25 Februari 2016

Kuis Bahasa Jawa

Kuis Bahasa Jawa, emangnya gimana sih? 

Menyajikan pembelajaran yang menyenangkan itu memang selalu bikin bergairah. Baik guru sama murid rasanya akan rela sampai rumah melebihi jam pulang karena udah menikmati serunya belajar. Siang-siang udah laper dan ngantuk, kalau cuma baca atau ngerjain soal di LKS justru makin ngantuk. Makanya kemarin saya sama anak-anak asyik main gitu.


Memang untuk menghafal maupun menulis aksara jawa itu butuh ketrampilan dan ketelatenan. Terampil menghafal dan telaten buat praktek. Meskipun ini sulit tapi sayang kalau guru jaman sekarang melupakan warisan budaya khususnya buat orang Jawa. Nah, biar anak-anak makin lihai dalam menulis aksara jawa beserta sandhangannya saya iseng aja bikin merek berkompetisi antar kelompok. Siapa tau kan bisa ditiru juga *sok ngehek*

Kelas memang suda saya plot menjadi kelompok kecil. Dan siang itu saya membacakan sebuah kalimat yang terdiri dari tiga kata. Bukan tiga kata ai laph yu lho ya. Tetapi tiga kata itu seperti  "tuku sate sapi" dan begitu-begitu deh. Nanti kelompok mana yang berhasil merebut spidol yang saya pegang terlebih dahulu dan bisa menyelesaikan menulis aksara jawa di papan tulis akan dapat satu point. Kebayang kan gimana riuhnya anak-anak yang berhasil meraih spidol dan menulis di papan tulis. Selain itu tampak juga kelompok yang merasa minder karena kurang cepat dalam merebut spidol. Dari ini saya tau satu poin buat mereka itu berharga sekali. Padahal saya tidak menyediakan hadiah buat mereka, tapi saya seneng mereka antusias dan rela pulang jam satu siang. Haha...

Serunya lagi adalah ketika meulis di papan tulis anak-anak sambil mengingat gimana aksaranya. Sorak-sorak dari teman sekelompoknya juga bikin bu gurunya senyum-senyum sendiri bahkan tak jarang pada lari bolak balik antara bangku ke papan tulis demi nilai satu poin. Kalau berhasil teriakan "yeeeee.... dapet satu poin.... yeyeyeye" bikin kuping geli karena gak berhenti.
nulis di papan tulis

Disaat anak-anak semakin panas dengan kuis bahasa jawa dari bu guru, bel pulang mereka ga peduli dan maunya nambah lagi. Hemm.. daripada anak-anak kecewa saya turuti saja dengan memberikan kertas bertuliskan kalimat dalam aksara jawa dan harus dipecahkan oleh masing-masing kelompok. Kali ini poin yag direbutkan adalah tiga bagi kelompok tercepat, bonusnya anak-anak bisa pulang lebih dulu. Fyi pulang lebih cepat itu selalu bikin hati anak-anak bahagia. Padahal nih bel pulang udah berlalu setengah jam yang lalu. Hahahaha....

Oke, dari keseruan mereka belajar sambil bermain kuis rasanya saya juga perlu menantang para rekan blogger nih. Tentunya masih ingat kan dengan aksara jawa, nah siapa yang bisa menjawab aksara jawa dibawah ini ? Saya akan bagikan pulsa masing-masing 10ribu kepada 3 orang tercepat dan benar. 


Cukup ninggalin komen aja sih di postingan ini. Nanti saya tunggu sampai tanggal 29 Februari 2016 yah... pengumuman siapa yang beruntung dapet pulsa tanggal 1 Maret 2016. Oke sip..


Mau baca apa lagi? Buruan diterjemahin. Hehehehe

15 komentar:

  1. Aksara jawa mirip sama aksara Bali ya, tapi aku enggak mudeng. Beberapa sama malah. ._.


    iamvinaeska.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Halah maaakkbgak mudeng blas aku. Hehehehe

    BalasHapus
  3. Habis buka pepak, moga bener ya haha.Soalnya terakhir nulis aksara itu SMP. Itu artinya 7 tahun yang lalu!
    Itu aksara jowonya dibaca : Prabu Minakjingga.

    Kece ih idenya bikin siswa antusias gitu. Memang kadang kami sbgai siswa maunya pelajaran itu gak monoton bu. Yg asyik seru tapi tetap berbobot. :D
    Jadi pengen sekolah lagi

    BalasHapus
  4. Aku ga bisa baca aksara jawa, kalo huruf lontara (MAkassar) malah bisa >.<

    BalasHapus
  5. mirip dengan bahasa dan huruf sunda ya mak..cuman saya udah lupa, selupa-lupanya..keren kalo jd bu guru harrus belajar terus biar ilmunya ngalir terus ke anaknya

    BalasHapus
  6. Ayoooo yang kuiis kuiiis. . . :D

    BalasHapus
  7. Liat tulisan Jawa ini sampai berdua sama suami inget-inget lagi pelajaran basa jawa dulu nih. Jawabannya: Prabu Minakjingga

    BalasHapus
  8. Aku udah lupa gimana bacanya, tapi masih inget jenisnya ada dua aksara jawa sama aksara murda, eh apa iya ya? :D

    BalasHapus
  9. Aaaaaakh :' ampuuuuun. pelajaran bahasa jawa ini sejak SD sampai SMK kemarin aku paling gak niat belajar ini ._. wkwkwk

    BalasHapus
  10. Jujur aku sudah lupa aksara jawa, hahahahahaha XD

    Aku sempet SD di papua, dari kelas 1-4 SD, kelas 5nya pindah ke jawa, yg aku alami pas pindah cukup susah beradaptasi sama pelajaran bahasa jawa, apalagi pas bagian krama inggil, kulo pun nyerah mawon mbak. Tapi kalo urusan aksara jawa, kulo saget mbak. Hahaha, lucunya baru bisa bahasa krama pas aku kuliah, paksaan senior. XD

    BalasHapus
  11. This is my favorite lesson kak!
    Aku hafaaaaaaaaaaaaaal bgt. tp sekarang mah kaga wkwk

    Oh tulisannya prabu to yang depan itu. Aku tadi masa bacanya 'permisii ..' wkwk yaallah jadi kangen buka buka pepak

    BalasHapus
  12. aku nyerah deh gak bisa jawabnya:)

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan jejak di blog guru kecil ya. Mohon untuk tidak memberikan LINK HIDUP dalam kolom komentar. Jika memang ada,komen akan di hapus. Terimakasih;)