget ya.

Sejak usia kehamilan 30 minggu secara gak sengaja saya pencet udah keluar (saat itu gak paham itu ASI apa bukan). Alhamdulillah waktu Intan IMD yang katanya ASI pertama mengandung kolostrum bisa dilahap oleh Intan. Pasca operasi kemaren ada teman yang besuk dan nanya soal ASI.

Temen :" Asimu udah keluar to?"

Saya: "Alhamdulillah...udah."
Temen : "kehamilanku udah 8 bulan lebih tapi kok kalau aku pencet-pencet ASI nya belom keluar? Nanti aku disumbang ASI dari kamu ya?"
Saya: "Lha, kamu gak pengen kasih ASI?"
Temen: "Entahlah..."


Jujur aja kaget kenapa belom-belom udah pesimis gitu. Padahal lho ya (ini murni dari pikiran saya) ASI itu murah dan mudah didapat asal kita mau berkorban dan berusaha *ciye*. Berkorban dengan rela bangun tiap 2 jam sekali buat kasih nenen, berkorban buat anggaran  belanja jadi lebih banyak untuk asupan gisi si ibu yang nantinya sari-sari makanan diserap bayi lewat ASI, atau bahkan kita bermodal untuk membeli kulkas baru 2 pintu yang khusus untuk menyimpan ASI perah. Menyiapkan breastpump dan botol-botol kaca, sampai harus rela meluangkan waktu buat memompa ASI demi tandon di kulkas yang kata dokter Anita ASI beku bisa bertahan selama 6 bulan.

Yang saya lakukan untuk merangsang ASI selama saya hamil adalah memijat (maaf) payudara dengan minyak kelapa,minyak zaitun, atau baby oil. Tutorialnya di google banyak kok. Selain itu memperbanyak konsumsi buah dan sayur, minum sari kacang hijau atau saya dulu bubur kacang hijau. Katanya selain bagus untuk merangsang tumbuhnya rambut bayi, sari kacang hijau juga bagus untuk produksi ASI. Dan yang paling penting usahakan si ibu menyusui selalu happy karena kran ASI ada di otak kita. Saat stress memang berpengaruh banget, ini kebukti sih 2 hari ini saya stres produksi ASI nggak sebanyak biasanya. Satu hal lagi peran suami juga penting dalam mendukung istri untuk memberikan kenyamanan dan perhatian selama istri memberikan ASI. Terutama saat pemberian ASI eksklusif di 6 bulan pertama kehidupan si bayi. Jadi para suami jangan cuek ya, mendampingi dan sekedar memegang bahu istri itu sudah cukup bikin adem dihati kok. *ciye agak curhat*

So para ibu dan calon ibu, saya bukan ingin menggurui tapi semua pilihan ada dalam diri masing-masing. Mau ASI atau Susu formula tidak ada yang salah. Yang paling penting berikan yang terbaik untuk buah hati kita ya. Dan sekali lagi apa yang kita pilih selalu ada konsekuensinya jadi ya harus siap. Yang penting anak sehat ibu sehat dan tetap semangat ASIX!!!

5 komentar:

  1. AKu beberapa kali nyoba merah cuma dapet dikit terus nyerah *payah*. Akhirnya yaudahlah mimiin langsung dari sumbernya secara aku ma baby terus, cuma ya itu kalo di tempat umum agak susah karena harus cari tempat yang nyaman buat nyusuin

    BalasHapus
  2. senang sekali melihat asi sebanyak ini..pasti dede intania senang deh...akan selalu kenyang dengan minuman bergizi ini...smoga asiku lancar juga nantinya....

    BalasHapus
  3. Memberika ASI termasuk bagian dari cara memberikan yang terbaik kepada buah hati tercinta ya, Mbak :)

    BalasHapus
  4. Semangat terus ASinya sampai 2 tahun ya Chel

    BalasHapus
  5. Bahagianyaaa intaaan. Smoga asiku lncar jugaaa nmti ya.

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan jejak di blog guru kecil ya. Mohon untuk tidak memberikan LINK HIDUP dalam kolom komentar. Jika memang ada,komen akan di hapus. Terimakasih;)