24 Oktober 2015

Benda-Benda Yang Terlupakan

Coba lihat sekitarmu, ada gak barang-barang yang dulunya sangat berharga tapi sekarang ini menjadi yang hampir dilupakan atau bahkan sudah sangat dilupakan? Kalau dirumahku sih ada banget, saya menemukannya waktu beberes rumah. Yakali mahmud ini sok-sok an rajin beres-beres rumah. Ada bayi jadi diusahakan bersih dan bebas debu.


Dulu barang-barang ini rasanya jadi barang mahal dan penting banget. Tapi karena perkembangan jaman yang serba cepat, canggih, dan praktis jadilah pada berpaling ke lain hati. Barang-barang itu diantaranya:

1. Radio
Jaman kuliah radio ini menemani selama 4 tahun di kos. Disaat teman-teman asyik dengan tv dikamar masing-masing, saya masih asyik dengan radio. Karena cuma itu hiburan kalau kesepian di kos. Dan saat ini radio lagi dicari-cari sama si papa, katanya mau mengembalikan kenangan masa muda yang dulunya suka dengerin radio. Eh tapi jadi ajang nostalgia juga buat saya, secara pernah icip-icip jadi penyiar.


2. Telepon kabel
Dulu sebelum gadget merajalela telepon rumahh sering banget berdering. Seringnya sih nyari saya walaupun sekedar godain aja. Jaman dulu kan kalau ditelpon gebetan hepi banget kan ya. Prnah juga kena uring-uringan seisi rumah karena tagihan bulanan jebol gara-gara sering mainan telfon. Karena jaman dulu yang namanya HP masih jarang banget. Nah setelah seisi rumah udah punya handphone, sudah hampir 3 tahun ini deh telepon rumah bener-bener gak pernah berdering. Gak tau juga sih kali aja diputus sama perusahaannya. Gak pernah bayar abonemen sih. Xixixixixi...


3. TV tanpa remote
Tv dari jaman mbah masih sehat ini teronggok gitu aja sih. Tv kuno yang memiliki delapan tombol untuk chanel pun udah gak pernah nyala lagi. Kalau mau pindah chanel harus muter-muter pengaturannya dulu dan nyari-nyari sinyal stasiun TV. Bahkan saya menjadi saksi bapak muter-muter antenna tv demi gambar yang jernih. Baydewei TV tanpa remote ini merupakan peninggalan simbah saya, dan jaman kecil saya dulu kalau malam ramai banget saudara dan tetangga berdatangan kerumah demi nonton TV.


4. Mesin Ketik
Kalau malam dulu sering banget denger suara ketak-ketik di meja kerja bapak. Belum paham sih itu namanya apa, tapi hampir tiap malam bapak ngadep ke mesin yang bikin berisik itu. Eh gak taunya mesin ketik yang identik dengan suara berisik ketika keyboard (bener gak sih) ditekan dengan jari. Butuh tenaga banyak sih menggunakan alat ini, secara kalau cuma mencetnya kayak mencet keyboard laptop atau computer gak akan terpental ke tinta pita dan kertas. Sekarang jarang banget yang punya mesin ketik, karena jaman udah berkembang jadinya bergeser ke computer atau laptop.

Nah, ada gak sih beberapa benda dirumah kalian yang sudah mulai terlupakan???

3 komentar:

  1. Anu mbak, sisir, saya jarang sisiran jadinya terlupakan. hehehe

    BalasHapus
  2. sampai sekrang masih aktif dnegerin radio aku mbak hehe,kalo tidur dinyalain,soalnya radionya 24 jam^^

    BalasHapus
  3. hmm........ apa yaa? kaset..

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan jejak di blog guru kecil ya. Mohon untuk tidak memberikan LINK HIDUP dalam kolom komentar. Jika memang ada,komen akan di hapus. Terimakasih;)