Edited by Chela. Diberdayakan oleh Blogger.

6 Cerita Liburan Ala Anak-Anak

kiddos
Liburan itu waktu terbebas buat anak sekolah. Bebas dalam artian terlepas dari tanggung jawab PR dan tugas. Jadi kalau dulu ngerasaain liburan sekolah isinya ya banyak main sama temen-temen. Dan dulu kalau liburan itu dibikin lebih heboh dan lebih seru dari biasanya. Umunya kalau habis liburan itu kan disuruh bikin karangan sama bu guru. Nyeritain serunya liburan sekolah trus dibaca di depan kelas. 



Ternyata setelah bagiin rapor kemarin, beberapa anak udah merencanakan liburan mereka. Liburan mereka sih gak mewah-mewah banget kalau saya ikut nguping sih, tapi saya bisa bayangi keseruan dan kehebohan mereka. Rencana liburan mereka itu ternyata gak jauh dari jaman saya dulu. Hahaha...beberapa tahun silam yang memang harus saya sadari kalau saya menua secara umur tapi tampak keliatan maih gadis.


*dilempar spidol*

Diantaranya cerita liburan ala anak-anak adalah...

1. Ke rumah nenek

Sudah pasti ini satu agenda yang gak akan mereka lewatkan. Ke rumah nenek menginap sehari dua hari atau sampai liburan habis. Ya walaupun rumah nenek mereka ga jauh-jauh banget sih, beda desa, kecamatan, kabupaten bahkan beda provinsi. Kalau dirumah nenek nanti pulangnya mereka bakalan dapet oleh-oleh bahkan uang saku. Beruntunglah buat anak-anakku yang masih punya kakek nenek. Kalau gak punya ya bisa main ke saudara yang lain khan?


2. Kebun Binatang

Meskipun harus rela keluar kota, destinasi ini jadi favorit anak-anak. Nanti kalau udah sekolah mereka akan cerita ke temannya apa yang dia lohat di kebun binatang, gimana serunya lihat macan, dan gitu-gitu deh.


3. Museum

Agak boring kalau saya ke museum. Tapi buat anak-anak museum jadi salah satu sarana buat berimajinasi lebih gila. Kenapa? Misalnya mereka ke museum dirgantara dan melihat pesawat. Nanti kalau cerita ke temannya pasti akan ada satu moment dimana mereka meniru apa yang dilihat, dan bahkan bercita-cita pengen jadi pilot. Kalau ke museum Sangiran yang ada ceritanya tentang "menyamakan wajah dengan manusia purba" hahaha.


4. Main di Sungai

Seronok kalau liat air mengalir gitu. Apalagi sungai pengairan dari waduk lagi penuh-penuhnya. Biasanya anak-anak bakal bergerombol buat ke sungai, cari ikan, bahkan mandi bareng. Lompat sana sini pakai acara salto, bahkan kejahilan mereka buat nyembunyiim baju atau celana temannya bisa jadi cerita seru yang mereka tulis di karangannya. Tapi disini cukup bahaya kalau aliran airnya deras dan butuh pengawasan orang dewasa.


5. Menyalurkan hobi

Gak banyak sih anak yang memanfaatkan liburan dengan menyalurkan hobi. Bisa dihitung jari lah, biasany anak perempuan nih yang lebih rajin. Seperti berkebun, latihan memasak sama ibu, latihan menjahit sekalipun cuma pasang kancing baju bahkan yang hobi belajar ya liburan gak jauh dari buku dan belajar. Kalau ngomongin soal menjahit aku jadi ingat ibuku dan mesin jahitnya yang sekarang teronggok manis di rumah mbak. Juga inget sama temen blogger yang hobi buat jahit bahkan hasil karyanya udah go internesyenel *halagh*, gak cuma jago jahit lho ternyata mbak Waya Komala juga pinter masak dan tenar  dengan Miss Rendangnya. bisa kali ya saya ngisi liburan dengan belajar jahit sekalian masak rendang sama mbak Waya. Heratess tapi mbak. 
mbak Waya dan akuhh *digampar*


6. Berenang di Waterboom
secara di kotaku ini ada tiga waterboom yang lagi heboh-hebohnya promo. Biasanya anak-anak minta berenang bersama dengan memanfaatkan uang kas yang mereka kumpulkan tiap hari Senin. Cuma karena saya gak dapat ijin dari kepsek jadilah saya tidak bisa mengabulkan permintaan mereka itu. Biar gak kecewa saya menyarankan untuk mengajak orang tua atau saudaranya. Biar gak kalah seru.


Liburan ala anak-anak itu memag bervariatif tergantung dari cara mereka menikmati. Kalau saya dulu lebih suka berkumpul sama teman se RT di halaman rumah, rame-rame mainan jamuran dan donal bebek kalau gak ya petak umpet dimalam hari. Apalagi kalau bulan lagi terang-terangnya, jadi bikin hepi sambil nyanyi lagu padang bulan. Keliatan jaman dulu banget yah, tapi masa kecil dan liburan seperti itulah yang saya rindukan meskipun ga pernah nginep di rumah nenek. Secara udah almarhum semua :).

Lalu..apa liburan ala kalian manteman?

7 komentar

  1. kalau sy dulu liburan pasti ke rumah nenek... :D

    salam hangat dan salam kenal..izin follo blognya ya :)

    BalasHapus
  2. Hais, main di sungai itu aku banget waktu kecil hahaha

    BalasHapus
  3. di sungai paling asyik selain main air lalu mancing ikan, berkesan banget dulu waktu kecil pas sungai belum rusak karena banyak ditambang pasirnya dan sekarang airnya sudah tak sejernih dulu.

    BalasHapus
  4. kalau menyalurkan hobi...anakku kubawa ke kebun binatang, tapi pasti ruaaameeenyaaah. Itu ada aku sama mbak Waya? #Dilempar koin emas

    BalasHapus
  5. *kucek kucek mata..apa gak salah liat yang sebelah mbak Waya itu Cheila Sastro atau Dian Gurcil wkkkkk :) peace dah ^_^

    BalasHapus
  6. woww...pas bulan lagi terang2nya? jadi inget Edward Cullen hihihiii

    BalasHapus
  7. Liburanku kemarin di rumah aja, bu guru :D
    Gak kemana2, lg bokek hihi

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan jejak di blog guru kecil ya. Mohon untuk tidak memberikan LINK HIDUP dalam kolom komentar. Jika memang ada,komen akan di hapus. Terimakasih;)