Edited by Chela. Diberdayakan oleh Blogger.

Sehat di Musim Pancaroba

Alhamdulillah hujan!!! Kemarau yang panjang dan panas yang bikin gak nyaman rasanya nih terobati dengan bau tanah khas guyuran hujan. Debu yang beterbangan dimana-mana, asap yang bikin udara semakin gak sehat, akan berkurang dengan datangnya hujan. Kangen juga euy sama suara kodok kalau habis hujan. Maklum rumah mewah alias mepet sawah ini berteman dengan kodok dan sebagainya deh. Hem.. kalau hujan begini emang suka bikin kangen. Hahaha.. kemudian ingatan jadi kemana-mana nih. Eh iya, ini kan memasuki musim penghujan kedua kita pah!


Musim pancaroba alias transisi dari kemarau ke penghujan biasanya akan ada panen nih. Panen buah sih mending tapi kalau panen penyakit? Siapa yang mau coba. Saya ga asal ngomong sih, faktanya saya juga ngrasain badan meriang ga karuan padahal udah diati-ati banget, di meja kelas hampir dua hari sekali ada siswa yang ijin karena sakit, di kelas juga banyak siswa yang sentrap-sentrup karena flu dan bahaya banget kalau saya tertular. Belum lagi di kantor banyak bapak ibu guru yang terserang batuk. Katanya karena kebanyakan minum es gitu deh jadi pilek dan batuk. Udara kalau panas kan yang paling seger ya minum es.

Biar di musim pancaroba kita tetap sehat dan dengan suka cita menyambut musim penghujan ini, sebaiknya kita berusaha menerapkan kebiasaan yang sehat. Ehm.. saya bukan ahli kesehatan tapi setidaknya mencoba menerapkan beberapa kebiasaan dibawah ini gak ada salahnya kan. Nah yuk disimak :

  • Perbanyak minum air putih

Sangat disarankan kalau kita harus minum air putih 8 gelas sehari. Tujuannya sih biar gak dehidrasi atau kekurangan cairan. Kalaupun terasa sangat kering di tenggorokan usahakan untuk menghindari es. Dinginnya es belum tentu bisa diterima dengan tubuh kita, karena kekebalan tubuh setiap orang kan beda jadi jauh lebih aman kalau kita konsumsi air putih saja.
  • Perbanyak olahraga

Hemm.. ngerjain pekerjaan ibu rumah tangga termasuk olah raga juga kan? Tapi alangkah lebih baik kalau kita menyempatkan 30 menit sehari untuk olah raga. Karena dengan olahraga badan akan jadi semakin sehat dan bugar, jadi dalam menghadapi musim pancaroba tubuh kita akan kebal dengan penyakit musiman kayak  pilek gitu.
  • Konsumsi buah

Perbanyak konsumsi buah salah satunya buah yang mengandung vitamin C. karena dirumah musim mangga jadi saya konsumsi mangga. Bisa dimakan langsung bisa juga disajikan dalam minuman berupa jus. Vitamin C bagus juga untuk kekebalan tubuh.
  • Istirahat cukup

Sesibuk-sibuknya kita bahkan tak jarang banyak yang lembur, jangan pernah menyepelekan kondisi tubuh. Kita pasti tau ketika tubuh mulai memberikan sinyal buruk tentang kondisi kita, sebaiknya segeralah istirahat. Kalau saking sibuknya pekerjaan dikantor bisa ambil cuti sehari atau dua hari buat istirahat. Dengan istirahat tubuh kita nantinya akan lebih fresh dan siap untuk menyambut aktifitas di hari berikutnya.

Nah yuk, karena musim pancaroba ini rawan sekali dengan penyakit mari kita terapkan kebiasaan baik demi tubuh kita. Gak mau sakit kan? Walaupun batuk atau pilek tapi kalau kondisi dirumah ada bayi rentan banget buat tertular. Maka dari itu yuk ah bersiap menyambut musim penghujan dan tetap sehat. oh ya jangan lupa sedia payung, jas hujan, dan jaket agar terlindungi dari hujan ya. 

Kalau ada tips lain bisa sharing kok…ditunggu ya


10 komentar

  1. terimakasih mba tipsnya
    mencegah memang lebih baik daripada mengobati :)

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah di tempat saya juga sudah hujan :)

    BalasHapus
  3. Saya juga menerapkan beberapa kebiasaan di atas mbak.. dan alhamdulillah saa teman2 flu berat saya ga ketularan :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak,,mencegah lebih baik daripada mengobati

      Hapus
  4. masuk musim udan dek saiki..mugo2 udan terus...cuma ya itu...jadinya nanti anak2 musim...pilek :V

    BalasHapus
  5. istirahatku lebih dari cukup, tidur siang ,malam tidur cepet hahaha. gak tau nih minggu ini ngantuk terus bawaannya

    BalasHapus
  6. Alhmldh ya, semoga hujannya menjadi berkah untuk kita semua

    BalasHapus
  7. Di tempatku juga alhamdulilah sudah hujan. Tipsnya pas tuh mbak, mungkin perbanyak makan sayur juga kali ya hehehehe

    BalasHapus
  8. Sini udah tiap hari ujaan, Mbak. Nyediakan lengkap peralatan tempur ujan pokoke. . . :D

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan jejak di blog guru kecil ya. Mohon untuk tidak memberikan LINK HIDUP dalam kolom komentar. Jika memang ada,komen akan di hapus. Terimakasih;)