Edited by Chela. Diberdayakan oleh Blogger.

Membangun Potensi Wisata Grobogan

Selama ini kalau ngomongin soal Purwodadi Grobogan itu yang paling terkenal adalah kondisi jalan yang rusak. Padahal udah diperbaiki loh sekarang, jadi gak ada alasan lagi kalau ke Purwodadi itu aras-arasen. Trus kalau ngomongin Purwodadi itu paling taunya ya Kedung Ombo, Bledug Kuwu, Api Abadi Mrapen, sama Jati Pohon. Gak ada yang lain buk? Bosen ah!


Hem... sebenarnya ada loh potensi wisata yang sekarang ini lagi gencar-gencarnya dieksplore. Ibarat kata babat alas, kita perlu berterimakasih dan berbangga hati memiliki sosok generasi muda yang peduli dengan Grobogan dan bahkan mereka memiliki visi misi untuk mengenalkan Grobogan ke khalayak melalui wisata. "Apa sih yang ada di Grobogan?" Pertanyaan itu yang ingin mereka dapat dari orang-orang yang belum tau atau nanya tentang Grobogan. Dan berkat kegigihan Mas Iyant, Mbak Dekrit a.k.a Deni Kriting, dan Bu Yayang potensi Grobogan mulai muncul dan sekarang jadi sasaran orang-orang yang penasaran dengan wisata Grobogan. Saya aja penasaran, tapi masih harus bersabar dulu deh mengingat Intan msih kecil untuk diajak plesiran di alam bebas. 


Selain objek wisata yang sudah saya sebutkan diatas, kini Grobogan mulai muncul objek wisata baru. Emm...bukan baru sih sebenarnya sudah lama cuma belum terjamah saja. Diantaranya ada:


Air Terjun Widuri


Air Terjun Gulingan


Watu Ondo


Tugu Lasi a.k.a Mrisi Canyon


Kedung Kempul


Medang Kamolan 

Garam Jono

Tebing Trojoyo

Saya gak nyangka ternyata di kota kelahiran saya memiliki potensi wisata yang keren banget. Dari perjuangan ketiga relawan wisata inilah sekarang banyak banget yang berselfie ria mengacungkan tongsis dan upload di sosial media dengan caption #WisataGrobogan #visitGrobogan #EksploreGrobogan #AyoBaliGrobogan. Gak perlu jauh-jauh lagi sekarang kalau piknik, di Grobogan udah ada banyak. Gak kalah keren, cuma memang sekarang ini butuh kepedulian dari pihak manapun untuk menonjolkan potensi tersebut. Bahkan saya sering mendapat broadcast message dari bu Yayang mengenai kopdar wisata yang diselipi aksi sosial untuk memasang papan petunjuk arah menuju lokasi wisata yang akan di kunjungi.

Secara perhatian dari pemkab sepertinya belum begitu maksimal, makanya Grobogan butuh kerja keras para pemuda-pemudinya. Kan tujuan kedepannya bisa jadi salah  satu destinasi wisata, meningkatkan pamor Grobogan, bahkan dengan adanya objek wisata baru ikut juga memberikan pemasukan bagi warga sekitar. Bisa buka warung kopi, pusat oleh-oleh atau bahkan menyediakan tempat buat ngecamp atau outbond.

Nah, kurang bangga apa coba sebagai orang Purwodadi Grobogan. Kita punya Api Abadi Merapen yan apinya dipakai buat menyalakan obor PON, punya Bledug Kuwu yang lekat dengan legenda Jaka Tingkir dan Prabu Dewata Cengkar, punya tambak garam juga di desa Jono, punya air terjun Widuri  yang kece kayak lagunya Brury Marantika dan juga punya tempat kuliner enak dan bahkan baru seperti Danau Resto.

Yuk ah kita bersama-sama mendukung aksi dari relawan wisata kita. Yang jelas jika potensi wisata baru itu bermunculan tugas kita adalah tetap untuk menjaganya. Jangan semakin ramai terus kita melupakan kewajiban kita untuk menjaga kebersihannya, kita ninggalin coretan dimana-mana dengan alibi buat kenang-kenangan dan biar kekinian, atau bahkan seenaknya kita sengaja merusaknya. Cukup dinikmati, disyukuri keindahannya,  foto selfie, upload di media sosial kamu dan beri caption  pamer "ini loh kotaku" sertakan juga "jangan lupa dijaga kebersihannya".

Buat kalian yang penasaran tentang Wisata Grobogan kalian bisa kok cek di media sosialnya
Instagram : Wisata Grobogan
Facebook : Wisata Grobogan

kalau mau follow bu guru juga boleh kok @CHEI_CHEI. *promosi*

gambar diambil dari facebook Wisata Grobogan


Baca juga nih : 288 Tahun Kabupaten Grobogan

15 komentar

  1. Ternyata banyak potensi wisata yg bagus, asal fasilitas memadai dan membuat pengunjung nyaman pasti Grobogan bisa maju.

    BalasHapus
  2. keren ya, tapi fasilitas harus mendukung dan yg terpenting harus dijaga alamnya. Seringkalai setelah banyak oengunjung banyak yang rusak alamnya , nah ini yg harus dihindari

    BalasHapus
  3. saya naksir air terjunnya Mbak :)
    melihat air terjun itu rasanya gak sabar pengen mandi di bawahnya :)

    BalasHapus
  4. Saya asli grobogan, dan bangga jadi orang grobogan,...

    BalasHapus
  5. Wuaaaa...bagus bagus banget wisatanya. Aku selalu suka air terjun

    BalasHapus
  6. Blum prnh ke sini sepertinya potensi wisata grobokan bagus banget ya

    BalasHapus
  7. bukit??? cocok buat menikmati sunrise maupun sunset 😑😑😑

    BalasHapus
  8. Air terjunnya ngeri-ngeri sedap gitu ya Mak, menantang banget nih kayaknya

    BalasHapus
  9. ternyaaataaaaaaaaaaaaaaaaaaa grobogan banyak spot apiiikkk

    BalasHapus
  10. Eeeh...ada canyon juga di sana, ya. Aku masih penasaran sama ledug kuwu Grobogan. Agenda tahunan kan ya, Mbak?

    BalasHapus
  11. wuhhhhh grobogan bakal hits ini hahahah... semoga sponshor tetapku tertarik buat ke sana mbak hehe....

    BalasHapus
  12. aku deket banget sama tugulasi mrisi tapi belum pernah kesana.... ha ha :D

    BalasHapus
  13. nama air terjunnya widuri, kaya nama perempuan ya chel

    BalasHapus
  14. cakeeeep...bagus kalau bisa dikembangkan dengan baik nih Chei...

    BalasHapus
  15. grobogan daerah purwodadi kayaknya pernah lewat yang tebing itu mbak..
    btw itu yang naik di airterjun gak pake tali yak..gak takut jatuh

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan jejak di blog guru kecil ya. Mohon untuk tidak memberikan LINK HIDUP dalam kolom komentar. Jika memang ada,komen akan di hapus. Terimakasih;)