Edited by Chela. Diberdayakan oleh Blogger.

Beko

embul

Kali ini saya hadir dengan cerita dari si embul ginuk-ginuk Intan. Dua hari kemarin saya drop dan masuk angin, saya pikir ini hal yang wajar mengingat saya kurang istirahat dan tidur. Curiga sebenarnya dimana saat masuk angin itu saya lihat Intan nenenya gak sesegar dan sebanyak biasanya. Udah gitu dia keringetan banyak dan dingin bahkan sempat agak anget-anget badannya. Saya pikir itu hal wajar karena siang itu udara juga panas. Begitu sorenya dia mulai cranky, biasanya dia cranky kalau mau bobok aja. Tapi ini warbiyasak sekalih sampai saya bingung harus gimana, si papa sampai ijin buat gak berangkat ngelesin dan si mbah juga turun tangan.

Selamat Hari Guru Nasional

bu guru
Saya ingat dulu jaman kecil bapak beliin papan tulis kecil lengkap dengan kapur dan penghapusnya. Ibu beliin mainan huruf abjad yang saat itu sampai nangis-nangis ditempat gegara saya ngeyel minta buat dibeliin. Setiap malam sehabis solat magrib bapak siap dengan pentungan stik drum dan duduk bersila di depan papan tulis kecil itu. Sebuah kalimat “ini budi” ngehits sekali jaman kecil saya, dan itu berulang saya baca karena buku paket “Gemar Bahasa Indonesia” isinya ya soal si budi dankeluarganya. Belum lagi bapak mewajibkan saya untuk berdiri tegak menyanyikan lagu nasional dan harus diulangi kalau salah lirik. Peran ibu saat itu sebagai satpam televisi kali aja saya curi-curi kesempatan buat menyalakan TV pas ditinggal bapak sholat isya.

Jalan Sehat HUT PGRI ke 70

Jalan sehat dimulai
Dalam rangka hari ulang tahun PGRI yang ke 70 dan menyambut hari guru nasional nanti tanggal 25 November, kemarin hari sabtu diadakan yang namanya jalan sehat. Peserta yang mengikuti jalan sehat ini adalah seluruh guru dari PAUD –SMA ditambah instansi dinas pendidikan. Kebayang kan bagaimana ramainya alun-alun, udah kayak demo guru honorer kemarin itu deh. Karena ini semacam hajatan buat para guru jadinya sayang banget kalau dilewatkan. Secara kan hiburan tersendiri, karena untuk ada acara seperti ini juga jarang banget apalagi buat yang non PNS. Guru juga manusia jadi ada kalanya bosen dan hiburan bagi para guru ya acara diluar sekolah itu.

Cara Mudah Belajar Aksara Jawa

Tergelitik juga nih bahas tentang bahasa jawa. Secara bahasa ibu bagi orang bersuku jawa ini memang memiliki tingkat kesulitan yang lumayan tinggi. Jika emang ada pepatah "wong jowo ora njawani" aduhh jangan sampai deh. Paling tidak tahu dan paham unggah-ungguh orang jawa saya rasa udah bagus.

Es Sari Tebu

es sari tebu
Sekarang memang udah musim penghujan kan ya, tapi tak jarang kalau siang hari masih berasa panas dan matahati terik banget. Kulit aja sampe belang gegara ga pernah pakai sarung tangan kalau pas naik motor. Menambah kadar kecantikan gak sih? Ahahaha... oke skip.

Bersiap UKG 2015

credit: google
Saat ini  guru di seluruh Indonesia lagi sibuk. Atau mungkin sebagian sudah melaksanakan program yang diadakan oleh pemerintah. UKG a.k.a Uji Kompetensi Guru yang kemunculannya mendatangkan pro kontra tersendiri bagi beberapa pihak. Lah, saya malah tahu kalau tahun ini ikut UKG dari teman guru. Maklum saat cuti saya benar-benar off soal kerjaan. Barulah ketika masuk sekolah saya mulai mempersiapkan untuk UKG. Sepemahaman saya UKG ini hanya diikuti oleh guru PNS, tetapi ternyata tidak. Bisa diikuti guru non PNS asal memiliki nomor NUPTK atau Peg ID. Tapi kenyataan di lapangan tidak semua yang memiliki Peg ID bisa ikut UKG. Mungkin ikut di UKG yang akan datang.

Guru Juga Perlu Smartphone


Salah satu tuntutan pemerintah untuk guru masa kini adalah melek teknologi. Seperti yang kita tau di era gloalisasi ini apapun jadi mudah termasuk mendapatkan informasi tentang pelajaran sekolah. Makanya pemerintah gencar memberikan bantuan berupa laptop dan LCD demi menunjang maksimalnya pembelajaran di sekolah. Selain itu guru juga wajib mengupgrade diri seiring dengan pesatnya globalisasi. Sesuai anjuran pak mendikdas lho yaaa….

Bersiap Menyambut Online Revolution dari Lazada

credit : google
Sekarang kalau mau apa-apa jadi mudah karena kecanggihan teknologi, salah satunya adalah belanja. Memang sih sekarang buat me time jadi berkurang, bahkan buat belanja pun harus bener-bener curi waktu. Secara Intan masih menolak dot jadi mikir dua kali buat ditinggal lama. Padahal saya lagi pengen beli baju dan celana baru, secara pasca melahirkan ukuran badan agak gemukan sedikit. Tapi kapan coba belanjanya kalau begini. Masa iya Intan diajak ngemall, mana boleh tuh sama papahnya.

Balada Emak Pekerja

Udah hampir sebulan nih di sekolah. Cuti melahirkan cuma dapat 1,5 bulan aja tapi tetep alhamdulillah donk ah. Awalnya mau mulai kerja tu rasanya galau deh, pikiran kemana-mana. Nanti Intan sama siapa, nenennya gimana, pasti jadi tambah capek dan pagi-pagi mesti ribet. Belum soal nyucinya, deuh...emak baper!!!

Minum Jamu Yuk

jamu uyup-uyup
Indonesia punya satu minuman khas yang alami dan terbuat dari ramuan alam. Tau jamu kan? Yang sering banget dibuat sama mbah-mbah atau ibu-ibu yang dipercaya khasiatnya baik buat kesehatan. Secara bahannya diambil dari alam baik itu dari apotek hidup  maupun tumbuhan yang dipercaya bisa dipakai untuk obat. Bahkan proses pembuatan yang masih serba tradisional ini semakin memberikan nuansa bahwa jamu memang benar-benar aseli minuman dari Indonesia.

Sehat di Musim Pancaroba

Alhamdulillah hujan!!! Kemarau yang panjang dan panas yang bikin gak nyaman rasanya nih terobati dengan bau tanah khas guyuran hujan. Debu yang beterbangan dimana-mana, asap yang bikin udara semakin gak sehat, akan berkurang dengan datangnya hujan. Kangen juga euy sama suara kodok kalau habis hujan. Maklum rumah mewah alias mepet sawah ini berteman dengan kodok dan sebagainya deh. Hem.. kalau hujan begini emang suka bikin kangen. Hahaha.. kemudian ingatan jadi kemana-mana nih. Eh iya, ini kan memasuki musim penghujan kedua kita pah!

Selamat Jalan Pak Raden

credit: google
Masa kecil saya terbilang bahagia, sekalipun dulu belum kenal apa itu gadget. Kebersamaan dengan teman bermain saya habiskan di prosotan sekolah yang kebetulan dekat rumah, di lapangan sambil jadi sorak sorai teman laki-laki yang main bola, di sungai sambil nunjukin dimana keberadaan ikan yang lagi mabok kena uberan tangan dan apotas, dan di depan televisi setiap sore setelah pulang dari ngaji. Kalau udah di depan televisi gitu gak bisa diganggu. Nah, tayangan yang jadi favorit jaman kecil saya adalah si unyil.