26 Maret 2016

4 Keuntungan Menggunakan MyCod Bagi Owner Online Shop





4 Keuntungan Menggunakan MyCod Bagi Owner Online Shop - Dulu saya sempet ragu untuk ikut dalam dunia jual beli online. Ragunya karena di bayangan saya itu ribetnya bukan main. Harus packing trus ke kantor ekspedisi pengiriman, ngirim nomor resi pengiriman ke costumer, belum lagi kalau dapat komplain dari costumer kenapa orderan belum sampai ke alamat tujuan. Hedewh!!! Apalagi sekarang ini dunia online shop reputasinya kudu bener-bener dijaga agar kepercayaan pelanggan gak terganggu. Banyak kan yang suka tipu-tipu gitu, ngakunya barang udah dikirim eh malah ditunggu gak sampai. Gak mau deh seperti itu. Selain online shopnya yang kena imbas lainnya  ekspedisi pengirimannya juga kena. Nah tuh…mau??? Saya sih enggak.

Beruntung banget ketika ekspedisi pengiriman langganan saya ini semakin berevolusi dan memberikan pelayanan yang apik untuk pelanggan. Gimana gak coba, JNE sekarang meluncurkan aplikasi berbasis mobile atau kerennya JNE Mobile yang diberi nama MyJNE dan bisa kita unduh secara gratis di playstore. Kalau selama ini kita harus repot-repot dengan buka web JNE, sekarang akan sangat praktis dengan menggunakan aplikasi JNE. Di aplikasi myJNE ini disediakan beberapa fitur seperti tracking resi, cek ongkos kirim, cari konter JNE yang terdekat dengan posisi kita, bahkan ada layanan MyCod. So, para owner online shop saya rekomendasiin aplikasi ini demi  kelancaran bisnis online shopnya. Apalagi dengan memanfaatkan fasilitas MyCod nya.

Ingat, ini bukan Cash On Delivery yang ngeheits banget diantara kita ya, jeung. Ini beda! MyCod itu adalah semacam aplikasi dalam aplikasi yang disediakan oleh MyJNE semacam rekening bersama yang berfungsi memudahkan penjual dalam membuat transaksi dengan pembeli. Syaratnya adalah antara penjual dan pembeli harus sama-sama udah menginstal aplikasi myJNE di hpnya. 

Ada keuntungannya gak kalau kita para owner online shop pakai MyCod? Jelas ada lah, dan ini keuntungan yang bisa kita dapat kalau pakai MyCod. Diantaranya :
  • Hemat waktu dan tenaga



Kenapa bisa? Ya bisa donk! Jadi gini, setelah kita deal dengan costumer meliputi barang, harga serta ongkirnya yang bisa kita cek langsung di aplikasi MyJNE, penjual bikin orderan secara digital dengan memencet tombol merah bertanda plus. Dan disitu kita nanti diharuskan mengisi form yang berisi order name (diisi  nama orderan), Insert buyer’s Phone Number (nomor telefon si pembeli), Add item (yang akan diisi banyaknya jumlah barang orderan beserta harganya), Shipment Fee (ongkos kirim), Other Fee (ini optional kayak box kayu kalau kita kirim barang yang rawan pecah, dan Grand Total (total keseluruhan orderan). 

Hemat waktu dan tenaganya adalah kita gak perlu cek harga di daftar harga, gak perlu berlama-lama buka web untuk cek ongkir dan singkirkan jauh-jauh kalkulator karena secara otomatis aplikasi akan menjumlahkan dengan sendirinya. Gak perlu ke atm atau buka internet banking, penjual gak perlu susah payah notal keseluruhan orderan pakai kalkulator dan nulis di buku nota, gak perlu lagi sering-sering kabarin custumer karena gak enak hati ‘maaf ya sist baru selesai notal semuanya.” Halah…... Enak khan? Bisa sambil goler-goler manja nunggu orderan lain, bukan?
  • Transaksi secara transparan


Kenapa? Karena pembeli bisa ngecek sendiri ongkos kirim yang dibebankan. Selain itu, ketika orderan sudah selesai dibuat oleh penjual, nantinya pembeli akan menerima notifikasi berupa invoice orderan di akun MyCod nya.  Disitulah nanti pembeli segera mentfansfer sejumlah uang sesuai dengan orderan dan penjual akan menerima pemberitahuan bahwa orderan sudah PAID. Jadi kita gak mengalami lagi PHP dari costumer dan beribu alasan seperti lupa lah, kemaleman pulang kerjanya lah, atm rusak lah. Hahaha… 

Nantinya pembeli bisa memantau sendiri perjalanan dari orderannya itu. Setelah ada pemberitahuan bahwa pembeli sudah mentransfer, kita sebagai penjual segera mengirim orderannya dan setor nomor resinya ke MyCod yang bisa kita ketik langsung maupun scan barcode. Bisa mengurangi pertanyaan pembeli “udah dikirim belum sist barangnya?”, “kok belum sampai ya, sist. Beneran dikirm gak sih?” hahaha… saya pernah kayak gitu.
  • Terjamin keamanannya


Dengan menggunakan MyCod ini keamanan jadi semakin terjaga. Karena antara penjual dan pembeli akan menerima pemberitahuan dan bisa di cek secara langsung di akun MyCod nya. Udah dibikin belum orderannya, pembeli udah transfer atau belum, ongkirnya sesuai apa dilebihin, bahkan sejauh mana perjalanan dari orderan dari pembeli ke penjual. Bukan cuma itu, karena MyCod ini adalah perantara pembayaran antara penjual dan pembeli jadi ketika orderan belum sampai ke pembeli maka penjual tidak akan menerima pembayarannya. Kok bisa? Jadi alurnya begini, saat pembeli udah bayar ke MyCod, penjual kirim barang dan kalau barang udah sampai ke alamat pembeli barulah MyCod akan mentransfer uangnya ke penjual. Aman? Jelas lah. Apalagi kalau transaksinya sampai jutaan. Gak ada barang gak ada uang yang masuk ke dompet kita. Jyahahaha….
  • Goodbye upload bukti transfer dan nomor resi!

Karena pakai MyCod udah canggih dan enakin para penjual dan pembeli, jadi gak perlu lagi ada kalimat dari penjual “kalau udah transfer ditunggu bukti transfernya ya sist.” Atau sebagai pembeli nanyain resi yang kali aja barang gak dikirim. Hahaha…. Buang jauh kayak begituan! Dengan MyCod semua gampil dan serba otomatis akan ada pemberitahuan di hp kita sist. Jadi gak perlu pakai upload gicyu.
 
keuntungan dari MyCod
Gimana, masih pengen yang ribet kalau yang simple dan praktis ada di depan mata? Paling gak ketika kita melebarkan sayap di dunia jual beli online, kita bisa semakin jadi online shop terpercaya, aman dan no PHP dengan bantuan MyCod dari MyJNE. Memberikan pelayanan yang terbaik kan wajib, karena pembeli adalah raja. Tunggu apa lagi kawans owner online shop, segera instal aplikasi MyJNE dan gunain fitur MyCod nya yuk. Melayani pelanggan sangat mudah dalam genggaman tangan. 



https://goo.gl/v9XpfH


17 komentar:

  1. Pembeli merasa lebih nyaman dan aman, penjual juga lebih mudah meyakinkan pembeli yak

    BalasHapus
  2. Saya malah baru tahu kalau jne sudah punya mobile aplikasi.
    Langsung cuuus unduh.

    BalasHapus
  3. Asik yaaa ada aplikasi nya sekarang, jadi gampang dan praktis :D

    BalasHapus
  4. belanja jadi aman ya chel gak takut dibohongin penjua

    BalasHapus
  5. Sangat memudahkan sekali, terlebih untuk tracking kiriman sangat penting

    BalasHapus
  6. aku kayaknya perluuuu ...tapi belum bisa cobain dari sini..good luck ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya perlu banget mama boo....hiddentreasure nya tuhh...

      Hapus
  7. Makin canggih aja aplikasinya JNE :D

    BalasHapus
  8. Aplikasi canggih yang sangat membantu

    BalasHapus
  9. Salam kenal Mbak Chela, seru baca postnya, jadi kebayang gimana aplikasi ini dari mata seorang shop owner. :D

    BalasHapus
  10. Hidup tanpa PHP itu memang menyenangkan pasti yaa #ehh. Kebayangnya baik penjual maupun pembeli gak mau diPHPin ya.

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan jejak di blog guru kecil ya. Mohon untuk tidak memberikan LINK HIDUP dalam kolom komentar. Jika memang ada,komen akan di hapus. Terimakasih;)