9 April 2016

5 Manfaat Mewarnai

mewarnai
5 Manfaat  Mewarnai - Sabtu itu hari yang males-malesan karena bau weekend kuat banget. Sampai-sampai ngajar pun juga ikutan males-malesan, untungnya pelajaran hari Sabtu itu selo banget. Pertanian dilanjut SBK dan KKG, tapi bagaimanapun selonya ngadepin mata pelajaran pertanian itu lumayan ribet. Pertanian itu harusnya banyak praktek bukan teori, tapi gurunya aja belum paham pertanian jadilah kita teori dan cuma berkebun doank. 


Tapi kali ini gak mau ngomongin soal pertanian sih. Karena udah pusing sama materi menanam kacang panjang akhirnya SBK saya ajak mereka untuk mewarnai gambar. Kenapa mewarnai? karena selama ini saya melihat hasil pewarnaan mereka itu sebenarnya bagus, tetapi butuh latihan lagi. Banyak hal yang kurang mereka pahami mulai dari perpaduan warna sampai cara menggores crayon, spidol, dan pensil warna ke kertas gambar. Kalau saya menemukan hasil pewarnaan pakai pensil warna akan ada garis yang vertical dan disisi lain ada horizontal bahkan diagonal. Makanya biar anak-anak mengerti bagaimana mewarnai yang baik apalagi dengan crayon, jadilah selepas pelajaran pertanian tadi kita sibuk tapi seru. 

Oke, gambar sudah saya siapkan di jam istirahat. Karena saya lagi pengen banget buat ke Bali, jadilah saya menggambar seorang anak bali yang sedang menari dengan background gapura Pura. Anak-anak bisa langsung menebak gambar saya dengan hanya melihat ikat kepalanya. Bali itu salah satu kekayaan wisata Indonesia yang khas banget yah. Dan karena kekayaan yang dimiliki Indonesia inilah saya perlu mengenalkan beragam adat budaya meskipun lewat sebuah gambar yang sangat sederhana. Ciyee sok puitis!

Kelas mewarnai pun dimulai, anak-anak seneng banget menerima kertas gambar tapi sayangnya beberapa diantara mereka gak bawa crayon. Dan tradisi yang ada di kelas adalah saling join crayon. Tugas si empunya crayon buat mengingat-ingat crayonnya dipinjam siapa aja. Hahaha… namanya anak-anak ya gitu ada yang pelit ada juga yang royal, tapi untungnya kelas tetap bisa dikendalikan. Dan mewarnai berhasil menghipnotis mereka untuk bisa jadi anak pendiam. Super!

Dibalik keseruan mereka mewarnai sebenarnya saya sendiri juga menikmati setiap goresan crayon di kertas gambar saya. Percaya kan kalau warna yang kita pilih bisa menggambarkan suasana hati kita. Bukan Cuma itu, ternyata mewarnai juga memiliki manfaat sendiri loh. Mau tau? Nih…

  • Media berekspresi dan media terapi
Sudah saya sebutkan diatas bahwa mewarnai bisa menmenggambarkan suasana hati. Kalau melihat hasil gambar saya cenderung berwarna cerah, itu menunjukkan bahwa suasana hati saya sedang bahagia *mungkin*. Tapi ada juga saya menemui anak yang memilih warna gelap *mungkin lagi sedih* dan lewat pilihan warna itulah sebenarnya suasana hati bisa dibaca.namun bisa juga mewarnai itu sebagai media terapi karena warna bisa menguraikan stress pada anak karena lelah beraktifitas. Mungkin mereka lelah mempelajari pelajaran pertanian tadi.

  • Membantu mengenal perbedaan warna
Ini yang jadi tujuan saya menuntun mereka untuk mewarnai dengan benar. Memang gak ada yang salah dengan imajinasi mereka, bisa saja mereka mewarnai daun dengan warna merah, langit dengan warna pink kemerahan, atau bahkan air berwarna biru campur oranye. Tapi disini selain untuk bisa menekankan perbedaan warna, saya berharap anak-anak juga bisa berkreasi untuk memadukan warna. 

  • Melatih ketrampilan motorik
Ternyata mewarnai memiliki manfaat untuk melatih motoriknya terutama tangan. Maka dari itu sebaiknya dari kecil biasakan anak-anak untuk berlatih mewarnai ya buibu. Saya aja yang tua suka banget mewarnai. Hahah…

  • Melatih koordinasi dan konsentrasi
Sepengalaman saya ketika mewarnai, akan ada kerjasama antara mata, tangan, dan perasaan. Mewarnai akan melatih otot tangan dan motorik pada anak, koordinasi mata untuk memperhatikan gambar dan batas garis, sedangkan perasaan ini menentukan kecepatan kita dalam menggores. CMIIW. Ditambah lagi konsentrasi kita dalam mewarnai akan terlatih terutama jika mendapati detail goresan garis yang kecil dan focus untuk menyelesaikan gambarnya. Nantinya kemampuan koordinasi dan konstrasi ini akan sangat berpengaruh bagi perkembangan mereka.

  • Melatih anak membuat target
tentunya ketika mewarnai akan terlihat bagus hasilnya jika diwarnai secara penuh. Begitu pula dengan kemampuan anak yang dirasa ada target untuk menyelesaikan mewarnai gambarnya. maka dari itu nantinya anak juga diharapkan bisa memiliki tanggungjawab untuk menyelesaikan target tersebut. Selain itu juga dapat memupuk keprcayaan dirinya sehingga nantinya diharapkan mampu untuk menghadapi tantangan yang akan dilaluinya. 

Ini menurut pendapat saya tentang 5 manfaat mewarnai. CMIIW. Dan sangat terbuka deh jika teman-teman memiliki pendapat yang lain. Pokoknya menurut saya kegiatan menggambar dan mewarnai itu seru banget lah. Karena saking serunya, bel istirahat tumben-tumbennya mereka cuekin karena sibuk mewarnai. Hemm,,,kalau gini bisa jadi melibatkan mewarnai di pelajaran lain bisa kali ya…..

pssttt.. bu guru numpang narsis ya ^_^
 

3 komentar:

  1. Mewarnai banyak manfaatnya juga ya ternyata.
    Anak-anakku dulu seringnya menggambar aja, tapi males kalo diminta mewarnai di kertas A3, capek kertasnya gede kata mereka hahaha.

    BalasHapus
  2. baru tahu jika mewarnai memiliki manfaat, anak-anak juga pasti suka melakukannya

    BalasHapus
  3. baru tahu jika mewarnai memiliki manfaat, anak-anak juga pasti suka melakukannya

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan jejak di blog guru kecil ya. Mohon untuk tidak memberikan LINK HIDUP dalam kolom komentar. Jika memang ada,komen akan di hapus. Terimakasih;)