Edited by Chela. Diberdayakan oleh Blogger.

Hati-hati Nyamuk Demam Berdarah

Hati-Hati nyamuk demam berdarah. kenapa sih? Kan ini musim penghujan dan dimusim inilah banyak banget bermunculan wabah penyakit dan salah satunya adalah demam berdarah. Bahkan himbauan dari Dinas Kesehatan Purwodadi adalah untuk siap siaga dalam menanggulangi penyakit yang disebabkan nyamuk Aides Aigepty ini.


Karena mencegah jauh lebih bagus daripada mengobati, maka saya pun juga sebisa mungkin menjaga diri dan keluarga terutama untuk Intan dari gigitan nyamuk. Suka parno aja dengan penggunaan obat nyamuk elektrik yang katanya kurang bagus juga untuk pernafasan. Nemuin cara lain tapi belum efektif juga. Tapi sebisa mungkin nyamuk gak ada di ruangan.

Beberapa cara ini biasanya saya lakukan baik di sekolah maupun dirumah. Dan mungkin diantara beberapa sahabat pasti sudah menerapkannya, diantaranya :

3M (Menutup,Menguras, Mengubur)
Kemakan iklan himbauan masyarakat sepertinya. Hahaha.. tapi diterapkan bagus juga kok. Kalau ada tendon air sebaiknya ditutup biar gak jadi sarang bertelurnya nyamuk. Bak mandi sebisa mungkin sering dikuras, karena kalau telat kuras akan ada jentik nyamuk kelogetan gitu. Jadilah si papa yang rajin buat kuras bak mandi. Dan yang paling penting kubur barang-barang yang memang bisa memicu jadi sarang nyamuk.

Memakai Lotion anti nyamuk
Kalau yang ini saya pakai pas di sekolah saja. Jam berkeliarannya nyamuk Aides Aigepty itu kan jam-jam 9 pagi, jadi biar aman saya pakai lotion anti nyamuk. Apalagi sekolah saya berada di pemukiman yang dekat dengan tempat pembuangan sampah akhir, jadi bisa kebayang gimana kalau ga jaga diri dan kesehatan. Selain kena dampak banyaknya nyamuk yang ada di sekolah kalau musim ini juga kena imbasnya yaitu bau sampah yang menyengat. Duh…

Kurangi gantungan baju
Ini kebiasaan buruk si papa yang suka banget gantung baju. Padahal gantungan baju di kamar ini bisa memicu datangnya nyamuk apalagi ada bayi. Makanya sebisa mungkin untuk mengurangi kebiasaan ini demi bebas nyamuk di kamar. Dan demi keamanan Intan juga pastinya.

Property penghalau nyamuk
Selain mengurangi kebiasaan yang bisa memicu nyamuk bersarang, rasanya perlu untuk menyediakan property lain untuk menghalau nyamuk. Untuk Intan saya sediakan kojong atau selambu bayi meskipun sudah gak sebagus dulu. Karena saking seringnya ditarik-tarik. Hahaha… selain selambu saya juga menyiapkan raket nyamuk. Memang nyamuk itu bandel dan suka nguing-nguing di telinga jadi siap sedia dengan raket nyamuk. Semacam mau badminton gitu deh. Hahaha… dan yang sedang saya cari saat ini adalah tiraianti nyamuk. Sayangnya di Purwodadi belum ada yang jual.

Itulah sedikit cara yang saya lakukan agar nyamuk-nyamuk nakal gak merajalela. Setiap usaha pasti tidak akan sia-sia jadi sebisa mungkin untuk tetap menjaga kebersihan di rumah dan di sekolah agar bebas penyakit. Dan sayangi orang-orang disekitar kita dengan menerapkan kebiasaan baik. 

2 komentar

  1. yuk bersih-bersih rumah supaya nyamuk gak suka

    BalasHapus
  2. Iya nih, apalagi sekarang tambah virus zika yaaa.. Lebih banyak lagiii yang bahaya

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan jejak di blog guru kecil ya. Mohon untuk tidak memberikan LINK HIDUP dalam kolom komentar. Jika memang ada,komen akan di hapus. Terimakasih;)