Edited by Chela. Diberdayakan oleh Blogger.

Beragam Jenis dan Ciri Lagu Pop


credit: google
 Lagu pop merupakan jenis atau genre lagu yang paling banyak disukai oleh masyarakat. Musik pop masuk ke berbagai benua dan negara termasuk Indonesia dengan waktu yang berbeda. Misalnya di Amerika Serikat, lagu pop pertama kali masuk mulai tahun 1920, sedangkan di Indonesia sendiri, musik pop diperkenalkan oleh Koes Plus di tahun 1970an. Seiring berkembangnya jaman, saat ini banyak berkembang hingga terdapat berbagai macam musik pop.


Jenis pertama adalah musik pop standar. Di Indonesia, yang termasuk sebagai musik pop standar diantaranya yaitu lagu Bunga di Tepi Jalan milik Koes Plus, Marilah Kemari milik Titik Puspa. Beberapa ciri dari musik pop ini adalah:

  • Melodi yang sederhana sehingga dapat dengan mudah diterapkan di berbagai karakter.
  • Musik dapat dengan mudah dipadukan dengan jenis musik yang lainnya.
  • Lagu mudah untuk dipahami dan dihafalkan.
  • Harmoni tidak rumit
  • Memiliki variasi tempo yang beragam.

Jenis kedua adalah musik pop kreatif. Jenis musik ini mengalami perkembangan di Indonesia di tahun 1980an lewat Dasa Tembang Tercantik. Contoh lagu dengan genre pop kreatif yaitu Kekasih Gelap milik Ungu, Seperti yang Kau Minta milik Alm. Chrisye. Ciri dari jenis musik pop kreatif yaitu terdapat keunikan dalam melodi, ritme, instrumen, harmoni, lirik dan gaya. Sehingga tidak heran jika terkadang jenis musik pop kreatif seperti klasik, jazz.

Ketiga adalah jenis musik pop balada. Lagu pop jenis ini biasanya memiliki tempo yang lebih lambat dibandingkan musik pop pada umumnya namun tidak jarang, lagu dengan genre ini memiliki tempo yang bervariasi. Beberapa contoh dari musik pop balada yaitu Umar Bakri dan Bento milik Iwan Fals, Camelia milik Ebit G. Ade, Pak Tua milik Elpamas. Beberapa musisi dengan genre lagu pop ini yaitu Benyamin S, Doel Sumbang dan Iwan Fals. Ciri dari musik pop balada yaitu:

  • Melodi bervariasi dan disesuaikan dengan kepentingan lirik.
  • Lirik pada jenis musik ini biasanya merupakan bentuk sindiran, ekspresif, empati atau berkisah mengenai kehidupan sehari-hari.

Nah itu tadi ulasan tentang lagu pod an ciri-cirinya. Tentu masih banyak jenis music yang ada disekitar kita. Apapun pilihannya jangan lupa untuk tetap damai, karena music itu kan bisa jadi sarana pemersatu.


5 komentar

  1. salah satu cara menghilangkan stres,adalah dngerin musik

    BalasHapus
  2. musik memang menjadi sumber inspirasi, kadang dengan musik kita jadi bisa dapat ide segar

    BalasHapus
  3. Aku suka dengerin lagu pop, kakak. Lebih gampang dicerna sih. Nyantai dengerinnya :))

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan jejak di blog guru kecil ya. Mohon untuk tidak memberikan LINK HIDUP dalam kolom komentar. Jika memang ada,komen akan di hapus. Terimakasih;)