13 Oktober 2015

Stop Kanker dengan SADARI

credit: google

Masih bulan Oktober ya, bulan dimana lagi gencar yang namanya kampanye Breast Cancer Awareness. Penyakit yang satu ini tanpa kita sadari begitu dekat dengan kita. Memang bagi sebagian orang kanker jadi momok tersendiri. Saya bukan penyandang ataupun survivor kanker, tapi tidak ada salahnya kan kalau ikut kampanye soal kanker.


Bukan hal baru lagi sebenarnya ketika sedang gencar-gencarnya sosialisasi untuk mendeteksi kanker sejak dini. Banyak literature yang ada di Internet sampai pada penyuluhan di kegiatan Darma Wanita. Mencegah lebih baik mengobati, jika prinsip itu bisa kita gunakan dalam mencegah kanker dalam tubuh kita kenapa tidak? Sebenarnya kanker itu dipicu bisa karena pola makan yang tidak sehat, gaya hidup yang tidak sehat atau adanya factor gen dalam keluarga. Takut? Jujur iya. Karena setiap orang berpeluang kena kanker.

Adalah SADARI yang masih booming sampai saat ini. Istilah dimana kita bisa melakukan perikSA payuDAra sendiRI. Saya awalnya takut kali aja ada benjolan di payudara saya, makanya sedikit enggan untuk melakukan sadari. Tapi setelah dipikir-pikir gak ada salahnya jika saya mencoba dan jika memang ada benjolan di payudara saya bisa segera ambil tindakan. Tak sedikit diantara wanita yang takut untuk memeriksa payudaranya seperti mantan kepala sekolah saya dulu yang kemarin baru saja cerita kalau di payudaranya ada benjolan dan dari pengakuan beliau, beliau takut untuk memeriksakan diri ke dokter. Takut untuk diperiksa nanti malah operasi dan blablablabla.

Gimana melakukan  SADARI itu?

Ada beberapa langkah yang bisa kita lakukan untuk memeriksa payudara kita. silahkan diikutin ya…
  • Berdiri tegak. Perhatikan payudara kalian apakah ada perubahan pada bentuk dan kulit di sekitar payudara, pembengkakan dan/atau perubahan pada putting. Jika bentuk payudara tidak simetris antara kanan dan kiri jangan khawatir ya.
  • Angkat kedua lengan ke atas, tekuk siku dan posisikan tangan di belakang kepala. dorong siku ke depan dan silahkan cermati payudara, kemudian dorong siku ke belakang dan cermati bentuk maupun ukuran payudara. Nanti otot dada dengan sendirinya berkontraksi saat kita melakukan gerakan ini.
  • Angkat kedua lengan ke atas, tekuk siku dan posisikan tangan di belakang kepala. dorong siku ke depan dan cermati payudara, lalu dorong siku ke belakang dan cermati bentuk maupun ukuran payudara. Otot dada akan dengan sendirinya berkontraksi saat kita melakukan gerakan ini.
  • Angkat lengan kiri ke atas, dan tekuk siku sehingga tangan kiri memegang bagian atas punggung. Dengan menggunakan ujung jari tangan kanan, raba dan tekan area payudara, serta cermati seluruh bagian payudara kiri hingga ke area ketiak. Lakukan gerakan atas-bawah, gerakan lingkaran dan gerakan lurus dari arah tepi payudara ke puting, dan sebaliknya. Ulangi gerakan yang sama pada payudara kanan.
  • Cubit kedua puting. Cermati. jika keluar cairan segera konsultasikan ke dokter.
  • Pada posisi tiduran, letakkan bantal di bawah pundak kanan. Angkat lengan ke atas. Cermati payudara kanan dan lakukan tiga pola gerakan seperti sebelumnya. Dengan menggunakan ujung jari-jari, tekan seluruh bagian payudara hingga ke sekitar ketiak. Ulangi langkah ini pada sisi berlawanan, untuk mencermati payudara sebelah kiri.

Setelah kita memahami dan melakukan SADARI, ada baiknya jika kita tetap waspada terhadap kanker. Sekali lagi mencegah lebih baik daripada mengobati kan? Maka dari itu kita bisa mencegah kanker dengan berbagai cara, yaitu:
  • Terapkan pola hidup sehat. Konsumsi makanan yang bergizi, no junkfood, no micin, dan minimalisir makanan berpengawet dan instan.
  • No alcohol atau minuman keras deh. Secara kata bang haji Roma Irama Mirasantika No way!! Nah bisa kita tiru gak sekedar nyanyiin lagunya aja.
  • Hindari stress. Karena kanker itu suka banget sama orang yang memiliki tingkat stress tinggi dan yang gampang stress. Jadi be happy aja.
  • Stop merokok bagi perokok aktif. Sadar atau tidak orang disekitar perokok aktif ini jauh lebih berbahaya dampaknya. So, stop merokok demi kesehatan kita.
  • Jika memang ada gejala kanker segeralah periksa ke dokter. Deteksi dini jauh lebih bagus karena nantinya akan ada tindakan berikutnya secara rutin dan berkala untuk membunuh sel kanker. Dan yang pasti lebih cepat pula penyembuhannya.

Yang jelas sebagai wanita saya pun tidak ingin terkena kanker payudara. Begitu juga untuk orang disekitar saya. Sharing is caring, so selagi kita mampu dan bisa untuk berbagi maka berbagilah. Semakin banyak wanita yang sadar untuk mendeteksi dini kanker payudara semakin kecil pula penyebaran kanker yang mematikan ini. Jika takut, yuk kita lawan rasa takut itu. Kembalikan semua kepada Sang Maha Segalanya. Tidak ada perjuangan yang sia-sia, dan mari kita kampanyekan #gopink #breastcancerawareness #finishthefight.



sumber pendukung : http://www.readersdigest.co.id/infomedis/6+langkah+sadari+untuk+deteksi+dini+kanker+payudara

7 komentar:

  1. Mulai saat ini kudu terapin hidup sehat ya mak, no junk food walo sulid huhu

    BalasHapus
  2. yoyoyow semangat hidup sehaattt agar si kanker tak mendekat

    BalasHapus
  3. Bu guru, bisa ditambahkan pada saat pemeriksaan sadari, beri contoh gambar cara pemeriksaannya. Awam akan lebih mudah menerapkan dengan melihat gambar . Jangan malu2 memposting gambar pemeriksaan SADARI karrna itu suatu pembelajaran dan penyuluhan hebat yg cepat bisa diterima dan dipraktekkan masyarakat.

    BalasHapus
  4. aku juga selalu takut kalau ada benjolan dimanapun itu berada. karena dari keluarga bapakku banyak yg terkena kanker. Menurut studi secera genetik bisa diturunkan

    BalasHapus
  5. Udah sering sadari, kebetulan adik saya perawat dan selalu mengingatkan

    BalasHapus
  6. Semoga makin banyak wanita yang sadar untuk melakukan sadari agar dapat melakukan deteksi dini terhadap kanker payudara.

    BalasHapus
  7. Sharing is cariiing indeed..Makasih yaa Cheila :)


    Thanks for joining my GA #finishthefight #gopink #breastcancerawareness ...really appreciate it :)

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan jejak di blog guru kecil ya. Mohon untuk tidak memberikan LINK HIDUP dalam kolom komentar. Jika memang ada,komen akan di hapus. Terimakasih;)