Edited by Chela. Diberdayakan oleh Blogger.

Es Sari Tebu

es sari tebu
Sekarang memang udah musim penghujan kan ya, tapi tak jarang kalau siang hari masih berasa panas dan matahati terik banget. Kulit aja sampe belang gegara ga pernah pakai sarung tangan kalau pas naik motor. Menambah kadar kecantikan gak sih? Ahahaha... oke skip.


Berawal dari iming-iming si papah kalau siang yang panas itu obatnya minum es, rasanya sih kencan berdua buat sekedar beli es udah cukup.  Hem... Es dawet udah pernah, es teh udah sering, es jus juga rasanya kurang mantab, trus es apalagi ya? 

Kata papa ada es yang seger banget dan manis banget. Manisnya itu alami gak pakai pemanis buatan yang jelas aman bagi tubuh kalau itum udah gitu katanya untuk meminun segelas es ini harus melewati proses pemerasan yang menggunakan mesin peras khusus. Nah loh...es apaan sih namanya?


Tahu tebu kan? Tumbuhan berkeping satu yang merupakan bahan utama pembuatan gula ini ternyata sarinya bisa dikonsumsi langsung dan sangat menyegarkan. Jadi inget jaman kecil dulu suka banget nyari tebu di lahan kosong samping rumah trus diisep-isep batangnya yang berair itu. Waktu itu udah seger banget, apalagi sekarang diperes maksimal dan ditambah es batu. Cessssss...... Sebenarnya tebu sendiri memiliki kandungan yang bagus buat tubuh diantaranya seperti vitamin A, B1, C, karbohidrat, protein, fosfor dan kalsium.jadi aman ya, tapi untuk penderita diabetes disarankan jangan minum es sari tebu ya, terlalu manis takutnya kadar gula darah semakin naik. 

Es sari tebu ini mangkal di sebelah utara swalayan Surya laksana tepatnya berdampingan dengan penjual serabi. Untuk harga per gelanya dibandrol Rp 2500,00 setelah sebelumnya segelas cuma seharga Rp 2000,00 ajah. Pengaruh kenaikan bbm kali yak jadi es tebunya ikutan naik. Atau mungkin karena udah jarang ada perkebunan tebu disini jadi bahan baku tebu sulit didapat. Ah ga tau deh yang penting seger ajah nyrutup tebunya.


Eaa... jadi kencan yang sering gagal ini diawali dengan es tebu. Kata papah cara enak menikmati es tebu ini ya disruput dikit-dikit dan dinikmati sensasi manis alami dan dinginnya itu. Tapi kalau saya daripada kelamaan ya langsung sruput sampe habis kalaupun kurang pesen lagi. Ahahaha... semenjak menyusui saya merasa nafsu makan bertambah dan minum apalagi. Tapi kalau untuk minum es saya batsi deh, takut pilek dan nanti bisa-bisa Intan ketularan pileknya.  Oke deh kalau ditempat kalian ada es tebu yuk maree kita nikmati manis dan segarnya bareng-bareng.

4 komentar

  1. cuma 2500 per gelas Mbak, aih murah meriah...
    klo di Jogja 3000 mbak per gelas
    dan minuman ini seger plus menyehatkan :D

    BalasHapus
  2. Ini minuman kesukaan Adit. Demen banget dia minum ini.

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan jejak di blog guru kecil ya. Mohon untuk tidak memberikan LINK HIDUP dalam kolom komentar. Jika memang ada,komen akan di hapus. Terimakasih;)