Edited by Chela. Diberdayakan oleh Blogger.

Tips Belanja Ala Papa

Sekarang belanja bulanan itu semakin bertambah. Dulu sih sekedar buat beli bedak sama lipstik aja, beli sabun cuci atau sabun mandi sih masih urusan bapak. Tapi sejak menikah dan punya anak, keranjang belanjaan itu keliatannya kok penuh. Yang paling mencolok sih sekarang ada diapers dan minyak telon. Hahaha... karena semakin bertambah itulah makanya harus benar-benar irit.


Paling seneng lagi kalau si papa yang belanja. Modelnya papa itu flat, jadi kalau barang gak ada yang di daftar belanjaan ya udah gak belok kesana kesini. Memang sih irit, tapi kan kadang kita suka kelewat barang satu atau dua, baru sampai rumah jadi inget. “oh iya kecapnya habis” macam begitu lah. Pembelaan papa sih menghemat anggaran belanja rumah tangga. Ciye banget gak sih. Hahaha... dan bahkan kalau belanja sama papa itu seru, ada debat-debat kecil di depan deretan sabun mandi, trus suka komen “mah beli yang besar sekalian kalau harganya selisih dikit”. Hahaha.. memang ya laki-laki itu satpam kalau wanita lagi belanja.

Ternyata kalau belanja sama papa itu dia punya trik biar belanjanya hemat. Sebagai istri saya juga harus nurut biar gak dikata durhaka. Mungkin ini hal lumrah bagi sebagian teman yang sudah senior dalam berumah tangga, tapi bagi saya ini adalah hal baru. Nah, inilah strategi atau cara papa dalam berbelanja.
  • Siapkan daftar belanjaan
Saya yang bertugas mengecek apa saja yang sudah habis, nah tugas papa itu bagian pencatatan. Nanti kalau sampai di swalayan papa yang bawa keranjang dan saya yang mengikuti instruksi papa barang belanjaan apa yang ada di daftar. Kadang suka kegoda buat beli mangkok lucu tapi papa yang ingetin “mah... gak ada di daftar belanjaan loh”. Disitu saya kadang merasa KZL.
  • Selektif dan teliti
Ini perlu mengingat sebagai konsumen kita juga harus pintar. Pilih produk yang hemat dan kualitasnya yang lumayan, selain itu selektif soal harga juga perlu biar dompet gak nangis-nangis amat. Dan yang paling penting itu teliti, dilihat juga keamanan produknya seperti apa, tanggal kadaluarsanya juga. Jangan sampai kegoda dengan harga murah eh gak taunya udah kadaluarsa. Bahaya.
  • Pilih paket hemat
Ada kan ya sabun yang dijual satuan dengan harga misalnya lima ribu rupiah. Lha ini ada satu paket hemat dengan isi empat sabun harganya lima belas ribu. Bisa hemat limaribu kan, lumayan lima ribu bisa beli bawang merah. Hahaha.... biasanya papa akan milih yang kayak gitu, atau bisa jadi beli detergent yang berhadiah piring, pewangi pakaian berhadiah toples. Satu tujuannya yaitu hemat dan biar nyicil perabot lainnya. Hahaha...

  • Manfaatkan Diskon atau promo
Nah ini nih yang ditunggu, diskon dan promo yang gila-gilaan, apalagi menjelang HARBOLNAS (Hari Belanja Nasional) tanggal 10-12 Desember nanti. Biasanya kaum wanita yang suka berburu diskonan atau promo. Sama halnya di beberapa ecommers yang ada di Indonesia salah satunya Zalora. Akan ada diskon dan promo terbesar di bulan Desember. Sekali-kali untuk menikmati diskonan dan promo gak masalah, khan? juga gak ada tiap hari kan diskonan itu? Itung-itung nyenengin istri juga kan pah? #kode

Yang paling penting kalau kata papa itu adalah belanja sesuai dengan kebutuhan bukan karena keingingan. Sesekali berburu diskonan atau promo juga gak masalah tetapi sebagai manusia sih wajar punya keinginan tapi harus bisa dikendalikan. Sok wise banget papa, kalau gitu bisa jadi solusi juga biar anggaran belanja gak kedodoran tiap bulan si papa aja yang belanja. Hahaha...

Mungkin dari teman-teman ada cara atau tips lainnya bisa kok dibagi-bagi. Sekian deh tipsnya semoga bermanfaat yah.

6 komentar

  1. Betul banget tuh tips belanja papa, mama sih suka lirak-lirik barang yg gak diperlukan :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maklum lah namanya buibu muda.wkwkwkwk

      Hapus
  2. Aku tipe 'papa' kalo belanja, mbak. Aku selalu ngebawa daftar belanjaan. Tapi namanya juga cewek ya (apalagi sendirian), kadang juga suka tergoda. Makanya aku sering 'memantrai' diri sendiri "Kamu butuh ini apa ngga? Butuh apa ngga? Kamu gak butuh. Kamu gak butuh....". Kalo udah ngomong kayak gitu ke diri sendiri, biasanya naruh si barang, terus ngedadahin xD

    Dan Harbolnas! Demi Harbolnas aku ngebelain ngelepas diskon bulan lalu demi belanja bulan ini dengan keuntungan yang lebih. Pokoknya Desember itu bulan 'meliarkan diri' :)))

    BalasHapus
  3. Adit juga begitu, tosss papa Intan :D

    BalasHapus
  4. akhir desember memang hari belanja nasional..siap siap boro nih :))

    BalasHapus
  5. Perasaan aku malah sebaliknya. Kalau sama si Ayah jadi banyak belanjaan hahaha

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan jejak di blog guru kecil ya. Mohon untuk tidak memberikan LINK HIDUP dalam kolom komentar. Jika memang ada,komen akan di hapus. Terimakasih;)