28 Oktober 2015

Tetap Nyaman Berkendara di Siang Hari

Saya heran ketika kemarau tahun ini terasa sangat panjang dan begitu nyiksa. Udara panas minta ampun, banyak debu dimana-mana, bahkan asap juga. Kalau udah panas gini sih minum segelas es rasanya kurang. Dan kalaupun kalau mau keluar rumah rasanya males banget kecuali pakai mobil. Tapi kalau keluar rumah karena sebuah tanggung jawab dan harus menerjang teriknya matahari? Bisa-bisa gosong kan ya.


Sebenarnya kasihan ketika suami harus menempuh jarak yang cukup jauh untuk sampai di sekolahnya. Kalau pagi sih masih enak udaranya, tapi kalau siang jangan ditanya deh. Apalagi si papa untuk menuju ke tempat kerjanya ditempuh dengan kendaraan roda dua, jadi sensasi panas di musim kemarau ini benar-benar terasa. Ditambah adanya perbaikan jalan di jalur yang dilewati papa, debu semakin menggila. Helm full face aja gak cukup buat melindungi papa. Kesian…

Agar panasnya udara saat perjalanan menggunakan motor gak begitu terasa, ada baiknya kita  juga menggunakan pelindung tubuh. Nah dari yang sering saya temui dan bahkan sayapun menggunakannya, berikut beberapa benda yang dipakai untuk melindungi tubuh saat berkendara di siang hari:

  • Helm

Sudah pasti pengendara motor diwajibkan memakai helm. Emangnya pengen ditilang polisi? Nah helm yang dipakai usahakan full face, atau kalau gak full face helm standar yang sudah ditetapkan oleh peraturan kepolisian, jangan helm bathok ya. Selain helm berfungsi melindungi kepala kalau terjadi benturan, helem juga berfungsi untuk melindungi wajah melalui kaca helm.
  • Jaket

Kalau gak mau gosong saat berkendara bisa juga kita pakai jaket. Kalau ngrasa gerah pilih jaket yang bahannya menyerap keringat.
  • Kacamata

Silau kan ya kalau pas matahari lagi terik-teriknya. Nah daripada mata kita terlalu susah untuk melek dengan sempurna pakai aja kacamata. Selain melindungi mata dari silaunya cahaya matahari, bisa juga melindungi mata dari debu.
  • Masker

Ini penting juga ketika musim kemarau banyak debu, asap kendaraan yang mengandung CO. Gak mau kan kalau pernafasan kita keganggu. Kita bisa menggunakan masker penutup hidung. Ada bermacam-macam masker sih, mulai dari masker sekali pakai atau masker yang bisa dicuci. Ingat kebersihan itu wajib dijaga, kalaupun punya masker yang bisa dicuci, sering-sering buat dibersihkan ya. Jangan sampai banyak kuman yang mengumpul di maskernya.
  • Sarung tangan

Biar gak belang antara punggung tangan dengan permukaan tangan sampai lengan. Ada baiknya kita pakai sarung tangan. Mau sarung tangan model pembalap sampai sarung tangan yang girly-girly juga ada.


Kalau semua benda diatas sudah ada di rumah kalian jangan lupa dipakai ya. Setidaknya melindungi diri kita agar tidak terlalu kepanasan saat berkendara. Oh iya sering minum air putih ya biar gak dehidrasi. Kalau kalian merindukan hujan  itu artinya sama kayak aku. Kasihan selama ini Intan selalu rewel karena gerah. Oke deh selamat menantikan hujan ya, dan semoga kemarau segera berakhir. Aamiin.

9 komentar:

  1. ▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬▬▬▬▬▬
    Semoga kemarau cepat berakhir ya, udah mau masuk november masih panas aja.
    ▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬▬▬▬▬▬

    BalasHapus
  2. aku dulu pas masih ngajar dan naik motor juga pakai peralatan perang full kayak diatas hehehe

    BalasHapus
  3. Sarung tangan, kaos kaki dan masker alat penting ituuu :D

    BalasHapus
  4. satu lagi, sepatu.. kalau sendal jepit tanpa kaos kaki panas bingiits

    BalasHapus
  5. aku celono, jaket, sepatu, sarung tangan, masker lengkap kudu kalo disini..daripada napa2 polusine elek

    BalasHapus
  6. Tetapi sebaiknya jika asapnya pekat dan terasa, gunakan masker N95 mbak. Jadi partikel asap yang kecil bisa tersaring juuga. Jangan pake masker yang masih bisa mencium bau asapnya. Yah minimal masker karbon.

    BalasHapus
  7. Sudah masuk November, semoga kemarau segera berakhir ya, Mbak. Nah, kalau berganti mnjadi musim hujan, kasihan Intan. Popoknya susah kering. :D

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan jejak di blog guru kecil ya. Mohon untuk tidak memberikan LINK HIDUP dalam kolom komentar. Jika memang ada,komen akan di hapus. Terimakasih;)