Edited by Chela. Diberdayakan oleh Blogger.

Emotional Bonding Papa dan Intan


Libur sekolah selama dua minggu ini bikin bahagia banget. Sekalipun kami menghabiskan waktu lebih banyak dirumah dan hanya sesekali buat jalan-jalan, rasanya memang menghabiskan waktu buat sama anak itu satu hal yang sangat seru. Seperti halnya orang tua baru, kamipun mengisi liburan untuk ngasuh Intan secara gantian. Terutama buat papa kalau hari kerja dia sibuk, makanya berbagai cara saya lakuin biar Intan lebih banyak sama papanya. Biar ada emotional bonding gitu lah. 

6 Cerita Liburan Ala Anak-Anak

kiddos
Liburan itu waktu terbebas buat anak sekolah. Bebas dalam artian terlepas dari tanggung jawab PR dan tugas. Jadi kalau dulu ngerasaain liburan sekolah isinya ya banyak main sama temen-temen. Dan dulu kalau liburan itu dibikin lebih heboh dan lebih seru dari biasanya. Umunya kalau habis liburan itu kan disuruh bikin karangan sama bu guru. Nyeritain serunya liburan sekolah trus dibaca di depan kelas. 

Kok Bu Guru Dandan?


Arinta, Galih, Bu Guru
Punya murid yang pemberani dan kritis itu bikin saya seneng seneng sedep. Senengnya sih pembelajaran gak kayak lagi ngomong sama tembok. Selalu ada tektok yang bikin suasana kelas kadang rame dengan debat-debat kecil atau bahkan rame dengan sorak sorai yang aduhai. Meskipun kelas saya yang sekarang bisa dibilang pasif makanya Galih cs yang sekarang kelas enam suka bikin bu guru kangen. 

Membangun Potensi Wisata Grobogan

Selama ini kalau ngomongin soal Purwodadi Grobogan itu yang paling terkenal adalah kondisi jalan yang rusak. Padahal udah diperbaiki loh sekarang, jadi gak ada alasan lagi kalau ke Purwodadi itu aras-arasen. Trus kalau ngomongin Purwodadi itu paling taunya ya Kedung Ombo, Bledug Kuwu, Api Abadi Mrapen, sama Jati Pohon. Gak ada yang lain buk? Bosen ah!

Permainan dari Pecahan Genting

Beruntungnya ngajar anak desa itu adalah saya bisa melihat kebahagiaan mereka yang natural. Bermain di luar ruangan, berteman dengan matahari, kejar-kejaran habis itu aroma keringat yang khas memenuhi ruangan kelas, bahkan teriakan-teriakan heboh yang bikin gempar. Rasanya kehidupan mereka yang paling susah itu adalah hafalan perkalian. Bahkan dengan lancarnya mereka bercerita serunya main di lumpur, mandi di sungai yang airnya dipakai buat irigasi sawah, bahkan berlari mengejar ular yang kebetulan lewat di halaman sekolah mereka aja berani.

Mengatasi Gigitan Semut Pada Bibir

Kecil, item, sukanya datang tanpa diundang dan ngeselin. Semut!!! Heran aja dirumah banyak banget semut, udah gitu suka ngerubungin makanan di meja makan. Kadang saya sendiri bingung apa yang salah dengan kebersihan krang udh dibersihin tiap hari tapi tetep aja semutnya dateng. Mending kalau satu lha ini sekampung kali semutnya. Udah gitu bikin barisan panjang di dinding yang bikin aku curiga aja semut ini bakal berulah apa lagi. 

Perlunya Ruang Laktasi

Intan itu gimana ya, haruskah saya bilang dia pintar atau memang bandel. Saya baper sih soalnya dia memang susah banget buat ngedot. Maunya langsung dari sumbernya, dipikir ada manis-manisnya gitu apa gimana. Tapi disatu sisi saya susah, bikin gak tenang kalau saya tinggal dalam waktu yang cukup lama. Kecuali kalau kerja dia mau ngedot itupun harus sama mbah koko nya.

Ketika Permisi Cuma Basa Basi

Jadi ceritanya siang tadi nemenin mbak Fida sama dik Keisha buat ikutan festival putra dan putri batik Grobogan. Remponglah secara saya sama mbak dan mas ipar, si papa gak ikutan karena ada acara sendiri. Jadilah minggu ini kita pisahan acaranya. Daripada manyun dirumah mending ikutan aja, dan rasanya capek warbyasak.

Bersamamu Di Satu Tahun Ini


Sayang, 
sepertinya baru kemarin aku duduk disampingmu dan mendengarkan kamu mengucapkan ikrar ijabmu. rasanya baru kemarin menikmati aroma manten baru yang bikin kita sama-sama rajinnya, tapi setelah itu kok muncul malesnya salah satunya males bikinin kamu teh tiap pagi. Kayak baru kemarin aja aku nunjukin hasil testpack positif dan aku terus nangis bombay tapi kamu malah bahagia sambil peluk ciumin aku. bahkan sembilan bulan itu bukan waktu yang lama untukmu menghadapi istri ngidam, teler kalau menjelang magrib, bahkan muntah-muntah di tengah malam. Rengekan minta ini itu dengan alasan bayinya yang pengen pun juga kamu jabanin. duh...lelakiku, kamu ini malaikat tanpa sayap deh. 
belum lagi kita harus menenkan pengeluaran demi berobat ke dokter tiap bulan. gayanya aku yang dikit-dikit minta ke dokter buat lihat perkembangan calon anak kita. udah gitu harus rela gak tidur karena kondisi darurat yang mengharuskan aku nginep di rumah sakit malam itu. dan besoknya putri kecil cantik itu lahir di dunia, sekalipun lahir dengan cara operasi saya masih tetap ibunya kan pah? kalaupun habis lahirin aku jadi gak sesexi dan sesemok Syahrini kamu masih cinta kan, pah? hahaha...
setahun ini, 19 september 2015. terimakasih sudah menjadi sigaraning nyowoku. Maaf untuk sikap, perkataanku yang rasanya sangat kurang pantas dalam menghadapimu.  terimakasih ya pah, semoga keluarga kita bahagia selamanya dan PR kita kedepan masih banyak. 
i love you...

Cerita Akhir Semester Satu

Akhirnya!!!! Liburan  udah di depan mata. Kesibukan akhir semester udah saya lewati. Mulai dari persiapan anak-anak buat  ujian akhir semester, ngawasi ujian, koreksi, remidial, dan rekap nilai. Gak sampai situ aja sih musti nulis rapor dengan angka-angka yang udah selesai direkap selama tiga hari kemaren. Warbyasak lah lembur karen memang buat ngerjain nilai juga butuh konsentrasi penuh. Ciye...

Jujur Itu Mahal

Bener sih kalau ada istilah jujur itu mahal. Soalnya saya sendiri mengalami dimana saya kecolongan dengan murid saya. Jadi ceritanya mid semester kemarin saya masih cuti, anak-anak dalam pengawasan guru lain. Begitu masuk kerja saya mendapat laporan kalau si anak A pas mid semester dapat kunci jawaban. Karena saya sama sekali belum tahu kronologinya cukup saya menampung laporan dari guru tersebut. 

Cara Mengatasi Mata Bintitan

bintitan
Saya suka geli aja kalau ada murid yang matanya timbilen alias bintitan. Gak jarang anak yang matanya bintitan itu jadi objek bullyan temennya. Mitos jawanya sih kalau bintitan itu penyebabnya karena suka ngintip. Tapi ada juga yang bilang kalau sering bohong makanya bintitan. Sayapun pernah pas SMA dan lumayan lama banget ini mata bintitan hampir  satu bulanan. Malu juga jadi sasaran bullyan temen sekelas. Mau disamarin juga susah orang mata bengkak melebihi habis nangis. Eh gak taunya si papa itu langganan bintitan.  Hahaha… kebanyakan bohong atau ngintip Nikita Willy sih pah?

Melakoni Peran Jadi Seorang Ibu

Saya gak pernah bayangin waktu akan cepat sekali merubah saya dan kehidupan saya. Rasanya baru kemarin duduk didepan penghulu dan dengerin si papa ngucapin ikrar ijab. Kayak baru kemarin juga lagi enak-enaknya menikmati suasana manten baru eh sebulan kemudian hamil. Trus juga kayaknya kemarin masih dengan perut buncit dan pakaian ukuran gedhe biar perut gak sesak, dan suasana ruang operasi yang gak tau gimana perut diubeg-ubeg bu dokter buat ngeluarin si Intan. Masih dalam posisi sungsang  dan kayaknya cuma butuh waktu 15 menit setelah di anestesi kamu udah nangis kenceng banget. Saat itulah dunia menyaksikan saya menjadi seorang ibu. Lebay gak sih?

Tips Belanja Ala Papa

Sekarang belanja bulanan itu semakin bertambah. Dulu sih sekedar buat beli bedak sama lipstik aja, beli sabun cuci atau sabun mandi sih masih urusan bapak. Tapi sejak menikah dan punya anak, keranjang belanjaan itu keliatannya kok penuh. Yang paling mencolok sih sekarang ada diapers dan minyak telon. Hahaha... karena semakin bertambah itulah makanya harus benar-benar irit.

Sawanan

sawanan
Sebagai new mom dengan notabene orang jawa tu ada aja hal-hal yang menurut saya aneh. Masa iya bayi rewel karena sawanan, masa iya taneman bisa menangkal sawan. Bahkan sampai sekarang istilah sawan atau sawanan aja saya masih belum ngeh. Nah disaat saya berusaha menjadi seorang ibu yang cuek soal begituan, nyatanya pernah suatu saat Intan rewel tanpa diketahui penyebabnya.

Ketika Ditegur Atasan

Sebagai guru honorer itu ternyata gak boleh sak karepe dhewe. Keren lho guru honorer itu punya tanggung jawab setara guru PNS. Bedanya sih ya di status dan nominal yang didapat tiap bulan *oke skip saya gak mau bahas honor*. Bahkan gak jarang sih ya namanya guru honorer itu justru punya kerjaan yang lebih. Disambi jadi operator sekolah lah, operator aset lah, bikin laporan bulanan lah and etc. Kadang suka bikin sumpek.

Bu Guruku Sudah Lulus

foto dari FB bu Ir
Kalau hujan gini suka bikin kenangan melayang-layang diotak yah. Apalah saya ini seorang emak melankolis yang demen banget buat mengingat-ingat kenangan. Tapi kalau mantan sih mending gak usah diinget kali ya, bikin KZL. Hahaha…. Gegara glenikan sama bapak sambil menikmati hujan yang cukup deras sore tadi, obrolan seru itu ngajakin buat kembali ke masa sekolah SD yang saya itu terkenal gembengnya. Duh…