Edited by Chela. Diberdayakan oleh Blogger.

Mengenal Buku Tulis dan Manfaatnya

pic from google

Secara umum buku diartikan sebagai kumpulan banyak kertas atau bahan sejenisnya yang dipadukan kemudian dijilid dan dibentuk menjadi satu bagian. Jaman dulu buku tulis  digunakan sebagai alat untuk mencatat berbagai macam kejadian, peristiwa-peristiwa, naskah-naskah penting dan informasi berharga lainnya.


Dijaman modern seperti ini, buku berkembang menjadi berbagai alat yang berjenis digital. Salah satunya buku elektronik, member kemudahan Kita dalam menulis dan tepat sebagai media yang tahan lama serta menyimpan ingatan apapun yang telah di kerjakan. Seperti adanya perangkat laptop, tablet, gadget, handphone android, dan lain sebagainya. Namun tahu kah kita, mengapa buku tetap ada hingga saat ini? itu karena buku masih terbukti menjadi alat utama dalam mencatat segalanya dengan mudah dan cepat tanpa berfikir panjang untuk mencari perangkat lunak nya sebagai alat tulis, seperti pada perangkat komputer.

Berikut coba simak banyaknya manfaat buku tulis yang jarang orang sadari:

  • Sebagai media catatan penting yang mudah dan simple untuk dibawa dikantong kita, karena buku memiliki banyak jenis ukurannya. Ada ukuran dari paling terkecil sampai terbesar, tinggal kita sesuaikan dengan ukuran kantong yang kita kenakan.
  • Buku juga sebagai sarana menulis catatan paling banyak dalam hal tempat dan ukuran yang tanpa batas, hanya ada batasan halaman yang tersedia.
  • Dokumentasi dalam sebuah buku, memiliki keunggulan yang bisa dipakai sebagai alat bukti suatu sejarah, atau suatu kebenaran untuk mengungkap tentang seseorang. Karena di dalam buku tersebut terdapat tulisan yang memiliki nilai kandungan dari serat sebuah tulisan dan beberapa sidik jari yang menempel pada buku tersebut bisa dideteksi dan diolah menjadi informasi pribadi seseorang. 
  • Harga yang terjangkau dibandingkan alat-alat dokumentasi digital lainnya. Hanya bermodalkan uang antara dua ribu hingga lima ribu rupiah, Kita sudah bisa mendapatkan alat pencatat informasi yang berharga bagi Kita.
  • Buku membantu kita menguatkan motorik tubuh semakin baik. Beberapa para ahli mengatakan, menulis sebuah catatan pada kertas memiliki kerja motorik yang bisa meningkatkan kinerja otak lebih baik. Karena tangan menggerakkan pensil atau pulpen pada sebuah kertas diiringi dengan cara kerja otak merespon suatu informasi yang diterjemahkan kedalam sebuah tulisan, merupakan olah raga otak dan motorik badan. Jika sering Kita lakukan, maka kecerdasan dan pola pikir Kita akan berbeda pula.

Buku tulis memiliki kelebihan yang luar biasa bagi kita, dan salah satu penyebab manusia semakin berkembang hingga ada alat pencatat digital itu berasal dari sebuah analisa, catatan, dan perkembangan yang berasal dari basic sebuah buku. Hingga saat ini dengan teknologi yang terus berkembang, buku masih menjadi bagian dokumentasi yang simple, sederhana, murah, dan praktis. Semoga uraian diatas dapat membantu kita. Salah satu e-commerce bukalapak.com juga terdapat toko yang menjual buku tulis, tapi kita harus jeli untuk mencari penjual yang terpercaya.


1 komentar

Silahkan tinggalkan jejak di blog guru kecil ya. Mohon untuk tidak memberikan LINK HIDUP dalam kolom komentar. Jika memang ada,komen akan di hapus. Terimakasih;)