Edited by Chela. Diberdayakan oleh Blogger.

Larangan Ibu Menyusui

Sebagai ibu menyusui saya sering banget ditegur. Kayaknya hidupku ini penuh teguran kali ya. Hahahaa... lagi dan lagi mitos atau fakta itu ada disekeliling saya dan itu bikin keki deh. Saya ngrasa kalaupun diterapkan di jaman sekarang kok ya udah ga jamannya lagi, atau kalau dilogika juga sepertinya gak masuk banget. Dan itu bikin dilema loh.


Etapi yang namanya busui itu harus heppy kan ya. Jadi ya saya cukup diiyain aja kalau ada teguran ini itu. Bukannya gak menghormati sih, tapi lebih mejaga mood biar ga berantakan dan berpengaruh ke produksi ASI. Beberapa teguran bahkan pantangan itu saya share ke temen-temen busui senior dan ternyata mereka mengalami hal yang sama dengan saya. TOS!!!!

Teguran bahkan larangan yang pernah saya terima itu diantaranya:
  • Sekali menyusui harus gantian kanan kiri
Sepemahaman saya menyusui ya dari salah satu sisi PD sampai dirasa kosong baru pindah ke sisi satunya. Ternyata bagi orang jaman dulu enggak, saat menyusu di sisi kiri setelah dirasa bayi agak kenyang dipindah ke kanan. Alasanya biar PD tidak besar sebelah. Padahal kalau diperhatikan memang PD cenderung gak simetris (silahkan cek sendiri). Pernah saya praktekin ke Intan hasilnya dia ngambeg dan ga mau nyusui.


  • Minum air putih bayi jadi pilek.
Analoginya yang minum ibu, tapi kenapa saya ditegur ketika meneguk segelas air putih dibilang nanti bayinya pilek. Jujur ya sempet percaya gitu aja sih. Hahaha... Padahal udara panas banget, saya udah nahan buat gak minum es walaupun kadang suka curi-curi. Pilek enggaknya tergantung dari sekitar, kalau saya pilek kemungkinan bayi akan tertular.Dan jauh lebih bagus kalau pakai masker jika dirasa ada gejala pilek. Padahal sebenarnya air putih  justru bagus kan buat metabolisme tubuh, dan disarankan sehari kita minum air putih sebanyak 8 gelas


  • Makan pedas bikin ASI pedas.
Ibu suka wanti-wanti kalau urusan pedas. Takutnya Intan ga mau nyusu karena ASI pedas. Geli juga sebenarnya, padahal makanan pedas itu moodboster buat saya. Apalagi kalau lagi kesel bawannya pengen makan pedas daripada omongan yang pedas kan mending makan. *say hi buat jarum timbangan deh*. Dan sebenarnya sekalipun makan pedas gak ada korelasinya sih sama ASI nya.


  • Mangga bikin bayi diare

Kebetulan musim mangga dan lagi berbuah meskipun dikit. Pernah ada mbak  Jujuk si pijit langganan pas dirumah bilang kalau ibu yang menyusui jangan makan mangga nanti anaknya diare. Padahal mengkonsumsi buah salah satunya mangga baik buat ibu menyusui kan. Belum lagi kandungan vitamin C nya dan mbak sering bilang kalau saya harus banyak makan buah dan sayur. 

Larangan diatas yang pernah saya temui. Belum lagi larangan ini itu lainnya yang sebenarnya bikin gemes. Masa iya ini gak boleh ini juga gak boleh, padahal kalau menyusui bawaanya laper. Hehehe… Saya sedang belajar jadi ibu menyusui, jadi setidaknya kita harus be smart menerima saran ini itu deh. Kalaupun dapat teguran diiyain aja dan kalau dirasa masuk akal mending dituruti. Apapun itu yang jelas be happy deh. 

adakah yang pernah mengalami dapat teguran  dari orang tua saat menyusui?? Share yuk.....

4 komentar

  1. kalau aku dulu nggak ada larangan apa2 sih..
    malahan disuruh makan melulu, ngemut ketumbar gongseng katanya supaya nggak amis, dna banyak makan sayuran .., sampai ibuku bela2in cari sayur rukuh2 khasnya orang Batak untuk perlancar asi..., padahal rasanya menurutku kurang enak

    BalasHapus
  2. Dulu waktu nyusuin katanya kangkung bikin bayi mencret. Tapi aku makan aja gak apa tuh :D

    BalasHapus
  3. Wah, banyak juga ya mitos- mitos begitu. Huhuhu. Masyarakat kejawen memang aneh- aneh :)
    semangat ngasi Intan ya mba cheiiii..

    BalasHapus
  4. Hidup di Desa itu nikmat banget ya, Mbak. Banyak ini itunyaaa. :D

    Yg penting, makan dan minum yang menyehatkan, ya. Biar Dede Intan tambah sehaat.

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan jejak di blog guru kecil ya. Mohon untuk tidak memberikan LINK HIDUP dalam kolom komentar. Jika memang ada,komen akan di hapus. Terimakasih;)