Edited by Chela. Diberdayakan oleh Blogger.

Polybag

Sebelum penerimaan rapor semester satu kemarin, bu kepala sekolah menyampaikan keinginan untuk membuat sekolah kami jadi asri dengan beraneka macam tanaman di taman. Atau lebih kecenya green school gitu deh. Nah dalam mewujudkan misi yang sekarang ini sudah mulai dilaksanakan, setelah pembagian rapor kemarin anak-anak gak langsung pulang. Mereka kerja bakti dulu dan menunggu pembagian polybag gratis dari sekolah.


Polybag itu nanti harus mereka gunakan untuk menanam aneka tanaman sesuai dengan kesepakatan kelas. Kelas kami mendapatkan tanaman serai, kebetulan untuk mendapatkan tanaman itu gak susah. Ada di sekitar halaman rumah mereka dan bahkan untuk pupuknya sendiri mereka tinggal ambil di kandang sapi. Rata-rata orang tua murid memelihara sapi atau kambing jadi urusan pupuk kandang mudah banget didapat. Dan tanaman dalam polybag yang jadi tugas liburan mereka itu dibawa saat hari pertama masuk sekolah. Amazing banget saat pertama masuk sekolah mereka membawa polybag itu dan saling pamer "punyaku udah besar tanamamnnya, subur juga lho." Ada juga yang minder karena masih kecil tumbuhnya. Dasar anak-anak....

Dari kelas 1-6 membawa semua polybag yang sudah dibagikan guru kelas masing-masing. Ada tanaman bawang merah, laos, kunyit, serai, tomat dan cabe. Polybag mereka ditempatkan di pekarangan belakang kantor berdasarkan kotak bambu yang sudah disiapkan Pak Darto. Seru!!! Tiap pagi sebelum pelajaran banyak anak-anak yang sekedar melihat tanaman mereka, ada juga yang sengaja menyiram tanaman mereka pas waktu istirahat. Bahkan yang sekedar nongkrong sambil menikmati jajanan didekat kotak bambu tanaman mereka juga ada.

Karena ini tanaman mereka maka dari itu mereka harus bertanggung jawab merawatnya. Sekalipun masih harus dikomando sama bu guru sih, tapi setidaknya mereka tidak lupa untuk menyiramnya. Katanya anak-anak biar tanaman gak haus dan mati. Hahaha... berharapnya tanaman itu nanti bisa berbuah bagi beberapa tanaman yang bisa berbuah trus mereka jual hasil tanamannya. Kalau laku dijual nanti jauh lebih baik lagi dibelikan benih tanaman lainnya. Selain itu juga mereka belajar berkebun dan bagaimana mengatasi tanaman yang terkena hama. Sambil berkebun sambil belajar pertanian. Hehe... asyik!



Beruntungnya para orang tua murid mulai mendukung kegiatan ini, meskipun banyak diantara mereka yang masih dibantu orang tuanya dalam menanam tanaman dalam polybag. Nyatanya gak ada laporan negative dari kegiatan membawa tanaman ke sekolah ini. Bahkan ketika diminta membawa pupuk kandang anak-anak banyak yang membawa dalam jumlah yang banyak. Satu karung ukuran 25 kg. hahaha.. kalau begini kan enak jadi dalam pendidikan orang tua gak lepas tangan sepenuhnya. Seperti teman saya ini yang perhatian banget sama pendidikan anaknya. Dan hebatnya lagi meskipun dia seorang ibu rumah tangga dengan keseharian full sama anak, dia masih mengagendakan blogwalking secara rutin. Harus ditiru ini. Ya siapa lagi kalau bukan mbak Lidya Fitrian si ratu blogwalking. Orangnya baik banget loh dan yang pasti ada sisi tak terduga dari dia. hahaha... Nih buat bukti kalau saya udah pernah ketemu mbak Lia. jaman masih hamil dulu deh.
ketemu mbak Lia di McD Pandanaran 


Nah semoga apa yang direncanakan sekolah kami bisa terwujud ya, dan sekolah kami segera terwujud menjadi sekolah yang asri.


6 komentar

  1. Oo..kalian pernH bertemu toh

    BalasHapus
  2. Pas hamil, berarti belum lama ini ya ketemuya. Pas kapan sih Cheil kok aku ga tahu ya pas itu Mba Lidya ke Semarang.

    BalasHapus
  3. Toss ah kalo suka berkebun...wow pernah ketemu dengan Mak Lidya too...aku dong...berkali kali...hihihhii

    BalasHapus
  4. amiiin, semoga sekolahnya menjadi hijau dan asri, tapi dirawat ya jng sampai banyak hama

    BalasHapus
  5. Aku juga suka berkebun nih. Tapi kalau udah nggethu sama sesuatu lupa sama yang lain. Haha.
    Kadang lupa ngeblog dan bewe, salut sama mba Lia dan bugurciil

    BalasHapus
  6. senengnya bisa kopdaran sama mbak Lidya yaaa di Semarang,..asek3x :)

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan jejak di blog guru kecil ya. Mohon untuk tidak memberikan LINK HIDUP dalam kolom komentar. Jika memang ada,komen akan di hapus. Terimakasih;)