15 Desember 2015

Cara Mengatasi Mata Bintitan

bintitan
Saya suka geli aja kalau ada murid yang matanya timbilen alias bintitan. Gak jarang anak yang matanya bintitan itu jadi objek bullyan temennya. Mitos jawanya sih kalau bintitan itu penyebabnya karena suka ngintip. Tapi ada juga yang bilang kalau sering bohong makanya bintitan. Sayapun pernah pas SMA dan lumayan lama banget ini mata bintitan hampir  satu bulanan. Malu juga jadi sasaran bullyan temen sekelas. Mau disamarin juga susah orang mata bengkak melebihi habis nangis. Eh gak taunya si papa itu langganan bintitan.  Hahaha… kebanyakan bohong atau ngintip Nikita Willy sih pah?


Berbagai cara pasti dilakuin kan yah biar mata sembuh dari bintitan. Mulai dari yang konyol sampai medis juga pastinya dilakoni. Begitupun si papa yang memang memiliki riwayat mata yang sangat sensitive dengan debu dan air hujan. Sekalinya helm di buka pas perjalanan dan kena debu langsung deh reaksinya selitar mata merah dan beberapa saat kemudian muncul bentol kecil. Kata papa sih gatal dan pegel, bahkan menganggu pemandangan dan penampilan mata. Deuh…

Kata orang jaman dulu cara mengatasi bintitan itu kita cari bulu mata kecil dan paling halus di daerah yang bentol. Dipercaya bulu mata itu penyebab bintitan. Cara itu saya lakukan sampai bulu mata saya dicabut habis sama ibu di bagian yang bentol. Kebayang kan ada bulu mata yang botak, mana tumbuhnya lama juga. Ada juga yang menyarankan buat di suru bagian matanya yang bintitan. Suru itu semacam pakai eyeliner cair tapi di bagian garis mata dalam dengan menggunakan daun pisang yang masih muda. Tujuannya buat mengecilkan bentol dimata dan mengurangi rasa pegal karena bintitan. Tapi dengan kedua cara tersebut si papa selalu nolak, katanya nanti bakal sembuh sendiri. Nah kalau pengalaman saya yang sampai ke dokter karena bintitan gak sembuh-sembuh itu disarankan minum obat dan kalau masih belum kempes harus operasi. Hih.. saya mah ogah kalau dioperasi.

Biar gak kemakan mitos mengenai bintitan dan cara mengatasi bintitan yang harus nyabut bulu mata, nih saya ada sedikit cara gampang biar mata sembuh dari bintitan. Gak perlu ke dokter sih asal kita telaten aja menjalani pengobatan ini, udah gitu murah lagi. Kita cukup gunakan saja handuk kecil atau waslap dan air hangat. Caranya kita rendam aja handuk kecil  atau waslap di air hangat yang sudah kita siapkan. Terus nanti handuk kecil atau waslap tadi kompreskan ke mata yang bintitan selama lima belas menit. Lakukan pengompresan sehari tiga kali, insyaallah dua sampai 3 hari bintitan akan mengecil alias kemps. Perhatikan juga ya kebersihan handuk kecil atau waslap yang kita pakai, kalau bisa dalam sehari diganti takutnya kalau gak ganti aka nada kuman yang tertinggal jadinya bintitan gak sembuh-sembuh.


Oke selamat mencoba, saya mau kompres bintitan si papa dulu. xixixixi

8 komentar:

  1. wlkwkwkwkwkwk apalagi saya mbak sukanya ngintip di viewvender... utg ade alesan yangs ah kalo kena begituan hehe.... pizzz ketauan deh aku suka ngintipin angelina jolie mandi wkwkwkw pizzz tseeeh

    BalasHapus
  2. kebanyakan ngintipin cheila itu hihihi. cepet sembuh ya

    BalasHapus
  3. ternyata mudah caranya ya bu guru

    BalasHapus
  4. cepet sembuh yaa

    nek di sini diolesin bawang putih

    BalasHapus
  5. Wkwkwkk...ngintip siapa hayooo
    Aku juga pernah sih, trus paling aku minum yang bikin adem krn katanya itu panas dalam. Minum selasih, atau cincau bisa nyembuhin dari dalam, katanya siiih

    BalasHapus
  6. hahaha, bulu matanya abis dicabut dong, mba. :)) aku kalau bintitan kadang gemes pengin usap-usap mata terus, padahal ga baik ya.

    BalasHapus
  7. Bugurcil, bintitan ga bakalan sembuh klo ga diambil itu yg ada di dalam jendolannya. Kumannya udah nempel di situ, dan dia bakalan balik lagi dan lagi klo ga dioperasi. Operasinya cuma kecil doank koq, disobek dikit dan diambil kotorannya. Aku aja dulu kelas 3 SD udh diangkat kotoran di dalam bintitannya ;)

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan jejak di blog guru kecil ya. Mohon untuk tidak memberikan LINK HIDUP dalam kolom komentar. Jika memang ada,komen akan di hapus. Terimakasih;)