10 Oktober 2015

Dibalik Penulisan Gurukecil

Dibalik guru kecil dan pembuatan blogpost yang selama ini sudah berjejer rapi di lemari arsip, ternyata tanpa disadari saya melalui beberapa proses yang bisa dibilang lumayan. Lumayan gampang kalau pas otak bener-bener singkron sama semuanya, lumayan susah kalau pengen nulis tapi otak lagi macet. Mungkin saya lelah. Hahaha...




Seperti beberapa postingan di blog beberapa bulan ini, seolah kejar-kejaran dengan waktu deh. Iya, paling gak dulu waktu masih hamil ada satpam yang suka negur kalau berlama-lama di depan laptop. Jadilah saya memanfaatkan hp buat ngeblog. Itupun kalau udah kelewat waktu lagi-lagi satpamnya protes. Hahaha... dibilang Ngeblog boleh tapi jaga kondisi. Karena  suka lupa waktu kalau udah di depan laptop.

Padahal yang namanya menulis itu bukan satu hal yang mudah bagi saya. Karena saya tidak ada basic nulis jadi ya jatuhnya nulis kayak tsurhatan aja sih. Berharapnya para pembaca gak ngrasa gimana gitu baca tulisan saya, tapi kalau tau-tau ada yang klik icon close tab ya.... jangan donk.hahaha maksa!

Setiap blogpost bukan simsalabim  dan tau-tau publish gitu. beberapa hal berikut yang menjadi serba-serbi disaat saya menulis di blog, diantaranya :

Datangnya ide

Kayak jelangkung sih ide itu. Datang tak dijemput pulang tak diantar. Tau-tau datang eh begitu dibutuhin kadang ide gak muncul. Kalau pas ikut lomba dan ide mengucur deras sih enak banget, lah kalau gak ada ide rasanya nulis kok gini amat susahnya. Bahkan ide itu tiba-tiba muncul kalau pas lagi ngajar. Lagi asyik jelasin materi ke anak eh gak taunya mak sliwer gitu aja ide datang diotak. Yasudah buru-buru aja ditulis atau seringnya sih diinget gitu. Jeleknya ya kalau mau kembangin ide suka lupa.


Waktu penulisan postingan

Kalau urusan nulis postingan ya seringnya disela waktu gitu. Justru kalau meniatkan diri buat nyalain laptop seringnya malah melenceng ke facebookan. Dalam hati suka bilang sih "nulis tar aja deh yang penting fb an dulu". Hahaha... seringnya malah gak jadi ngeblog. Daripada diterus-terusin ga jadi ngeblog, postingan saya cicil gitu nulisnya. Kalau pas lagi lancar ya langsung jadi drafnya. Medianya kalau gak blocknote dengan tulisan acakadut atau saya biasa ngedraft di hp. Manfaatin gadget gitu deh dan kebantu banget sekarang sejak pasang aplikasi blogspot. Jadi nanti kalau mau posting koreksi dulu pakai laptop. Kalau sekarang nulis postingan itu disaat Intania bobok. Jadi berharga banget waktu luang saat ini, selain buat istirahat bisa juga buat nulis postingan sambil tiduran gitu. Kalau Intan nangis ya sudah stop, dan ide seringnya ikutan stop.


Pernah menulis disaat galau dan pelarian dari putus cinta

Gak bisa dipungkiri kalau ada pepatah bilang "karya terbaik seseorang itu dihasilkan ketika dirinya galau". Entah pepatah darimana tapi saya kok ya percaya. Ada saat dimana saya jatuh, salah seorang teman blog bilang "nulis aja buat obat galau". Menuruti nasehat teman, saya fokuskan untuk menulis di blog. Pelarian dari kesendirian dan patah hati kala itu dengan ikut GA dan lomba-lomba. Semakin kecewa ketika dari beberapa GA yang saya ikuti hasilnya ZONK, tapi kecewa itu diobati dengan hasil yang saya peroleh dengan menjuarai kontes blog jaman kampanye pilpres dulu. Hehehe... galau dan menang, hadiahnya dipakai buat beli hp. Dan soal tulisan yang saya hasilkan disaat galau silahkan baca dipostingan yang berjudul "Peran Guru dalam Mewujudkan Indonesia Hebat". Ternyata ketika kita berusaha meluapkan kegalauan dengan hal postifi, hal baik akan mengikuti juga.


Sering Dikoreksi ulang

Kebiasaan disekolah sih suka  koreksi kerjaan anak. Biasanya sebelum posting saya baca ulang dengan maksud kira-kira pantes gak buat dipost. Kalau dirasa gak pas ya sudah diedit-edit lagi gitu. Selain melihat sisi kelayakan tayang, juga mengantisipasi typo, dan bahkan kalau menemukan kalimat yang dirasa ambigu. Saya menyadari sih sering banget bikin kalimat ambigu. Hahaha... 
Bukan cuma koreksi tata bahasa, pilihan foto juga pengaruh banget. Jadi saya usahakan fotonya nyambung dengan tema tulisan. Kayak postingan Menawannya Bukit Menawan, untuk urusan foto sih sampe dibela-belain ngebolang gratis naik bukit. Biar dikata no hoax jadi ya plesiran sambil foto dan tayang di blog. Modus lainnya ya biar lebih femes. Kalau udah semuanya tinggal posting deh. Sekalipun tulisan di blog ini masih dibilang jauh dari sempurna, tapi saya percaya tetap ada sisi positif yang bisa saya berikan ke pembaca. Ya sih gurukecil ini belum setenar blog yang lain, tapi saya bersyukur melalui blog ini saya dapat banyaknhal baru. Lewat tulisan saya dapat teman baru, ilmu baru, hadiah dari GA dan lomba blog.


Dibalik penulisan blogpost di gurukecil ini saya juga pengen semacam bikin personal branding buat kalangan teman-teman kerja.*CIYEEEEEEE* .  Disini kalau saya lihat jarang sih seorang guru yang ngeblog. Makanya selagi saya punya peluang di dunia maya saya pengen manfaatin sebaik-baiknya.

Yuk ngeblog dan PD aja dengan karya yang sudah hasilkan. Bagus atau jelek semua hanya label yang diberikan orag lain. Dan yang pasti ciptakan peluangmu melalui hal yang kamu sukai, yaaaaa.


Tulisan ini diikutsertakan dalam Giveaway Cerita di Balik Blog 





8 komentar:

  1. Menulis disela2 melakukan pekerjaan lain itu sulit.. Terlebih untuk tetap konsisten dengan menulis itu sendiri..

    BalasHapus
  2. Tosss
    Apa yg kamu rasa sama kaya aku
    Socmed tu godaaan terbesar :)

    BalasHapus
  3. Hai kak guru kecil, salam kenal ya :)
    Semoga ngeblognya makin kece dan makin sering dapat hp lagi. hehe. Karena dapet hadiah itu moodbooster banget kan ya :D

    BalasHapus
  4. hehe, kalo ide itu kayak jelangkung, mungkin perlu diikat dengan menulis. nulis di note hp dulu, mba. :D

    BalasHapus
  5. Serem amaaat jelangkung hehehe.. Sukses terus ngeblognyaaa ya cheilaaaa...dan memang ngeblog tuh solusi buat yg galau hehehe

    BalasHapus
  6. Tau tau datang eh pas dibutuhin gak muncul hahahahahaha iya banget ini :)))

    BalasHapus
  7. semangat terus ngeblognya ya Chei :)

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan jejak di blog guru kecil ya. Mohon untuk tidak memberikan LINK HIDUP dalam kolom komentar. Jika memang ada,komen akan di hapus. Terimakasih;)