Edited by Chela. Diberdayakan oleh Blogger.

Tekan Angka Kematian Ibu dan Bayi Baru Lahir Melalui Program SMS Bunda


Tekan Angka Kematian Ibu dan Bayi Baru Lahir Melalui Program SMS Bunda- Grobogan masuk dalam daerah yang angka kematian ibu dan bayi baru lahir terbilang tinggi. Tentunya dengan prestasi seperti itu bukan menjadi satu kebanggaan, tetapi sangat memprihatinkan dimana bagi sebagian masyarakat kesadaran akan kesehatan masih terbilang belum memadai. Ditambah lagi banyaknya kasus yang memang menjadi pemicu tingginya angka kematian ibu dan bayi. Jadi serta merta tidak hanya bisa saling menyalahkan berbagai pihak. 



Ada banyak factor yang menyebabkan tingginya angka kematian ibu dan bayi seperti kurangnya kesadaran akan pentingnya kesehatan terutama bagi ibu hamil, penyakit bawaan ibu hamil, jauhnya lokasi rumah dengan fasilitas kesehatan. Bahkan permasalahan saat lahiran seperti  pendarahan, janin terlilit tali pusar dan telat dalam penanganannya, ketuban pecah dini dan itu tidak disadari oleh ibu, bahkan Pre eklamsia. Sudah saatnya kita sadar dengan kesehatan seperti memeriksakan kandungan minimal 3 selama masa kehamilan, menambah informasi kesehatan yang saat ini sudah banyak dan bisa di dapatkan dengan mudah baik di poster-poster maupun internet. 

Selain dari kesadaran si ibu hamil itu sendiri, peran pemerintah tentu tidak boleh lepas terhadap masalah kesehatan. Sebenarnya pemerintah sudah menyediakan pelayanan kesehatan untuk masyarakat seperti Posyandu dan Puskesmas. Selain itu berbagai program kegiatan yang diadakan dengan masyarakat seperti sosialisasi dan pembentukan forum-forum masyarakat peduli kesehatan juga sudah di lakukan. Saat hamil Intan dulu, saya pernah mengikuti kegiatan senam hamil gratis yang diadakan oleh Puskesmas. Dimana dalam kegiatan tersebut saya mendapatkan berbagai informasi kehamilan sampai senam hamil. Dan yang baru-baru ini gencar di sosialisasikan adalah dengan adanya satu program baru yang bernama Program SMS Bunda.

Apa itu SMS Bunda?


SMS Bunda adalah sebuah program dari JHpiego dan  GE Foudation dimana bekerjasama dengan Kementrian Kesehatan RI dan USAID untuk menekan angka kematian ibu dan bayi baru lahir. Nantinya setiap ibu hamil akan mendapatkan sms yang berisi tips dan informasi kesehatan kehamilan, persalinan, pasca persalinan hingga anak usia 2 tahun. Secara Kabupaten Grobogan masih terbilang tinggi angka kematian ibu dan bayi, maka dari itu Dinas Kesehatan Kab. Grobogan meluncurkan program SMS bunda tanggal 25 Agustus 2015 kemarin.


Bergabung dalam SMS Bunda


Untuk mendapatkan informasi seputar kesehatan dan tips ibu hamil lewat sms bunda ini sangat gampang. Kita hanya perlu mendaftarkan nomor hp kita ke layanan sms bunda. 
 
Setelah nomor kita terdaftar, nantinya akan secara rutin mendapatkan kiriman informasi masalah kehamilan dan penanganan anak hingga usia dua tahun. Walaupun kita nantinya akan sering mendapatkan informasi pulsa kita tidak akan terpotong karena layanan ini memang gratis. Jadi kapan lagi kita bisa belajar dan mendapatkan pengetahuan baru. Gratis pula.


Manfaatnya ikut Program SMS Bunda?


Ini adalah satu gebrakan postifi di bidang kesehatan, pasti ada manfaat yang didapat ketika bergabung dalam program sms bunda. Bahkan saya merasakan sendiri mendapatkan banyak masukan dan ilmu baru baik tentang kehamilan maupun tips pasca melahirkan. Jadi diharapkan agar para ibu hamil segera bergabung dalam layanan kesehatan ini. 



Di media sosial, saya mendapati satu Forum yang bernama Forum MAsyarakat Madani KIA Kab. Grobogan yang gencar mengkampanyekan program SMS Bunda.Dalam kegiatannya ini mereka berharap peran serta masyarakat dapat membantu usaha pemerintah daerah untuk menekan kasus kematian ibu dan bayi. Terbukti dengan gencarnya kampanye SMS Bunda dan dibentuknya Kader peduli kesehatan di berbagai daerah, kasus kematian ibu yang tadinya di peringkat 2 se-Jateng turun menjadi peringkat 5. Dan tingkat partisipan SMS Bunda, Kabupaten Grobogan menduduki posisi ke 2 se Indonesia. Meskipun begitu, perjuangan untuk terus mengobarkan semangat dan kesadaran peduli kesehatan ibu hamil harus tetap ditegakkan.

sosialisasi SMS Bunda di CFD

pic source: FMM KIA Kab. Grobogan

pic source: FMM KIA Kab. Grobogan


pic source: FMM KIA Kab. Grobogan


Ayo yang lagi hamil, istrinya lagi hamil, saudara, tetangga atau relasi yang sedang hamil atau memiliki baduta (bawah dua tahun) ajak untuk segera bergabung dengan SMS Bunda. Selain mendapatkan manfaat yang sangat positif, kita juga bisa berperan aktif sebagai masyarakat yang peduli kesehatan. Tunggu apa lagi, ambil hp mu dan segera ketik SMSBunda kirim ke 08118469468. Ingat ya layanan ini GRATIS.





sumber :
Facebook FMM KIA Kab. Grobogan
http://grobogan.go.id/info/berita-terbaru/947-program-sms-bunda-mulai-diresmikan
http://metrosemarang.com/sms-bunda-layanan-informasi-gratis-para-ibu-hamil


8 komentar

  1. Wow programnya keren ya, aku sampe sekarang masih sering sms an konsultasi sama bidan dan dokter spog ku lo

    BalasHapus
  2. Semoga dengan layanan ini, banyak anak2 yang bisa lahir sehat dan tumbuh jadi anak yang sehat juga :)

    BalasHapus
  3. Aku juga manfaatkan SMS Bunda lho. Soalnya tahun depan planning buat adeknya Salfa hehehe

    BalasHapus
  4. Wah programnya sangat membantu para ibu hamil lrbih praktis dan bermanfaat.makasi ya cheil udah sharing infonya

    BalasHapus
  5. Programnya ini bermanfaat sekali ya, bisa dapet tips dan informasi kesehatan secara praktis. Aku dulu waktu hamil bingung cari buku-buku kehamilan, kalo pake program ini pasti jauh lebih mudah.

    BalasHapus
  6. Ini penting memang mbak, setuju dengan adanya SMS bunda.

    BalasHapus
  7. Aku masih langganan ini sampai skrg. . . Hihihi

    BalasHapus
  8. Program yang bagus dan harus ditingkatkan penggunaannya yaa

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan jejak di blog guru kecil ya. Mohon untuk tidak memberikan LINK HIDUP dalam kolom komentar. Jika memang ada,komen akan di hapus. Terimakasih;)